Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Daftar Obat Untuk Ikan Lele dan Harganya Lengkap

Ikanesia.id - Obat untuk ikan lele haruslah tersedia pada sebuah pembudidayaan. Hal tersebut dikarenakan, ada banyak jenis penyakit yang bisa menyerang ikan kapanpun dengan berbagai macam penyebab. Mulai dari kondisi air, serangan parasit, jamur dan lainnya.

Jenis-jenis Obat Untuk Ikan Lele Dan Harganya Lengkap

Ada berbagai macam jenis obat serta fungsi yang berbeda untuk ikan lele. Hal ini rasanya sangat wajib diketahui oleh para peternak. Pasalnya, kondisi ikan lele terkadang tak bisa diprediksi dan akan terus baik-baik saja. Berikut jenis obat-obatan ikan lele.

obat untuk ikan lele

1. Pupuk Organik Kolam MB

Jenis obat untuk ikan lele yang pertama adalah Pupuk Organik Kolam MB atau Specific Bacteria. Jika Terdapat beberapa gejala seperti menurunnya nafsu makan, ikan menggantung serta kualitas air terlihat sangat buruk, maka jenis obat ini bisa Anda pakai guna mengatasi semua masalah tersebut.

Pupuk Organik MB memiliki fungsi untuk membuat air kolam menjadi lebih segar dan berkualitas. Hal tersebut sangatlah penting serta wajib diperhatikan karena mampu mempengaruhi kesehatan ikan lele. Anda bisa mendapatkan pupuk organik MB di pasaran dengan harga rata-rata Rp. 15.000 – Rp. 45.000.

2. ProHerbal Plus MB atau Probiotik Perikanan

Jenis ini merupakan sebuah obat herbal dengan spektrum luas dan memiliki banyak manfaat dalam mengatasi berbagai macam penyakit. Mulai dari mencegah serangan bakteri, bintik putih, kumis buntung akibat dari parasit cacing serta meningkatkan kekebalan tubuh (imunostimulan) ikan lele.

Dalam Proherbal Plus Mb mengandung berbagai macam vitamin serta enzim guna melengkapi semua kebutuhan untuk kesehatan ikan lele. Selain itu, sinergi dari antibiotik membuat obat ini dapat bekerja secara maksimal. Anda bisa mendapatkannya di pasaran dengan harga sekitar Rp. 27.000.

3. Disinfeksi

Obat ikan lele selanjutnya yang harus Anda masukkan ke daftar adalah desinfeksi atau sterilisasi air. Manfaatnya adalah menumbuhkan kembali berbagai macam bakteri baik. Mikroorganisme seperti jamur, virus, cacing parasit hingga kutu serta pengganggu lainnya akan musnah secara bersamaan.

Disinfeksi bisa Anda gunakan apabila pupuk organik MB tidak bekerja secara maksimal atau masih terdapat banyak parasit dan virus setelah pemakaiannya. Dengan begitu, kesehatan ikan lele akan lebih terjamin serta terjaga dari serangan berbagai macam gangguan. Harganya sekitar Rp. 90.000.

4. Multivitamin

Multivitamin sangatlah dibutuhkan untuk bisa menjaga kondisi ikan lele tetap bugar, sehingga tidak mudah terserang berbagai macam penyakit. Selain itu, jenis obat ini bermanfaat guna mempercepat proses penyembuhan dan pengobatan karena mengandung vitamin C.

Multivitamin juga akan membuat sistem dari organ tubuh ikan lele mampu bekerja kembali secara normal setelah melewati atau pun sedang dalam proses penyembuhan. Dengan begitu, pemulihan akan berjalan lebih cepat. Untuk harganya cukup bervariasi, Rp. 28.000 hingga Rp. 100.000.

5. Blue Green

Blue green merupakan salah satu obat yang bisa Anda jadikan solusi apabila nafsu makan ikan lele menurun secara drastis. Selain itu, jenis ini juga mampu mengatasi rasa stre dari ikan akibat dari berbagai macam alasan. Mulai dari suhu kolam, kualitas air hingga serangan penyakit lainnya.

Blue green menjadi barang wajib yang harus Anda miliki sebagai pembudidaya ikan lele. Pasalnya, ada banyak kondisi membuat ikan tersebut menjadi stres hingga berakhir kematian. Untuk harganya lumayan mahal, namun sebanding dengan manfaatnya yaitu sekitar Rp. 120.000.

Itulah tadi pembahasan ikanesia mengenai beberapa jenis obat untuk ikan lele beserta harga dan juga manfaatnya. Daftar obat-obatan tersebut sangat wajib Anda miliki agar bisa menghindari berbagai macam penyakit.