Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Panduan Memelihara Ikan Discus Untuk Pemula

Panduan Memelihara Ikan Discus Untuk Pemula

Ikanesia.id - Ikan Discus adalah salah satu ikan hias air tawar terindah yang banyak disukai oleh hobies ikan hias namun sangat sulit sekali dipelihara untuk pemula.

Ikan discus terkenal sulit untuk dirawat, namun karena keindahannya ikan discus banyak sekali peminatnya dan jika dipelihara dengan benar, ikan discus yang sehat akan membuat pemiliknya senang karena keindahannya apalagi jika dipelihara dalam jumlah yang banyak dengan aquarium yang cukup.

Warna ikan discus yang indah ini akan berubah berdasarkan tingkat stres, usia, pola makan, dan kondisi akuarium. Ikan discus pun mempunyai harga yang cukup mahal di pasaran.

Di bawah ini kami membahas secara rinci cara merawat ikan discus untuk pemula.

Panduan Memelihara Ikan Discus Untuk Pemula

Sekilas Tentang Habitat Ikan Discus 

Penelitian terbaru menunjukkan ada lima spesies Discus, meskipun ada beberapa perdebatan seputar hal ini .

Ada banyak variasi warna yang tersedia berkat pembiakan selektif, dan yang menarik, perlu waktu hingga ikan discus dewasa agar ikan discus mengeluarkan warna terbaiknya. Jika masih kecil biasanya warnannya masih pudar-pudar.

Mereka bisa hidup sampai 15 tahun, tapi kebanyakan hidup sekitar 10 tahun.

Ikan discus biasanya dijual di toko yang memang menjual ikan discus dan sangat jarang sekali yang menjual ikan ini di toko ikan biasa.

Harga ikan discus pun bermacam-macam mulai dari 75rb ukuran kecil yakni 1,5 inch dan jutaan rupiah ketika sudah mencapai ukuran dewasa.

Tempat asal ikan discus ialah berada di perairan yang tenang di lembah-lembah sungai amazon.

Perilaku Khas Ikan Discus

Ikan discus merupakan ikan yang sangat damai, ikan ini akan stress jika disatukan dengan ikan yang jail atau galak didalam aquarium. 

Mereka adalah ikan yang berenang berkelompok, dan dalam kelompok besar dapat membuat pola yang indah yang akan memanjakan mata.

Ikan discus merupakan ikan perenang tengah dan terkadang menjadi ikan perenang atas untuk memakan makanan yang mengambang. 

Ikan discus sebenarnya menyukai tempat-tempat sembunyi seperti aquascape namun kondisi air untuk aquascape sendiri tidak cocok untuk ikan discus. Maka dari itu banyak sekali yang memelihara ikan discus tanpa apapun alias polosan.

Penampilan Ikan Discus

Ikan discus mempunyai penampilan yang unik daripada kebanyakan ikan lainnya. Bentuknya seperti piring yang berenang membuatnya banyak diminati oleh hobies ikan.

Mereka memiliki sirip punggung dan dubur yang membulat yang menambah bentuk tubuh mereka secara keseluruhan, serta sirip panggul dan ekor yang menonjol .

Panjang tubuhnya umumnya bisa mencapai 7 inch jika dipelihara dalam aquarium.

Ikan yang mempunyai warna dan corak yang bagus berasal dari keturunannya, makanan dan juga cara memeliharanya.


sayuran

Jenis Ikan Diskus

Jenis-jenis ikan discus ada banyak sekali diantaranya ialah yang pernah saya posting sebelumnya di Jenis-Jenis Ikan Discus

Salah satu jenis yang paling umum adalah ikan Discus red melon, yang memiliki warna merah merona. dan ada juga discus mozaik dan masih banyak lagi lainnya.

Persyaratan dan Kondisi Akuarium  Diskus (Ikan)

Ikan ini membutuhkan suhu yang lebih tinggi daripada kebanyakan ikan 28-30 °C. Menjaga suhu yang lebih hangat ini akan mengurangi kemungkinan penyakit dan kematian, dapat dipertahankan dengan menggunakan pemanas atau heater yang berkualitas baik.

