Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

13 Jenis Ikan Hias Aquarium Paling Populer

13 Jenis Ikan Hias Aquarium Paling Populer

Ikanesia.id - Memelihara Ikan hias di akuarium rumah Anda menambah banyak manfaat bagi kesehatan Anda , seperti mengurangi stres dan menurunkan tekanan darah. Ikan hias air tawar cenderung lebih mudah dirawat daripada ikan hias air laut, ikan hias air tawar juga memiliki banyak jenisnya, dari yang berwarna indah dengan corak yang berwarna-warni serta bentuk yang unik.

Ikan hias paling Populer dan mudah untuk dipelihara 

Bagi Anda yang memiliki akuarium baru, mungkin agak sedikiit sulit untuk mimilih jenis ikan hias apa yang cocok untuk akurium anda. Nah..Pada kali ini, ikanesia.id akan merekomendasikan 13 jenis ikan hias terpopuler untuk akuarium anda dan pastinya sangat mudah untuk dipelihara 

Berikut 13 jenis ikan hias air tawar paling populer 

1. Neon Tetra

Gambar Ikan Neon Tetra

Ikan Neon Tetra merupakan ikan kecil dengan warna yang indah dan sangat mudah dipelihara. Ikan ini tidak tumbuh terlalu panjang, panjangnya hanya mencapai 2,2 cm. 

Mereka dikenal sebagai jenis ikan yang sangat damai dan tenang. Ikan akan tumbuh baik jika dipelihara dalam kelompok dan di dalam akuarium yang terdapat tanaman, dan aksesori lain. 

Ikan neon tetra dapat dengan mudah dikenali karena tubuhnya yang biru dan garis merah terang di tubuhnya.

2. Ikan Guppy

Gambar Ikan Guppy

Ikan guppy adalah ikan air tawar paling terkenal untuk akuarium. Pertama kali ditemukan di alam liar di Amerika Selatan bagian timur laut. Ikan guppy tidak diragukan lagi adalah ikan akuarium yang paling kuat karena mereka dapat bertahan hidup selama lebih dari seminggu tanpa diberi makan sama sekali!.

Ikan ini tidak terlalu selektif dalam hal makanan dan senang dengan berbagai pakan ikan seperti cacing darah , udang air asin (beku atau hidup), Daphnia ( kutu air). 

Ikan hias yang cantik ini hadir dalam berbagai macam kombinasi warna yang indah sehingga Anda dapat dengan mudah memilih salah satu yang sesuai dengan selera Anda.

3. Ikan Molly

Ikan Molly

Ikan Molly adalah jenis ikan hias air tawar terbaik dan mudah dipelihara. Ikan molly dapat tumbuh sekitar 3 hingga 4 inci panjangnya dan bersifat omnivora. ikan ini berasal dari Malaysia dan populer karena temperamen pasifnya dan, juga kemampuan menyesuaikan diri cukup cepat. 

Ikan ini mempunyai berbagai macam warna, selain itu ikan ini merupakan ikan yang lucu serta energik dan ikan cukup kuat dan tidak agresif. 

4. Ikan Cupang

Gambar Ikan Cupang

Ikan cupang adalah ikan hias air tawar yang akuarium indah yang hadir dengan keindahan pola dan bentuk ekor yang berwarna-warni dan beraneka warna. 

Ikan cupang juga terbilang ramah bagi pemula atau mereka yang hanya tertarik untuk memeliharanya. Cara perawatannya tidak terlalu sulit, namun membutuhkan ketekunan agar ikan cupang yang dipelihara dapat berkembang dengan baik.

Selain itu, tidak perlu mengeluarkan biaya terlalu mahal untuk mempraktikkan cara merawat ikan cupang dengan benar. 

Baca juga: 100+ Jenis Ikan Hias Air Tawar Beserta Gambarnya

5. Ikan mas koki

Gambar Ikan mas koki

Ikan mas koki merupakan salah satu jenis ikan hias air tawar populer yang sangat mudah dijumpai di Indonesia.

Bukan hanya karena penampilannya yang lucu dan cantik, perawatan ikan mas yang cukup sederhana menjadikannya primadona ikan hias yang sayang untuk dilewatkan oleh para kolektor ikan hias.

Selain memiliki banyak pilihan warna, Chef Goldfish juga memiliki tipe yang berbeda-beda. Tertarik memiliki koki ikan mas hias sebagai salah satu ikan peliharaan di akuarium rumah Anda

6.  Angelfish

Gambar Angelfish atau manfish

Angelfish alias manfish (Pterophyllum scalare) merupakan salah satu ikan hias air tawar terpopuler. Mereka memiliki bentuk yang unik dan indah yang menarik bagi penggemar ikan pemula dan berpengalaman.

Ikan dewasa dapat berukuran hingga 6 inci (15 cm) dan memiliki temperamen semi-agresif. Angelfish hadir dalam warna hitam, biru, dan perak.

