Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Pembenihan Ikan Lele Lengkap Dalam Budidaya Ikan Lele

Beberapa cara pembenihan ikan lele yang baik dan benar mesti dikuasai oleh Anda jika berminat untuk membudidayakan ikan lele. Pasalnya, ada banyak proses harus diperhatikan agar mendapatkan hasil yang berkualitas saat panen serta menguntungkan.

Beberapa Cara Pembenihan Ikan Lele Lengkap

Ikan jenis ini, merupakan salah satu santapan yang rasanya sangat enak dan juga baik untuk kesehatan tubuh. Maka tak heran, jika prospek bisnis ternak lele begitu menjanjikan. Namun, terlepas dari itu, bukanlah perkara mudah pembudidayaannya. Berikut beberapa cara pembenihan ikan lele.

cara pembenihan ikan lele

1. Proses Seleksi Induk Lele

Tahap pertama yang harus Anda lakukan agar mendapatkan dengan kualitas bagus adalah memilih calon induknya. Usahakan memiliki ukuran sekitar 5 hingga 10 cm. Selain itu, seleksilah berdasarkan keunggulan lainnya seperti kelincahan, bentuk tubuh serta periksa dan pastikan jangan sampai cacat.

Kemudian induk tersebut di pelihara di kolam serta menggunakan metode khusus. Berikan pakan berkualitas. Sebelum memasuki tahap selanjutnya, proses penyeleksian dilakukan setelah 2 minggu. Dengan begitu, hasilnya akan lebih maksimal lagi.

2. Proses Pemijahan Ikan Lele

Dalam proses pemijahan ikan lele, ada beberapa teknis serta metode yang harus Anda pahami sebelum memulainya. Langkah ini bisa dengan memanfaatkan bantuan manusia ataupun menggunakan cara alami. Namun, pastikan saat melakukan pemijahan, disesuaikan pada ketentuan.

Ada beberapa hal yang mesti diperhatikan apabila Anda memutuskan untuk melakukan peminangan dengan metode bantuan manusia. Teknik pembuahan in vitro, penyuntikan hipofisa serta hormone harus dilakukan. Tapi, jika cara alami menjadi pilihan, maka hal tersebut tidak perlu diterapkan.

3. Proses Pemeliharaan Larva Ikan

Langkah serta cara pembenihan ikan lele berikutnya adalah proses pemeliharaan larva ikan dengan memisahkannya terlebih dahulu ke dalam kolam khusus. Pastikan kondisi air kualitasnya tetap terjaga agar dapat tumbuh secara maksimal. Selain itu, gunakan juga aerator untuk pasokan oksigen.

Usahakan suhu dalam kolam berkisar di 28 hingga 29 derajat celcius. Apabila suhu berada di bawah angka tersebut, maka akan mengakibatkan ikan lele terserang penyakit seperti bintik putih hang berakibatkan kematian. Pastikan kolam selalu dikondisi bersih serta membersihkan bekas pakannya.

4. Proses Pendederan Benih Ikan Lele

Pendederan adalah langkah penting selanjutnya yang berfungsi untuk pembesaran benih ikan lele. Anda harus menyiapkan kolam guna melakukan pendederan berukuran sekitar 2x3 atau bisa juga 3x4 meter dengan kedalaman berkisar kurang lebih 0,75-1 meter.

Anda bisa memasang paranet untuk meneduhkan kolam agar benih tidak mati akibat dari panas matahari yang masuk secara langsung. Kemudian buatlah saluran air disertai sebuah jaring guna menghindari serangan hama serta benih tidak keluar. Ketika mengisi air kolam, usahakan secara bertahap per 30 cm.

5. Proses Panen Benih Ikan Lele

Proses pembenihan pada ikan lele biasanya berlangsung kurang lebih sekitar 8-9 minggu dengan panjang rata-rata 5-7 cm. Tahap ini dilakukan dengan cara mengeringkan terlebih dahulu air kolam secara perlahan sampai benih benar-benar terkumpul.

Setelah benih terkumpul, Anda bisa mengambilnya langsung memakai jaring halus untuk memindahkannya ke kolam lain. Proses ini harus dilakukan secara tepat serta memahami berbagai macam metodenya karena dapat mempengaruhi keuntungan dari budidaya ikan lele.

Itulah tadi pembahasan ikanesia mengenai beberapa cara pembenihan ikan lele secara lengkap. Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, bahwa dibutuhkan pengetahuan lebih mengenai budidaya ikan lele. Hal tersebut dikarenakan sangat berpengaruh atas keberhasilan bisnis Anda nantinya.