Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bisakah Ikan Mas koki dan Koi Hidup Bersama ?


Jika Anda seorang pemilik ikan, Anda mungkin bertanya-tanya apakah ikan mas dan koi bisa hidup bersama. Bagaimanapun, koi dapat tumbuh hingga 30 cm, sedangkan ikan mas koki hampir tidak bisa melewati 10 cm. 

Dalam artikel ini, Anda tidak hanya akan mempelajari cara terbaik untuk membantu koi dan ikan mas koki hidup bersama dengan damai, dan yang lebih penting, jika itu layak dilakukan!

Bisakah Ikan Mas koki dan Koi Hidup Bersama

Bisakah Ikan Mas dan Koi Hidup Bersama?

Menyatukan ikan mas dan koi dimungkinkan, namun ada beberapa tindakan pencegahan yang harus Anda ikuti. Anda perlu memastikan ukurannya kira-kira sama dan perhatikan bahwa jika ada telur atau goreng, mereka mungkin akan dimakan .

Dalam beberapa kasus, (terutama dengan ikan mas) ketika salah satu ikan lebih kecil dari yang lain, mereka dapat dimakan juga. Inilah mengapa Anda perlu memastikan kedua ikan berukuran kira-kira sama. Ini bukan karena salah satu ikan agresif, tetapi karena mereka akan makan apa pun yang bisa masuk ke mulut mereka.

Baca juga: Ikan Cupang Hidup Berdampingan Dengan Ikan Guppy? Anjuran dan Larangan

Bisakah ikan mas koki dan koi hidup bersama di dalam akuarium?

Anda tidak boleh memelihara ikan mas dan koi di dalam akuarium bersama-sama secara permanen, namun ini dapat dilakukan untuk sementara waktu, dan hanya jika koi belum tumbuh sepenuhnya.

Betta Berenang Tidak Menentu (Apa Artinya & Apa Yang Harus Dilakukan!)

Koi bisa tumbuh hingga 3 kaki panjangnya, jadi sebagian besar akuarium tidak akan cocok untuk mereka. Nyatanya, mereka hanya bisa hidup bahagia di kolam saja. Jika Anda ingin memelihara koi di dalam akuarium, Anda hanya boleh melakukannya sampai ukurannya sekitar 6 ″. Pada saat itu, mereka harus dipindahkan ke kolam.

Ikan mas koki di sisi lain, seperti yang Anda ketahui sudah bisa hidup bahagia di akuarium yang berukuran 30 galon (dengan tambahan 10 galon untuk setiap ikan mas tambahan.)

Dan terakhir, jika Anda berencana memelihara koi kecil di dalam tangki untuk sementara, Anda harus memastikan bahwa akuarium tersebut berukuran 50 galon atau lebih besar.

Cara Menyiapkan Kolam Untuk Koi Dan Ikan Mas

Jika Anda akan memelihara koi dan ikan mas di kolam bersama-sama, maka Anda harus memastikan bahwa Anda mengaturnya dengan benar! Inilah semua yang perlu Anda ketahui!

Ukuran Kolam

Saat Anda menyiapkan kolam, hal pertama yang perlu Anda pertimbangkan adalah ukurannya. Koi membutuhkan kolam berukuran setidaknya 1000 galon, dengan beberapa area kolam sedalam 3-4 kaki. Anda membutuhkan kedalaman ini untuk membantu mereka menahan musim dingin, karena air di bagian yang lebih dalam akan lebih hangat.

Alasan mengapa kolam harus begitu besar adalah karena koi adalah ikan sosial dan masing-masing membutuhkan sekitar 200-300 galon ruang untuk tetap tenang. Anda juga harus menjaga minimal tiga, meskipun lebih banyak lebih baik.

Jika memungkinkan Anda ingin kolam berukuran sekitar 6-8 kaki sehingga mereka memiliki banyak ruang untuk berenang. Ingat koi lebih suka berenang secara horizontal daripada vertikal, jadi mereka membutuhkan banyak ruang untuk berenang dengan cara ini.

Dan karena ikan mas koki jauh lebih kecil, jika kolam Anda cukup besar untuk koi Anda, maka kolam itu juga akan cukup besar untuk ikan mas koki Anda! (Setiap ikan mas koki masing-masing membutuhkan sekitar 50 galon.)

Tingkat pH

Anda juga perlu memperhatikan pH. Jika terlalu tinggi atau terlalu rendah dapat mulai membakar kulit ikan Anda dan menyebabkan kerusakan internal juga. PH ideal untuk koi dan ikan mas koki adalah sekitar 7,2-7,5. Namun mereka dapat dengan mudah bertahan dalam kisaran pH antara 6,5-8.

Saat mencoba untuk menjaga tingkat pH Anda stabil, Anda mungkin perlu melakukan lebih banyak perubahan air, daripada jika Anda menambahkan ikan ke kolam yang lebih tua.

