Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Harga Ikan Bawal Terbaru dan Jenis-Jenis Ikan Bawal

Harga Ikan Bawal Terbaru dan Jenis-Jenis Ikan Bawal

Ikanesia.id - Di negara Indonesia, tentunya banyak sekali terdapat jenis ikan konsumsi yang lezat. Salah satunya ialah ikan bawal. Tentu soal rasa ikan bawal merupakan juaranya. Meski ikan ini berasal dari negara yang jauh dari indonesia yaitu dari amerika tepatnya di amazon river, namun soal harga masih terbilang terjangkau.

Ikan bawal ini merupakan ikan yang elok nan cantik sehingga tak jarang juga yang menjadikan ikan bawal ini menjadi ikan hias. Sisik daripada ikan ini punya warna yang unik dan cantik.

Nah pada kesempatan kali ini kami ingin memberikan kamu informasi mengenai harga ikan bawal terbaru dan kenalan lebih dalam soal ikan lezat ini.

Baca Juga : Perbedaan Ikan Bawal dan Ikan Piranha

Habitat Ikan Bawal

Ikan bawal, ikan konsumsi yang cantik ini memiliki sifat positif yang bisa juga loh kamu contoh, yaitu gampang sekali perihal beradaptasi. Alias ga neko-neko. Ikan ini bisa hidup perairan mana pun.

Walaupun ikan ini tergolong sebagai ikan yang cantik, ikan ini ga neko-neko loh, karena gak perlu dirawat dengan khusus. Tak heran banyak yang jatuh cinta. 

Mungkin kita bisa juluki ikan ini sebagai ikan terhumble ya, karena dimanapun tempat tinggalnya dia mau dan mampu untuk bertahan hidup

Selain ikan bawal ini mudah beradaptasi juga ikan ini dikenal tidak gampang sakit, jadi jika kamu berminat untuk memeliharanya ini akan sangat menguntungkan dan memudahkan kamu. Untuk tempat tinggal atau habitat yang asli dari ikan bawal ini tinggal di perairan tenang juga mengalir. 

Nah saran kami, ketika kamu berminat memeliharanya, kamu tempatkan ikan bawal ini di air yang persis dengan perairan pada tempat tinggal biasanya, seperti yang kami jelaskan diatas.

Selain kamu bisa miripkan tempat tinggalnya dengan  tempat tinggal  ikan pada perairan aslinya, kami juga sarankan kamu untuk memastikan air pada tempat tinggalnya selalu bersih, selalu sediakan oksigen secukupnya, dan pastika juga bahwa didalam tempat tinggalnya tidak terdapat mineral berlebih. 

Hal demikian harus kamu lakukan agar ikan bawal yang kamu pelihara berumur panjang dan selalu sehat. Walau sebenarnya ikan ini mampu bertahan hidup dengan air kotor, alangkah baiknya kamu selalu menyediakan air bersih untuk ikan bawal ini agar pertumbuhan pada ikan bisa berkembang dengan baik.

Baca juga: Mengenal Jenis-Jenis Ikan Salmon Serta Manfaatnya

Ciri Ciri Ikan Bawal

Jika kamu mengenal jenis ikan piranha, nah ikan ini memiliki ciri yang bisa dibilang hampir mirip sekali dengan piranha, ini sebabnya ikan bawal dan piranha masih satu keluarga.

Untuk ciri detail fisik pada ikan bawal ini, ikan ini memiliki fisik tegap, mirip sekali dengan piranha. Kemudian warna daripada ikan ini adalah abu tua juga jika kamu perhatikan di sisi ikan ini bentuknya seperti cycloid


Ikan ini memiliki sistem pernapasan yang cukup baik, ini disebabkan insang pada ikan ini memiliki permukaan yang luas kalau kamu bandingkan ikan ini dengan ikan-ikan yang memiliki ukuran lebih besar.

Dengan begitu jika kamu tempatkan ikan ini di perairan yang kurang oksigen, ikan ini tetap akan hidup.

Badan dari ikan bawal ini cukup panjang, selain panjang ikan ini juga bisa terbilang lebar dan size mata ikan ini lumayan lebar.

