Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kapan Waktu Terbaik Panen? Inilah Umur Panen Ikan Lele Semua Jenis Terbaru 2021

Satu hal yang paling sering ditanyakan oleh banyak orang ketika berniat untuk membuka sebuah usaha ternak lele adalah berapa umur panen ikan lele. Pertanyaan tersebut tidaklah salah jika ingin Anda jadikan bahan pertimbangan. Namun, ada banyak pengetahuan yang harus dikuasai terlebih dahulu.

Umur Panen Ikan Lele Semua Jenis Terbaru 2021

Pada umumnya umur panen ikan lele adalah sekitar 3 bulan dengan ukuran cukup beragam yaitu 5-13 cm berjumlah sekitar 4-7 ekor per kilogramnya. Ada beberapa ciri-ciri lele siap panen seperti warna air kolam menjadi merah. Namun sebelum itu, ketahui terlebih dahulu cara memanen ikan lele yang benar.

umur panen ikan lele

1. Menguras Air Kolam Dan Memilih Seine Lele

Tahap pertama yang harus Anda lakukan ketika memanen ikan lele adalah menguras air kolam terlebih dahulu. Meskipun hal ini tidak selalu dilakukan oleh para peternak, namun melalui cara tersebut dapat memudahkan proses panen. Terkecuali skala masa panennya bisa dikatakan cukup kecil.

Setelah melakukan pengurasan air kolam, maka langkah selanjutnya adalah memilih seine (jaring) lele yang tepat. Sesuaikanlah jenis dengan kebutuhan anda, karena ada berbagai macam ukurannya. Mulai dari panjang 300 hingga 1.000 meter serta memiliki kedalaman 6 sampai 9 meter.

2. Membuat Pukat

Bingkailah pukat menggunakan tali berukuran setengah inci atau 1,25 cm pada bagian bawah dan sisi atasnya dibalut serta biarkan mengapung. Jala ditutupi dengan sebuah bahan yang terbuat dari plastik agar tidak membuat sirip punggung ikan lele menjadi rusak akibat tersangkut jaring.

Kemudian, gorenglah jaring tersebut ke hidrolik berukuran besar serta gerakkan menggunakan traktor ataupun truk untuk menggulungnya. Jika panen dilakukan pada kolam dengan ukuran lebih kecil, maka pukat dapat ditarik cukup memakai tangan saja. Jadi gulungannya tak begitu diperlukan.

3. Masukkan Pukat Ke Dalam Kolam

Setelah umur panen ikan lele dipastikan sudah tepat, langkah berikutnya adalah memasukkan pukat ke dalam kolam secara merata. Perhatikan jangan sampai ada celah untuk ikan lele melarikan diri ketika proses menjaring sedang dilakukan.

Gambarlah pukat dengan memanfaatkan area kolam agar mampu mengumpulkan ikan lele berukuran besar melalui jaring. Biasanya area tersebut dibuat ketika traktor telah mencapai ujung kolam dan sudah mulai berkumpul guna menutup jaring. Jumlah cakupannya sekitar 50.000 sampai 100.00 pon.

4. Siapkan Jala

Ketika jalan sudah disiapkan, masukkan langsung ikan lele tersebut melalui corong yang ada di pukat. Ukuran panjangnya sekitar 8 sampai 10 kaki (2-3 meter) guna menampung 50.000 hingga 100.000 pon. Jumlah tersebut merupakan skala besar dari hasil panen yang dilakukan.

Jikas sudah, tarik pukat tersebut keluar kolam secara perlahan serta pastikan dua sisi penarik agar tidak tumpah dan ikan terlepas. Lalu pindahkan mesin penarik tersebut ke dalam air yang lebih jernih. Hubungkan aerator agar menjaga ikan lele tetap berada kondisi hidup.

5. Pisahkan Ikan Lele Berdasarkan Ukuran

Pada umumnya, para peternak mengulangi proses pengurasan tersebut hingga beberapa kali sampai dipastikan semua ikan sudah tertangkap. Setelah selesai, kolam dibiarkan kering terlebih dahulu serta segera memindahkan ikan ke truk.

Lakukan pemisahan terhadap ikan lele yang berukuran besar dan kecil agar dapat segera dipasarkan. Ikan akan dibawa ke sebuah keranjang pemuatan agar benar-benar dipastikan telah terpisah berdasarkan ukurannya.

Itulah tadi pembahasan ikanesia mengenai umur panen ikan lele serta tahap-tahapan cara memanen yang harus Anda ketahui. Langkah-langkah tersebut berguna jika nantinya masuk masa panen serta tidak ada kesalahan dalam prosesnya.