Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Budidaya Ikan Black Ghost agar Cepat Besar dan Sehat

Ikanesia.id - Cara budidaya ikan black ghost mungkin bisa menjadi salah satu langkah alternatif dalam hal menyalurkan hobi akan ikan hias sekaligus mendapatkan keuntungan lebih. Black ghost tidak dapat Anda temukan di perairan Indonesia, karena berasal dari sungai amazon sehingga cukup langka.

Cara Budidaya Ikan Black Ghost untuk para Pemula

Cara Budidaya Ikan Black Ghost

Ikan black ghost mungkin sudah tidak asing lagi ditelinga para pecinta ikan hias. Walaupun terdengar sedikit menyeramkan, namun ikan ini memiliki keunikan tersendiri yang sangat menarik. Maka tak heran apabila banyak memikat hati orang-orang. Berikut cara budidaya ikan black ghost untuk pemula:

1. Persiapan Tempat Pemeliharaan

Tahap pertama yang harus Anda lakukan untuk memulai pembudidayaan adalah menyiapkan tempat pemeliharaan guna tumbuh kembang serta berkembang biaknya. Pada umumnya, media budidaya ikan black ghost menggunakan sebuah akuarium terbuat dari bahan kaca atau sejenisnya.

Biasanya, ukuran akuarium berdimensi sekitar 100x40x40 cm untuk kapasitas 10 ekor indukan atau bisa Anda sesuaikan dengan keinginan serta skala pembudidayaannya. Tambahkan elemen penunjang lainnya seperti aerator, filter dan pakis guna penempatan telur ikan black ghost.

2. Pengelolaan Air

Jika akuarium beserta elemen pendukung lainnya sudah disiapkan, maka proses berikutnya adalah pengisian air. Tahap ini tidak boleh Anda lakukan secara sembarang karena ikan black ghost membutuhkan air dengan tingkat pH 6 sampai 7 serta memiliki suhu berkisar 26 - 27 derajat celcius.

Lakukan pergantian air secara rutin atau 5 hari sekali dengan menggunakan air tanah yang sudah melewati proses pengendapan melalui aerator. Alternatif lainnya, Anda bisa memanfaatkan air PAM namun telah dibiarkan selama 3 hari terlebih dahulu sebelum dimasukkan ke dalam akuarium.

Baca Juga : Mengenal Ikan Black Ghost

3. Memilih Indukan Ikan Black Ghost

Memilih Indukan Ikan Black Ghost

Cara budidaya ikan black ghost berikutnya adalah proses memilih indukan ikan black ghost. Tahapan ini harus dilakukan dengan secara teliti dalam mengenali ciri-cirinya. Hal tersebut bertujuan agar dapat menghasilkan anakan yang berkualitas dan sesuai seperti keinginan para pembudidaya.

Pada jenis jantan, biasanya memiliki tubuh dan dagu yang cukup panjang atau berkisar 30 cm. Sedangkan betina cenderung lebih pendek hanya berukuran sekitar 15 sampai 23 cm. Tips berikutnya adalah pilihlah indukan dengan usia lebih dari setahun serta tidak asa cacat ataupun luka sedikitpun.

4. Proses Pembenihan Ikan Black Ghost

Pada dasarnya, proses pembenihan ikan black ghost memiliki dua metode yang bisa Anda gunakan. Jenis pertama yaitu dengan cara masal menggunakan kolam khusus atau bak fiber berdimensi panjang 2,5 cm, lebar 15 cm serta tinggi 0,5 cm. Untuk ukuran tersebut dapat diisi sekitar 20 ekor indukan.

Sedangkan untuk metode yang kedua adalah dengan cara berpasang-pasangan menggunakan kolam akuarium berukuran 100 x 50 x 40 berkapasitas - sampai 7 ekor indukan ikan black ghost. Perbandingannya yaitu 2 ekor jantan serta 3 ekor betina atau bisa juga 3 jenis jantan dan 4 betina.

5. Proses Pemeliharaan Anakan Black Ghost

Anakan Ikan Black Ghost

Biasanya, proses penetasan telur ikan black ghost dilakukan pada tempat khusus dan terpisah dari indukan. Akuarium yang bisa Anda gunakan berukuran dengan panjang 80 cm, lebar 60 cm serta tingginya 30 cm.

Penetasan telur akan berlangsung sekitar 3 sampai 4 hari. Pada usia 4 hari Anda sudah bisa memberikannya makan berupa naupli artemia selama dua minggu. Setelah itu, pakailah cacing atau jentik nyamuk guna menjadi pakan ikan black ghost.

Itulah tadi pembahasan ikanesia mengenai beberapa cara budidaya ikan black ghost. Setelah proses tersebut berlangsung selama kurang lebih satu bulan, Anda bisa memindahkannya ke dalam akuarium yang sudah disiapkan sebelumnya untuk melangsungkan pembudidayaan.