Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mempercepat Pertumbuhan Ikan Gurame Terbaik

Cara mempercepat pertumbuhan ikan Gurame merupakan salah satu hal yang harus diketahui oleh para peternak. Pasalnya, jika tidak begitu maka akan sedikit memakan waktu untuk mencapai hasil panas karena tumbuh kembang ikan Gurame yang cukup lamban.

Rahasia Cara Mempercepat Pertumbuhan Ikan Gurame Terbaik

Walaupun tingkat pertumbuhan dari jenis ikan Gurame bisa dikatakan cukup lambat. Namun, hal tersebut tidak membuat banyak orang merasa khawatir dan tetap membudidayakannya. Berikut beberapa cara mempercepat pertumbuhan ikan Gurame:

mempercepat pertumbuhan ikan gurame

1. Lokasi Budidaya Ikan Gurame

Faktor pertama yang dapat mempengaruhi cepat atau tidaknya pertumbuhan ikan Gurame ialah lokasi pembudidayaannya. Pasalnya, ikan jenis ini tak begitu menyukai area dengan suhu rendah jadi sangat tidak cocok apabila di dataran tinggi. Oleh sebab itu, Anda perlu memahami mengenai hal tersebut.

Perlu Anda ketahui, pada dasarnya pemilihan lokasi budidaya ikan yang tepat ialah berada di ketinggian 800 meter maksimalnya diatas permukaan laut. Jadi, akan sangat mempengaruhi suhu kolam sehingga dapat disesuaikan keinginan serta habitat asli Gurame yaitu sekitar 25 hingga 28 derajat celcius.

2. Menggunakan Benih Berkualitas

Kunci berikutnya yang dapat mempercepat pertumbuhan ikan Gurame adalah pemilihan benih berkualitas. Perlu Anda ketahui dalam hal menentukan bobot rata-rata saat panen nantinya. Jadi bisa disesuaikan pemilihan bibit serta umur pada saat ingin memulai pembudidayaan.

Seperti contohnya, jika Anda ingin panen ikan Gurame dengan bobot rata-ratanya berkisar 500 gram, maka pemilihan benih saat memelihara yaitu sekitar ukuran 100 gram atau yang berusia 1 tahun. Dengan begitu, produksi akan menjadi lebih efisien serta cepat dalam pertumbuhannya.

  • Baca Juga Tips Ternak Ikan Gurame Agar Sukses
  • 3. Pemilihan Pakan Ikan Gurame

    Cara mempercepat pertumbuhan ikan Gurame berikutnya adalah pemilihan pakan yang berkualitas. Pasalnya, ikan jenis ini merupakan hewan omnivora atau pemakan tumbuhan air dan juga daging dari ikan-ikan kecil. Jadi pastikan Anda menggunakan pakan sesuai pada habitat aslinya.

    Sangat disarankan untuk memberikan pakan berupa campuran dari tanaman dan juga daging. Hal tersebut agar pertumbuhan ikan Gurame menjadi lebih cepat. Usahakan pula, pakan dengan kandungan protein tinggi serta menambahkan dedaunan seperti talas, selada hingga singkong.

    4. Menggunakan Sistem Monokultur

    Monokultur merupakan sebuah sistem yang pada dasarnya hanya memelihara satu jenis ikan saja. Sistem tersebut memiliki tingkat efisiensi dalam penggunaan pakan, sehingga mampu mempengaruhi percepatan tumbuh kembangnya ikan Gurame Anda.

    Ikan Gurame memiliki perilaku yang bisa dikatakan cukup lamban, oleh sebab itu sangat disarankan untuk Anda menggunakan sistem monokultur dalam pembudidayaan. Jangan campurkan dengan jenis apapun karena nantinya akan membuat pertumbuhan ikan menjadi lambat, sebab berebut pakan.

    5. Pengendalian Berbagai Macam Penyakit

    Penting bagi Anda untuk mengetahui bagaimana cara mencegah serta mengendalikan berbagai macam jenis penyakit yang dapat menyerang ikan. Hal tersebut dikarenakan akan sangat mempengaruhi tumbuh dan kualitasnya. Oleh sebab itu, perlu sekali memahami masalah penyakit.

    Banyak peternak lebih memilih jenis pakan mengapung dibandingkan dengan tenggelam karena hal tersebut dianggap lebih efisien dalam pertumbuhan ikan. Bersihkan kolam secara rutin agar terhindar dari berbagai macam bakteri, parasit ataupun jamur dan usahakan titik kolam berada di tempat terbuka.

    Itulah tadi pembahasan ikanesia mengenai beberapa cara mempercepat pertumbuhan ikan Gurame. Pada dasarnya, kebersihan kolam, kualitas air serta menggunakan jenis pakan yang tepat merupakan faktor penting dan harus Anda perhatikan karena akan sangat berpengaruh untuk tumbuh kembang ikan.