Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ikan Cupang Hidup Berdampingan Dengan Ikan Guppy? Anjuran dan Larangan

Ikan Cupang Hidup Berdampingan Dengan Ikan Guppy? Anjuran dan Larangan

Ikanesia.id - Ikan Cupang Hidup Berdampingan Dengan Ikan Guppy?. Tidak ada jawaban singkat untuk pertanyaan ini. Tetapi jawabannya lebih condong ke arah YA. Namun, ada begitu banyak keadaan yang perlu dipertimbangkan. Seperti seberapa agresif atau tenang ikan cupang Anda, seberapa besar akuarium Anda, dan ikan apa lagi yang Anda miliki di dalam akuarium.

Karena itu, berikut adalah panduan yang akan membantu Anda memutuskan apakah Anda harus memperkenalkan ikan guppy ke cupang Anda.

Ikan Cupang Hidup Berdampingan Dengan Ikan Guppy? Anjuran dan Larangan

Bisakah Ikan Cupang Hidup Dengan Ikan Guppy?

Berikut beberapa hal yang perlu dipertimbangkan sebelum memutuskan apakah akan memasukkan ikan guppy ke akuarium Anda.

Tingkat pH & Suhu Air

Saat Anda berencana menambahkan spesies ikan yang berbeda ke akuarium, Anda perlu memastikan bahwa mereka dapat bertahan hidup dalam kondisi yang sama.

Ikan guppy berasal dari Amerika Selatan dan ditemukan di sungai dan danau, sedangkan cupang ditemukan di sawah dan sungai di Asia Tenggara. Di atas kertas, sepertinya mereka tidak akan bertahan dalam kondisi yang sama. Tapi, untungnya mereka melakukannya.

  • Ikan guppy membutuhkan pH 6,8-7,8 dan suhu antara 74-82 ° F untuk berkembang.
  • Ikan cupang membutuhkan pH 7  dan suhu antara  78-80 ° F  untuk berkembang biak.

Seperti yang Anda lihat, ikan guppy dan cupang dapat hidup dalam kondisi yang sama bersama.

Mengetahui perbedaan perilaku, persyaratan akuarium, dan pola makan banyak ikan adalah tugas yang sulit dilakukan. Faktanya, ada ikan yang bisa hidup dengan cupang Anda yang bahkan belum Anda pikirkan! 

Ikan Cupang Hidup Berdampingan Dengan Ikan Guppy? Anjuran dan Larangan

Jenis Kelamin Ikan Cupang & Ikan Guppy Anda

Jenis kelamin ikan juga akan menentukan kemungkinan mereka bisa hidup bersama. Seperti yang Anda ketahui, cupang jantan sangat agresif. Dan meskipun cupang betina tidak seburuk itu, bukan berarti mereka tidak bisa bermusuhan. Terkadang mereka bisa menjadi lebih buruk karena mereka lebih cepat daripada laki-laki.

Baca juga: Cara Ternak Ikan Cupang Bisa Dilakukan di Rumah

Ikan Cupang Jantan & Ikan Guppy Jantan

Ini adalah kombinasi terburuk yang bisa Anda miliki di aquarium Anda. Ikan gupi jantan adalah yang berwarna cerah dengan ekor yang mengalir. Kedua hal tersebut yang memicu agresi dan insting teritorial pada cupang. Menyatukan guppy jantan dan cupang jantan akan menimbulkan masalah, dan kemungkinan besar mengakibatkan kematian guppy Anda.

Ikan Cupang Jantan & Ikan Guppy Betina

Ikan gupi betina terlihat jauh lebih kusam dibandingkan ikan gupi jantan. Jadi ada kemungkinan Anda bisa menambahkannya ke akuarium bersama ikan cupang Anda. Namun, jika Anda memiliki guppy betina yang terlalu berwarna, hasil akhirnya juga bisa buruk. Jadi, meskipun mungkin untuk menempatkan ikan guppy betina dengan cupang jantan, tetap berhati-hati.

Cupang betina tidak seagresif jantan, jadi menurut Anda tidak masalah jika Anda memasukkan ikan cupang jantan bersama mereka. Namun, untuk sebagian besar, Anda harus menghindari ini. Ikan guppy jantan sering salah mengira cupang betina sebagai guppy. Dan cobalah berkembang biak dengan mereka. Jelas, cupang tidak akan senang dengan ini dan mungkin akhirnya menyerang ikan guppy Anda.

Cupang Betina & Ikan Guppy Betina

Ini adalah kombinasi terbaik ikan guppy dan cupang yang bisa Anda miliki di akuarium Anda. Meskipun cupang betina masih agresif, mereka tidak akan seagresif jantan. Dan ikan guppy betina cenderung memicu agresi pada cupang betina. Jadi, jika Anda sangat ingin memelihara cupang dan guppy bersama, ini adalah pilihan terbaik Anda.

Namun, satu hal yang harus diperhatikan adalah cupang mungkin salah mengira ikan guppy betina sebagai “saudara perempuan perkumpulan”. Jika ini terjadi, cupang betina mungkin menggertak guppy Anda untuk membuat urutan kekuasaan.

Bagian Aquarium Apa Yang Ditempati Ikan Guppy?

Ikan guppy sering kali suka berenang di tengah aquarium dan mengelilingi bagian atas. Ini terkadang dapat menimbulkan masalah jika ikan guppy Anda mulai berenang ke wilayah cupang Anda. Namun, setelah cupang Anda menentukan area mana yang menjadi miliknya, kecil kemungkinan ikan guppy akan berenang di sana (kecuali ada makanan).

