Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Budidaya Ikan Hias Air Laut agar Cepat Besar dan Sehat

  Cara budidaya ikan hias air laut mungkin bisa menjadi salah ilmu pengetahuan untuk Anda jika ingin membuka usaha pembudidayaan. Pasalnya, jenis ikan tersebut memiliki banyak peminat terutama dikalangan para pecinta ikan hias. Oleh sebab itu, peluang bisnisnya pun menjadi cukup menjanjikan.

Cara Budidaya Ikan Hias Air Laut Agar Mendapatkan Keuntungan Besar

Budidaya ikan hias air laut memang bisa dikatakan sebuah usaha yang memiliki peluang cukup besar. Selain dikarenakan pemeliharaannya sangat sederhana, hasil dan keuntungannya pun menjanjikan karena harga jual di pasarannya lumayan tinggi. Berikut cara budidaya ikan hias air laut.

Cara Budidaya Ikan Hias Air Laut

1.  Menyiapkan Tempat Pembudidayaan

Langkah pertama yang harus Anda lakukan untuk memulai pembudidayaan ikan hias air laut adalah menyiapkan tempat atau metodenya. Umumnya, para peternak menggunakan akuarium kaca sebagai media pemeliharaan karena dianggap lebih efisien, namun tak masalah jika Anda memakai kolam.

Selain itu, yang wajib Anda perhatikan adalah volume airnya, karena ikan hias air laut biasanya hidup di akuarium yang memiliki sekitar 1 ton volume air. Oleh sebab itu, dibutuhkan sebuah akuarium yang luas untuk melangsungkan pembudidayaan dan agar bisa berjalan sesuai ketentuan habitat ikan hias.

2.  Memperhatikan Lingkungan Akuarium

Tahap berikutnya dalam pembudidayaan ikan hias air laut adalah memperhatikan lingkungan akuarium dan usahakan mirip seperti habitat aslinya. Oleh sebab itu, Anda memerlukan komponen pendukung lainnya guna pembudidayaan. Mulai dari jenis air, pasir laut, karang dan sebagainya.

Anda tak perlu bingung untuk mencarinya, karena semua komponen tersebut dapat dibeli di sebuah toko perlengkapan ikan hias. Ketika akuarium telah diisi dengan air, maka diamkan terlebih dahulu selama 3 minggu agar kondisinya mirip seperti habitat asli, sehingga ikan mudah beradaptasi nantinya.

3.  Kualitas Air

Cara budidaya ikan hias air laut berikutnya adalah melakukan pengecekan terhadap kualitas air. Pastikan Anda menggunakan jenis air asin (laut) yang bisa dibeli di toko ikan. Kemudian, perhatikan tingkat suhu di dalam akuarium, idealnya yaitu berkisar 23 sampai dengan 28 derajat celcius.

Untuk derajat atau tingkat keasinan air idealnya yaitu sekitar 34 hingga 37 bagian dari 1000 unit air, Anda bisa menggunakan hidrometer atau refraktometer untuk mengukurnya. Kemudian, hitung juga level keasamannya atau kadar pH air pakai strip berwarna dan bisa dibeli di toko perlengkapan ikan.

4.  Menyiapkan Bibit

Apabila akuarium telah disiapkan dengan baik dan benar, maka langkah berikutnya adalah memilih bibit ikan hias. Dalam proses ini, Anda dituntut untuk benar-benar memahami tentang bagaimana memilih bibit ikan hias berkualitas.

Pasalnya, keberhasilan dari pembudidayaan tidak hanya bergantung pada proses persiapan kolam saja, tapi juga mengenai bibit yang digunakan. Setelah disiapkan, barulah tahap perkawinan dapat dilakukan di dalam wadah khusus dan usahakan sesuai ketentuan.

5.  Pemeliharaan

Sebelum bicara mengenai masa panen dan mendapatkan keuntungan besar, proses yang satu ini jangan sampai Anda lewatkan. Tahap pemeliharaan sama pentingnya dengan lainnya dan mempengaruhi tumbuh kembangnya ikan hias.

Pastikan Anda memberikan pakan dengan jenis yang berkualitas dan sesuai ketentuan ikan. Selain itu, perhatikan juga dosisnya jangan sampai berlebihan. Siapkan vitamin guna mendukung pertumbuhan ikan serta obat-obatan untuk berjaga-jaga.

Itulah tadi pembahasan ikanesia mengenai beberapa cara budidaya ikan hias air laut. Walaupun tahapannya cukup sederhana, namun ada baiknya untuk tetap melakukannya secara teliti dan jangan sampai ada satupun proses yang terlewatkan jika ingin mendapatkan keuntungan besar.