Mereka bisa hidup dari 8 sampai 10 tahun. Ikan omnivora ini menyukai akuarium yang dipenuhi tanaman hidup dengan suhu ideal berkisar antara 23 hingga 27 derajat Celcius.

7.  Ikan Diskus

Gambar Ikan Discus

Ikan Discus yang memiliki nama latin Symphysodon merupakan salah satu jenis ikan air tawar yang banyak diminati oleh para pecinta ikan hias. Penampilannya yang menawan membuat banyak orang tertarik untuk memeliharanya.

Ikan discus dikenal mengganggu dan cenderung menyendiri atau berkelompok dengan ikan lain. Ikan discus terlihat begitu menawan, apalagi dengan warna-warni yang menghiasi tubuhnya. Tampak sangat sempurna untuk dipelihara di akuarium

8. Ikan Oscar

Gambar Ikan Oscar

Ikan oscar merupakan salah satu jenis ikan hias yang semakin diminati oleh banyak orang sebagai hiasan yang menarik di akuarium rumah.

Meski jarang terdengar, ikan ini memiliki ciri-ciri pandai dan pandai dalam akuarium sehingga memiliki ikatan emosional yang baik bagi penghuni rumahnya.

Perlu diketahui, ikan ini merupakan salah satu jenis ikan air tawar yang hidup di Sungai Amazon, Brazil.

Meski tergolong sebagai salah satu predator, namun ikan ini tidak seagresif atau ganas seperti piranha, sehingga masyarakat tidak perlu takut untuk memelihara Oscar.

9. Danios Zebra

Gambar Ikan Danios Zebra

Danio zebra  adalah ikan air tawar berukuran kecil. Mereka adalah salah satu jenis ikan air tawar yang paling populer di kalangan penghobi ikan hias

Danio adalah spesies yang tangguh dan sosial sehingga dibiakkan dengan sempurna untuk pemula. Ikan ini bisa menjadi tambahan bagus untuk akuarium  Anda. Mereka datang dalam berbagai warna yang indah.

Zebra Danio memiliki temperamen yang tenang dan berukuran panjang sekitar 5 cm. Ikan omnivora ini dapat hidup antara 3,5 hingga 5,5 tahun. Mereka menyukai lingkungan akuarium yang dipenuhi tanaman hidup

10. Ikan Platy

Gambar Ikan Platy

Ikan platy merupakan salah satu jenis ikan yang cukup disukai oleh para pecinta ikan hias. Banyak faktor yang membuat ikan hias ini sangat digemari salah satunya karena cara perawatan ikan hias yang cukup mudah bahkan untuk para pemula sekalipun.

Selain itu ikan hias ini memiliki bentuk tubuh yang kecil dan corak warna yang menarik. Ikan Hias Platy juga merupakan jenis ikan yang sangat mudah berkembang biak.

11. Ikan louhan

Gambar Ikan Louhan

Ikan hias air tawar dengan dahi jenong yaitu louhan dianggap sebagai ikan yang membawa kemakmuran dan kemakmuran bagi pemilik rumahnya. 

Jadi, agar ikan louhan Anda selalu sehat, pastikan Anda menggunakan ukuran akuarium yang tepat dan filter atau filternya bekerja secara maksimal. Jangan lupa sediakan jumlah makanan yang pas dan juga pencahayaan yang cukup agar lebih hangat.

12. Ikan black ghost 

Gambar Ikan Black ghost

Meski populer di Indonesia, siapa sangka ikan hias air tawar yang tidak mudah busuk yang disebut black ghost atau black phantom ini sebenarnya adalah ikan dari sungai Amazon dan Suriname.

Warnanya yang hitam dan bentuknya yang pipih dengan sirip yang panjang membuatnya menjadi ikan black ghost.

Soal makanan, ikan black ghost tidak terlalu pilih-pilih. Ia suka memakan larva nyamuk dan serangga air kecil lainnya dan bahkan pelet ikan. Tidak terlalu merepotkan bukan?

13. Ikan Arwana

Gambar Ikan Arwana

Ikan predator primadona satu ini wajib saya sebut dalam list 13 jenis ikan hias yang populer. Ikan arwana mempunyai keindahan yang eksotis dan terkesan mewah jika memelihara ikan ini. Ikan arwana digemari oleh beberapa kalangan dari anak muda sampai orang tua menyukai ikan ini.

Baca juga: Inilah Jenis-jenis Ikan Predator Air Tawar Yang Perlu Anda Ketahui

Untuk mendapatkan pengalaman terbaik dari hobi memelihara ikan, tergantung pada faktor-faktor seperti ukuran akuarium, perawatan, dan sebagainya. Teliti lebih lanjut tentang jenis ikan akuarium akan anda pelihara!


Ikanesia
Ikanesia Saya Adalah Penulis Di Ikanesia.id