Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Budidaya Maggot Pakan Ikan dan Burung

Ikanesia.id - Cara budidaya maggot pakan ikan dan burung wajib Anda ketahui guna menjadi pakan alternatif pembudidayaan ikan dan juga bisa untuk burung. Pasalnya, jenis ini banyak digunakan oleh para peternak guna menekan biaya pengeluaran serta memiliki kandungan gizi yang sangat melimpah seperti protein, lemak dan lainnya.

Cara Budidaya Maggot Pakan Ikan dan Burung

Panduan dan Cara Budidaya Maggot Pakan Ikan dan Burung

Pasokan pakan ikan merupakan salah satu persoalan utama yang selalu dikeluhkan para pembudidaya sejak lama karena harganya terus naik. Oleh sebab itu, peternak mencari solusi lain yaitu dengan cara membudidayakan maggot black soldier fly untuk pakan ikan. Berikut beberapa tahapannya.

1. Menyiapkan Bahan-bahannya

Untuk memulai pembudidayaan maggot, ada beberapa hal yang harus Anda siapkan sebelum melakukan budidayanya. Mulai dari menyiapkan ember, air secukupnya hingga EM4 atau bisa juga menggunakan susu fermentasi seperti yakult.

Kemudian, berilah kantong plastik di toko perlengkapan perkebunan, lalu penyedap rasa masakan. Jangan lupa untuk menambahkan gula pasir dan juga dedak. Jangan khawatir mengenai ketersediaan, karena bahan-bahan tersebut dapat Anda temukan dengan mudah di pasar. 

2. Menyiapkan Kandang

Setelah bahan-bahan telah disiapkan, maka langkah berikutnya adalah membuat kandang untuk berlangsungnya budidaya maggot. Fungsi dari bagian ini adalah sebuah tempat guna black soldier fly memproduksi telur yang nantinya akan menjadi bibit maggot dan digunakan untuk pakan ikan.

Tentukan terlebih dahulu ukuran kandangnya dan sesuaikan dengan skala pembudidayaannya. Pada umumnya, dimensi kandang budidaya maggot sekitar 2,5x4x3 meter. Dengan ukuran tersebut, Anda sudah dapat menampung jumlah maggot sangat banyak bahkan mencapai puluhan ribu.

Baca Juga : Manfaat Maggot

3. Menyiapkan Tempat Penetasan Telur

Cara budidaya maggot pakan ikan murah selanjutnya adalah menyiapkan sebuah tempat untuk proses penetasan telur. Anda bisa memanfaatkan box kardus berukuran kecil jika tak ingin repot-repot custom atau membuatnya sendiri dengan menggunakan tripleks.

Jika telur telah menetas, larva langsung dipindahkan ke biopond. Biopond adalah tempat untuk proses pembesaran larva yang terbuat dari rangkaian kayu serta dipenuhi tanah gembur. Media ini memiliki dua jenis yaitu tidak lengkapi romp guna budidaya skala kecil dan untuk pembudidayaan besar.

Baca Juga : Cara Ternak Kelabang Untuk Pakan Ikan Arwana

4. Proses Pengembangbiakan Maggot

Untuk proses pengembangbiakan Maggot dan menarik lalat, maka siapkanlah air kurang lebih 1 liter serta gula pasir 5 sendok teh. Kemudian masukkan kedalam ember lalu ditambahkan dedak sekitar 5 kg, jangan lupa sertakan penyedap rasa setelah itu aduk hingga semua bahan merata.

Langkah berikutnya, tuangkan EM4 ke dalam ember sebanyak satu tutup botol saja. Aduk kembali semua bahannya sampai benar-benar tercampur. Siapkan plastik dengan daya tampung 5-8 kg, masukkan semuanya dan berikan sedikit celah udara. Kemudian, kalian bisa diamkan selama 2 sampai 3 hari.

Baca Juga : Cara Budidaya Maggot Untuk Pakan Ikan atau Pakan Ternak

5. Proses Panen Maggot

Waktu terbaik untuk melakukan proses panen yaitu sekitar satu minggu terhitung dari menetasnya telur. Supaya lalat black soldier fly terus berdatangan dan pasokan bertambah maka taburkan dedak hasil fermentasi disekitar ember sebanyak 1 kali dalam seminggu.

Dengan begitu, sekalipun proses panen telah dilakukan, pasokan maggot akan tetap ada bahkan terus bertambah sehingga tak perlu membuatnya lagi dari awal. Terkahir, letakkanlah sampah organik ke dalam kandang untuk menjadi makanan maggot.

Itulah tadi pembahasan ikanesia mengenai cara budidaya maggot pakan ikan murah yang bisa Anda terapkan sebagai langkah alternatif. Dengan metode tersebut, secara tidak langsung akan membuat pembudidaya ikan menjadi lebih hemat akan pengeluaran biaya pakan.