Jenis Ikan Bawal

1. Ikan Bawal Tawar

Ikan Bawal Tawar

Jenis ikan bawal pertama yang ingin kamu perkenalkan kepada kamu adalah ikan bawal tawar. Sepertinya tidak usah diperkenalkan pun kebanyakan daripada kamu sudah mengetahui, karena memang jenis ikan ini akan mudah kamu temui, sebab banyak sekali yang tertarik budidaya ikan ini.

Harganya pun cukup murah loh, ikan lezat dan cantik ini dipasaran biasa dipasang harga kurang lebih 25.000 rupiah saja. Kalau ikan ini sedang banyak jumlahnya atau sedang musim panen, ini ini dibanderol dengan harga yang jauh lebih murah.

Jadi jika sedang musim panen langsung saja kamu pergi ke pasar untuk membelinya.

Nah untuk minusnya dari ikan ini adalah ia mempunyai bau yang kurang menyenangkan seperti bau lumpur di dalam dagingnya dan juga terdapat banyak sekali duri, sehingga ketika memakannya kamu harus sangat berhati-hati ya.

2. Ikan Bawal Hitam

Ikan Bawal Hitam

Ikan bawal hitam atau yang dikenal juga dengan nama black pomfret adalah ikan yang sangat gampang sekali ditemukan di negara indonesia ini, seperti di perairan laut jawa hingga ke perairan selat malaka dan kalimantan, dan masih banyak lagi.

Ikan ini sangat senang tinggal di dalam air yang memiliki banyak lumpur, contohnya di muara sungai. Ikan ini memiliki warna yang beragam pada sisiknya, seperti di atasnya memiliki sisik  abu yang keunguan, lalu silver di bawahnya.

Ikan ini sangat senang makan ikan kecil dan juga udang, pokoknya penduduk air yang kecil-kecil. Ikan ini juga merupakan salah satu ikan yang sangat murah loh. 

3. Ikan Bawal Silver Pomfret

Ikan Bawal Silver Pomfret

Mungkin kita sering mengenalnya dengan nama ikan bawal Putih namun ikan ini sebenarnya bernama Silver Pomfret, ikan bawal ini biasanya terdapat di pantai namun juga mampu bertahan hidup didalam perairan air tawar. Ikan ini suka juga tinggal di perairan yang memiliki dasar lumpur loh, sama persis dengan ikan bawal hitam.

Ikan ini merupakan ikan bawal yang memiliki badan terlebar jika dibandingkan dengan ikan bawal yang lainnya, yang sudah kami bahas diatas. Dan memiliki sirip yang cenderung gelap.

Untuk size dari ikan ini, untuk panjangnya dia bisa sampai 15-20 cm, dan lebih kerennya bisa juga loh sampai 30 cm. Untuk beratnya, sekitar 1,5 hingga 2 kg loh.

Untuk makanannya, biasanya ikan silver pomfret ini sama dengan makanan ikan bawal hitam, ia memakan hewan air yang kecil seperti udang, plankton juga ikan yang memiliki ukuran kecil lainnya.

Baca juga; Harga Ikan Bandeng Terbaru Serta Manfaat Ikan Bandeng Bagi Kesehatan

Harga Ikan Bawal per Kg Semua Jenis

Harga Ikan Bawal per Kg Semua Jenis

Seperti yang sudah dijelaskan diatas bahwa ikan bawal ini memiliki harga yang relatif dan terbilang sangat murah namun beragam pada setiap jenisnya, tergantung daripada pekan panen.

Biasanya pada pekan panen, ikan ini akan memiliki harga yang jauh lebih murah, berbeda jika sedang jarang maka akan sedikit lebih mahal.

Tapi untuk harga normalnya ikan bawal tawar biasanya dipatok dengan harga 30rb saja, dan untuk ikan bawal hitam dipatok dengan harga 60rb, yang terakhir ikan bawal putih yang dipatok dengan harga 50rb.

Ikan ini tentu cocok untuk kamu konsumsi atau bahkan dibudidayakan, sekarang tinggal kamu tentukan. 

Nah itu dia informasi mengenai ikan bawal, dari mulai jenis, tempat tinggal dan harganya sudah kami beri tahu. Kami sangat berharap informasi yang kami berikan dapat bermanfaat ya untuk kamu semuanya.

Kami tentu senang bisa berbagi informasi ini. sampai jumpa lagia di pembahasan lainnya di artikel artikel yang selanjutnya.

Artikel Yang Mungkin Kalian Suka :