Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pakan Alami Ikan Koi Murah dan Sehat

Ikanesia.id - Pakan alami ikan Koi sangat baik bagi tumbuh kembang peliharaan Anda. Ini karena kandungannya dan kondisinya yang cukup segar dapat membantu mempercepat proses tumbuh kembang hewan air satu ini. Karena, banyak orang lebih memilih untuk menggunakan pakan alami daripada pelet.

pakan alami ikan koi

Macam-Macam Pakan Alami Ikan Koi yang Baik dan Segar

Penggunaan pakan alami saat ini menjadi hal yang sangat diutamakan dibandingkan pelet. Tidak seperti dulu ketika orang-orang masih seringkali menggunakan pelet sebagai makanan utama ternak ikan Koi nya. Berikut adalah macam-macam pakan alami ikan Koi yang segar dan sehat.

1. Ganggang Hijau

Ganggang hijau sangat mudah dijumpai di sekitar area kolam ikan, karenanya cara mendapatkannya cukup mudah dan terbilang tidak susah. Ketika kolam Koi banyak ditumbuhi ganggang hijau, sebenarnya ini cukup baik untuk pigmen hewan air satu ini.

Kehadiran ganggang hijau tersebut dapat menjadikan ikan Koi tetap terlihat cerah dan baik. Meski dari segi penampilannya terkesan kurang indah dipandang, karena air kolam menjadi kurang bersih dan warnanya terkesan berubah menjadi kehijauan.

2. Karapas Udang dan Kepiting

Memberikan ikan Koi makan berupa karapas udang dan kepiting juga ternyata cukup baik untuk membantu hewan ini dalam mencerahkan serta mempertahankan warna tubuhnya. Bahkan, jika ingin menghasilkan pakan alami dari bahan tersebut sangatlah mudah dan praktis.

Anda hanya perlu menghaluskannya dengan air dan mencampurkannya menggunakan tepung maizena. Kemudian akan didapatkan makanan ikan Koi berbentuk pasta dari bahan-bahan tadi. Lalu mengukusnya dan siap untuk diberikan sebagai pakan alami hewan ini.

3. Semangka

Tidak banyak orang yang mengira bahwa buah semangka bisa dijadikan bahan pakan alami ikan Koi. Karena buah satu ini memiliki banyak kandungan serat dan memiliki banyak air serta karbohidrat tinggi, sehingga sangat cocok dijadikan pakan alami ikan Koi.

Ternyata, ikan Koi itu juga sangat menyukai makanan ini sehingga dapat menjadi alternatif lain ketika jenis-jenis pangan alami lainnya sudah habis. Dengan banyaknya kandungan serat dan karbohidrat dari buah semangka ini, ikan akan lebih gesit dan banyak bergerak.

4. Cacing Sutra

Pakan alami untuk ikan Koi selanjutnya adalah cacing sutra. Jenis cacing sutera memiliki banyak kandungan protein, sehingga sangat baik dan cocok untuk berikan pada hewan ini. Penggunaan pakan ini bisa membantu dalam pertumbuhan Koi supaya tidak mengalami cacat tulang belakang.

Bahkan gerak ikan juga akan semakin gesit ketika berenang. Ini karena tingginya protein yang terkandung dalam masing-masing porsi cacing sutra tersebut. Maka dari itu, pemberian pakan berupa cacing sutera sangat dianjurkan bagi ikan Koi.

Baca Juga Manfaat Maggot Sebagai Pakan Ikan Koi

5. Minyak Ikan atau Fish Oil

Kandungan lemak hewani yang ada pada minyak ikan sangatlah bermanfaat untuk membantu dalam proses pertumbuhan Koi supaya bisa lebih optimal dan cepat. Dengan begitu, pembudidayaan ikan Koi ini akan menghasilkan keuntungan cukup besar.

Terdapat pula tambahan kandungannya berupa omega 3 serta EPA dan DHA yang bisa membantu dalam pertumbuhan otak dan tubuh ikan Koi tersebut. Akan tetapi, sebaiknya penggunaan pakan ikan berupa minyak ikan ini tidak diberikan secara berlebihan.

6. Sorgum dan Kentang

Pakan alami berikutnya untuk ikan Koi adalah sorgum dan kentang. Ini adalah jenis makanan yang banyak mengandung karbohidrat, sehingga membantu dalam mempercepat ikan Koi untuk bisa lebih cepat tinggi dan besar dari ukuran semulanya.

Untuk mendapatkan hasil yang cepat, maka berikan pakan ini secara rutin dan teratur kepada ikan. Dengan begitu, nutrisi kebutuhan ikan tersebut juga akan terpenuhi dengan maksimal. Sebaiknya penggunaan sorgum dan ketang dilakukan secara bergantian saja.

Untuk Anda yang membutuhkan informasi lebih banyak mengenai pakan alami ikan Koi. Ulasan dari ikanesia ini mungkin akan sangat berguna karena berisi tentang apa saja jenis-jenis makanan alami yang bisa dikonsumsi ikan Koi itu sendiri.