Berapa banyak ikan guppy yang bisa Anda pelihara dengan ikan cupang?

Jika Anda berencana memelihara ikan dengan cupang Anda, penting bahwa akuarium Anda cukup besar untuk menampung keduanya.

Sebagai aturan praktis, Anda ingin memiliki satu galon air untuk setiap ikan di aquarium Anda. Namun, karena Anda juga akan menampung ikan cupang dengan ikan guppy, Anda akan membutuhkan sedikit ruang ekstra. Secara pribadi, saya tidak akan lebih kecil dari aquarium 10 liter yang menampung 1 cupang dan 3 ikan guppy. Dan dengan setiap 5 liter, saya akan menambahkan 3 guppy tambahan.

Ini akan menguntungkan karena akan memastikan ikan Anda memiliki banyak ruang untuk saling menjauh.

Biasanya saat memelihara ikan guppy Anda harus memiliki 1 jantan untuk setiap 2 betina. Tetapi karena kemungkinan agresi yang meningkat, cobalah untuk tetap berpegang pada betina untuk meminimalkan kemungkinan serangan

Ikan Cupang Hidup Berdampingan Dengan Ikan Guppy?. Tidak ada jawaban singkat untuk pertanyaan ini. Tetapi jawabannya lebih condong ke arah YA.

Baca juga: Cara Budidaya Ikan Hias Air Laut agar Cepat Besar dan Sehat

Apa yang Dimakan Ikan Guppy?

Seperti yang sudah Anda ketahui, ikan cupang membutuhkan beragam makanan untuk bertahan hidup. Di atas serpihan atau pelet ikan, Anda juga harus memberi mereka makan daging. Dan ikan guppy memiliki persyaratan yang sama. Jadi, jika Anda berencana memberi makan larva nyamuk cupang, daphnia, atau bloodworm, ikan guppy Anda juga akan memakannya!

Anda juga tidak perlu memberi makan ikan guppy terlalu banyak, hingga tiga kali sehari sudah cukup. Tetapi jika Anda ingin menjaga jadwal makan mereka tepat waktu dengan cupang Anda, maka dua kali sehari juga akan berhasil.

Dan seperti halnya cupang, sesekali tidak apa-apa bagi ikan guppy untuk hidup tanpa makanan.

Ikan guppy juga memakan alga di akuarium Anda. Mereka tidak akan bisa menjaga akuarium Anda tetap bersih, tetapi mereka akan membantu menghilangkan beberapa penumpukan. (Cari tahu apa yang harus dilakukan jika ganggang hijau atau ganggang coklat mengambil alih akuarium Anda.)

Ada dua metode yang bisa Anda coba.

  1. Hal pertama yang dapat Anda lakukan adalah mencoba memberi makan cupang Anda di salah satu ujung akuarium, lalu memberi makan ikan cupang Anda di ujung yang lain. Anda harus meneteskan makanan di kedua ujungnya sedikit demi sedikit. Setelah cupang Anda makan cukup banyak, Anda bisa menuangkan semua yang lain ke dalamnya.
  2. Hal kedua yang dapat Anda lakukan adalah mencoba menggunakan jaring untuk menjauhkan ikan guppy dari cupang Anda saat dia sedang memberi makan

Ikan Cupang Hidup Berdampingan Dengan Ikan Guppy? Anjuran dan Larangan

Tindakan Pencegahan yang Dapat Anda Lakukan

Jika Anda tidak sabar untuk memindahkan ikan guppy dengan cupang Anda, ada beberapa tindakan pencegahan yang dapat Anda lakukan. Bahkan jika Anda merasa cupang Anda damai, Anda tidak akan pernah tahu sampai Anda memasukkan ikan guppy ke akuarium Anda. Beberapa tindakan pencegahan meliputi:

  • Tambahkan banyak tanaman hidup dan tempat persembunyian ke tangki Anda. Ini adalah salah satu hal terbaik yang dapat Anda lakukan karena ini akan memberi ikan guppy Anda tempat untuk bersembunyi dari cupang Anda jika sesuatu yang buruk terjadi. Selain itu, ini juga berarti cupang Anda memiliki tempat yang bisa membuatnya tetap aman. (Beberapa tanaman bagus untuk ditambahkan adalah anubias , java fern , hornwort , anacharis , umbi cupang , dan lumut java .)
  • Sebelum menambahkan cupang dan guppy bersama-sama, Anda harus memiliki tangki cadangan atau sekat tangki yang dapat Anda gunakan untuk memisahkan ikan jika terjadi kesalahan.
  • Pastikan bahwa jika Anda berencana untuk menampung ikan guppy jantan dengan cupang jantan, Anda mencoba untuk membuat ikan guppy sejelas mungkin.
  • Terkadang lebih baik menambahkan ikan cupang setelah Anda menambahkan semua ikan lainnya. Dengan cara ini tidak akan terasa seperti wilayahnya sedang terancam, karena belum ada wilayahnya.

Jika demikian, Anda harus memiliki pemahaman yang lebih baik tentang kapan boleh menambahkan ikan guppy ke akuarium Anda, dan kapan harus menghindarinya. 

Ikanesia
Ikanesia Saya Adalah Penulis Di Ikanesia.id