Air Amazonian lembut dan sedikit asam, dengan pH antara 6 dan 7. Periksa sebelum membeli ikan Anda berapa pH dan suhu mereka untuk mencegah perubahan drastis yang bisa berakibat fatal.

Air di akuarium Anda perlu dihilangkan klorinnya dan diolah dengan formula yang menetralkan air keran Anda. Alirannya harus lemah, ini bisa dipatahkan dengan menggunakan batang semprot atau dengan menggunakan kayu apung atau ornamen.

Kayu vertikal juga dapat digunakan untuk memecah aliran air, pastikan potongan kayu ini tidak dapat melukai sisi Discus saat berenang melewatinya.

Mereka lebih menyukai sedimen lunak hingga sedang, karena mereka sering mencari makanan di substrat dan potongan yang lebih besar dapat melukai mereka saat mencari makan.

Ukuran Akuarium  yang Dibutuhkan Diskus?

Karena ikan ini harus berada di kelompok setidaknya 5, tangki 50 galon adalah tangki terkecil tempat mereka akan berkembang.

Mereka lebih suka tangki yang lebih besar, dan lebih dari 100 galon berarti akan ada perubahan kondisi air yang tidak terlalu drastis dan mereka akan memiliki ruang yang mereka inginkan.

Idealnya satu ikan Discus per 7 galon.

Makanan Ikan Discus

Diskus adalah omnivora di alam liar , mereka terutama memakan materi tumbuhan hijau seperti alga atau makanan yang jatuh.

Sepertiga dari makanan mereka juga berasal dari artropoda, seperti serangga atau krustasea, dan invertebrata seperti copepoda dan amphipoda.

Makanan ikan discus untuk meningkatkan warna yang terbaik ialah dengan menggunakan burger discus. Apa itu burger discus ? burger discus ialah makanan racikan atau olahan sendiri yang banyak sekali campurannya agar kebutuhan kandunganya untuk fokus pertumbuhan dan warna tercukupi.

Selain burger kalian bisa menggunakan pelet dan pakan alami seperti cacing beku, jentik nyamuk dan lain-lain namun tidak sebagus burger discus dalam hal kelengkapan kandungan. 

Buat kalian yang repot dan tidak mau membuat burger discus kalian bisa beli secara online di marketplace seperti tojo ijo dan toko oren.

Ikan discus perlu diberi makan setiap hari secukupnya, dan jika terdapat sisa makanan lakukan nya penyedotan ke sisa makanan tersebut agar kondisi air tetap bersih. 

Baca juga: 100+ Jenis Ikan Hias Air Tawar Beserta Gambarnya

Ikan Discus - Panduan Perawatan Utama yang Terbaik

Perawatan Ikan Discus

Cara terbaik untuk memastikan ikan sehat dengan menjaga kondisi air pada aquarium ikan discus dan memberikan makan secukupnya.

Ikan discus sensitif terhadap perubahan parameter air . Jika paramter air berubah ikan discus akan memberikan tanda-tanda stress seperti warnanya berubah menjadi gelap atau diam dipojokan serta tidak mau makan.

Kalian wajib menguras aquarium seminggu sekali  dengan penggantian air 25% agar parameter air terjaga dan stabil. Jika terlalu banyak menguras akan membuat parameter air berubah drastis.

Cek kondisi parameter air dengan alat-alat seperti pH meter dan sebagainya yang kalian bisa dapatkan di toko-toko ikan atau marrketplace.

Karena kebutuhannya akan suhu yang lebih hangat, suhu air perlu diukur setiap hari, dan ini dapat dilakukan dengan termometer permanen di dalam tangki.

Selali lakukan pengamatan ke ikan kalian setiap harinya dan amati ada yang aneh pada gerakan ikan discus kalian apa tidak. Jika ada yang aneh sebaiknya perhatikan terlebih dahulu kondisinya.

Apakah Ikan Discus Cocok Untuk Akuarium Anda? (Ringkasan)

Meskipun ikan Discus sangat sulit dipelihara untuk pemula namun jika sudah tahu cara memeliharanya pasti sangatlah mudah dab biasa saja dalam memelihara ikan ini.  

Inti dari memelihara ikan discus yakni memelihara air dengan baik. Sehingga ikan discus merasa nyaman dan hidup dengan sehat.