Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Sukses Budidaya Ikan Lele, Terbukti Menghasil Jutaan Rupiah

Ikanesia.id - Ada beberapa cara sukses budidaya ikan lele yang bisa Anda terapkan ketika ingin terjun ke dunia bisnis bidang ini. Mulai dari jumlah modal hingga pengetahuan tentang metode pembudidayaannya harus diperhitungkan, karena akan menentukan berhasil atau tidaknya ternak lele.

Budidaya Ikan Lele

Ini Dia, Cara Sukses Budidaya Ikan Lele, Terbukti.

Siapa yang tak menyukai jenis ikan yang satu ini. Selain rasanya enak terdapat banyak kandungan gizi didalamnya. Maka tak heran apabila minat akan ikan lele terus meningkat tak terkecuali dalam hal pembudidayaannya. Berikut cara sukses budidaya ikan lele:

1. Kolam Ikan Lele

Kolam Ikan Lele

Hal pertama yang harus Anda pahami agar sukses dalam pembudidayaan ikan lele adalah tentang kolam. Keberadaan titik pembuatannya harus diperhitungkan secara benar dan sesuai ketentuan. Selain itu, pastikan juga berada di daerah yang terjangkau agar mudah mengontrolnya.
Pada umumnya, untuk ukuran tebar benih lele 1 meter mampu menampung kurang lebih 100 ekor ikan lele. Namun, sebelum masuk ke tahap penaburan benih, lakukan terlebih dahulu pemupukan agar dapat ditumbuhi oleh plankton. Anda bisa menggunakan pupuk kandang kedalam air kolam ikan lele.

2. Pakan

Pakan Ikan Lele

Untuk langkah berikutnya adalah memahami mengenai pakan. Pasalnya, masih ada banyak para pembudidaya melakukan kesalahan dalam hal ini seperti menggunakan pelet sejak ikan masih kecil. Pada akhirnya, anggaran biaya pakan menjadi tidak terkontrol sehingga mengakibatkan kerugian.
Untuk mengatasi masalah tersebut maka sangat disarankan untuk menggunakan jenis pakan alternatif. Selain menghemat biaya, kandungan nutrisi serta proteinnya pun dapat dikatakan sangat tinggi. Jadi asupan gizi untuk ikan lele tetap bisa terpenuhi tanpa harus mengeluarkan banyak uang.

3. Menggunakan Bibit Unggul

Bibit Ikan Lele

Cara sukses budidaya ikan lele berikutnya adalah pastikan Anda menggunakan bibit unggul. Ada beberapa ciri untuk mengetahui kualitasnya, mulai dari agresifitasnya, warna tidak punya dan cenderung lebih terang hingga tubuhnya seimbang.
Selain itu, Anda juga harus menentukan jenis lele apa yang nantinya akan dibudidayakan. Oleh sebabnya, penting para peternak memiliki pengetahuan dalam proses pemilihan bibit berkualitas. Jika merasa keberatan dan bingung, ada baiknya untuk bertanya kepada ahli dibidang budidaya ikan lele.

4. Pemberian Probiotik

Probiotik Ikan Lele


Kesalahan umum para peternak pemula yaitu terkadang hanya memberikan probiotik pada masa awal saja. Padahal, mengenai kondisi kolam harus terus dijaga kualitasnya agar ekosistem tetap sehat dan tidak mudah terserang berbagai macam penyakit berbahaya.
Dalam hal ini, sangat disarankan untuk Anda memberikan probiotik secara rutin yaitu satu minggu sekali. Walaupun sifatnya menjaga kondisi kolam agar tetap berkualitas, kadar dari mikroorganisme serta plankton yang menjadi sumber pakan alami tidak akan berkurang ataupun musnah. 

Baca juga Cara sukses budidaya ikan lele organik, tips dan trik lengkap agar hasil melimpah.

5. Panen Ikan

panen ikan lele

Terkadang ada beberapa momen yang membuat harga dari ikan lele menjadi naik drastis seperti ramadhan atau tahun baru. Pada masa itu, keuntungan para pembudidaya akan meningkat berkali-kali lipat dari biasanya karena permintaan masyarakat terus bertambah.
Oleh sebab itu, jika Anda ingin sukses dalam bidang budidaya ikan lele ada baiknya untuk paham tentang momen-momen tersebut. Dengan membuat target masa panen yang dimulai sejak awal agar sampai di ramadhan ataupun tahun baru akan jauh lebih efektif.
 

Itulah tadi pembahasan ikanesia mengenai beberapa cara sukses budidaya ikan lele serta telah terbukti akan keberhasilannya. Namun, hal yang harus diperhatikan, walaupun sifatnya mencari keuntungan jangan sampai mengabaikan kualitas dari ikan lele tersebut.