Baca juga: Cara Merawat Ikan di Akuarium Agar Sehat dan Cantik

Bisakah Ikan Mas koki dan Koi Hidup Bersama

Memberi Makan Ikan Anda

Koi dan ikan mas sama-sama omnivora, jadi memberi mereka makan tidaklah sulit. Anda hanya perlu memastikan bahwa Anda memasukkan cukup makanan di kolam untuk keduanya.

Saat Anda memikirkan tentang makanan, hal pertama yang Anda inginkan adalah serpihan berkualitas tinggi untuk kedua ikan. Jika Anda tidak yakin makanan ikan mana yang harus didapat.

Selain itu, Anda juga harus memastikan bahwa Anda menambahkan makanan hidup ke kolam sesekali. Ini tidak hanya menjadi sumber nutrisi yang baik bagi mereka, tetapi juga akan jauh lebih menyenangkan karena mereka akan merasa seperti pemburu. Belum lagi, itu menghentikan diet mereka menjadi membosankan.

Tapi bukan hanya makanan hidup, Anda juga harus memberi mereka makan. Anda juga harus mencoba menambahkan sayuran rebus ke kolam untuk memastikan mereka mendapatkan cukup serat. (Mereka juga akan mendapatkan ini dari memakan tanaman juga!)

Bisakah Koi dan Ikan Mas Makan Makanan yang Sama?

Untuk menjawab pertanyaan itu, YA! Koi bisa makan makanan ikan mas, dan ikan mas koki bisa makan makanan koi. Kedua ikan tersebut adalah ikan mas dan selama Anda memberi mereka makanan berkualitas tinggi, tidak masalah apakah itu dicap sebagai makanan ikan mas atau makanan Karp.

Sifat Ikan mas koki dan Ikan Koi

Salah satu hal terpenting saat menyatukan dua ikan adalah temperamen kedua ikan. Meskipun koi dan ikan mas pada umumnya adalah ikan yang damai, ada beberapa masalah yang mungkin Anda hadapi, saat menempatkan mereka di kolam yang sama.

Kekhawatiran terbesar adalah jika yang satu lebih besar dari yang lain, yang lebih kecil mungkin akan dimakan. Karena itu, Anda ingin memastikan bahwa ikan yang Anda tambahkan ke kolam berukuran kurang lebih sama.

Terlepas dari perbedaan ukuran, tidak banyak lagi yang perlu Anda khawatirkan. Baik koi dan ikan mas koki jarang agresif dan kemungkinan mereka berkelahi atau membunuh satu sama lain sebenarnya sangat kecil.

Jadi selama ukurannya kira-kira sama, Anda tidak perlu khawatir!

Bisakah Ikan Mas koki dan Koi Hidup Bersama

Harus di Lakukan Setiap Waktu

Saat musim berganti, Anda mungkin perlu mengubah cara Anda merawat kolam. Inilah yang harus dilakukan selama setiap musim untuk memastikan Anda memberi ikan Anda kesempatan terbaik untuk bertahan hidup.

Faktor Cuaca

Selama musim dingin Anda harus melakukan sedikit perawatan untuk memastikan kelangsungan hidup ikan Anda. Pertama-tama, periksa kembali pemanas kolam Anda untuk memastikannya berfungsi dengan baik.

Selain itu, Anda juga harus memastikan bahwa Anda sedang memangkas tanaman Anda, terutama tanaman yang belum tumbuh dengan baik. Jika mereka mati di musim dingin, maka mereka akan melepaskan amonia ke dalam air.

Di musim dingin Anda harus mengurangi jumlah makan Anda karena mereka tidak akan makan sebanyak itu lagi. Namun, sebelum musim dingin, cobalah memberi mereka makan sebanyak mungkin saat mereka masih makan sehingga mereka bisa mengembang sebanyak mungkin.

Musim semi musim panas

Selama musim semi dan musim panas, hal terpenting yang dapat Anda lakukan adalah memastikan Anda memberi makan ikan lebih banyak. Anda harus memberi mereka makanan ikan berkualitas tinggi dengan banyak protein untuk memastikan mereka makan dengan cukup.

Ini penting karena akan membantu mereka tumbuh lebih kuat dan meningkatkan peluang bertahan hidup saat mereka melewati musim dingin.

Sekali lagi, Anda harus mengawasi tanaman Anda untuk memastikan mereka tidak tumbuh terlalu banyak. Selain itu, potensi hama di air akan meningkat, jadi perhatikan juga hal itu.

Anda juga mungkin perlu mengawasi tingkat oksigen di kolam. Air hangat tidak dapat menampung oksigen sebanyak air dingin, jadi jika ada masalah tambahkan lebih banyak aerasi untuk kelangsungan hidup ikan Anda.

Baca juga: 100+ Jenis Ikan Hias Air Tawar Beserta Gambarnya

Kesimpulan

Sekarang Anda tahu segalanya yang perlu diketahui tentang memelihara ikan mas dan koi! Meskipun mereka dapat hidup bersama sementara di dalam tangki (jika mereka kecil), Anda lebih baik menyimpannya bersama di kolam untuk kesehatan jangka panjang.

Ikanesia
Ikanesia Saya Adalah Penulis Di Ikanesia.id