Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal Ikan Hiu Karang Yang Boleh Dipelihara

Ikanesia.id - Jika disuruh menyebutkan, hewan air terbuas yang pernah ada adalah apa? Mungkin lima puluh persen diantara kamu menyebutkan ikan hiu. Yups! Ikan hiu yang dikenal sangat sensitif dengan darah ini merupakan ikan yang paling ditakuti dan sangat menyeramkan.

Ikan ini biasanya memberi tanda jika sedang ada di area permukaan air. Yaitu dengan sirip yang mengacung, jika kita lihat dari sudut pandang kita rasanya seperti sirip yang sedang berjalan sendiri. Orang yang melihat itu pasti akan sangat waspada dan ketakutan. Karena tidak bisa dipungkiri hiu merupakan predator  yang sangat menyeramkan.

Hiu Karang

Nah namun berbeda hal dengan ikan hiu blacktip atau juga biasa disebut hiu karang. Ikan ini justru banyak yang berminat untuk memeliharanya bahkan bisa ditempatkan di air yang tawar. Tentu hal ini sangat menghebohkan sekaligus mengejutkan.

Memang diperkirakan ikan ini akan ramai dipelihara sebabnya ikan ini dihebohkan dengan bisa ditempatkannya ikan ini didalam air yang tawar.

Jika kamu adalah seorang penyelam mungkin tidak aneh bagi kamu jika menemukan ikan hiu jenis ini, saking seringnya kamu bertemu.

Oleh sebab itu yuk mari kita mengenal ikan hiu jenis ini secara mendalam agar kamu memiliki pengetahuan banyak sebelum kamu ingin memeliharanya, kalaupun tidak, tidak ada salahnya kan tambahkan ilmu pengetahuan mengenai ikan? Yuk mari kita bahas ulasannya secara mendalam dibawah ini. 

Mengenal Ikan Hiu Karang Dari Sudut Ilmiah

Ikan hiu karang ini masuk dalam species c. Limbatus, dimana ikan dengan species ini sudah pasti bertempat di dalam air yang dalam atau bisa dikatakan dangkal. Dan ikan ini punya nama latin yaitu Carcharhinus limbatus.

Ikan predator dengan sirip hitam ini masuk dalam kelas chondrichthyes dan masuk dalam kingdom animalia sama seperti ikan arwana dan lain sebagainya.

Masuk juga dalam famili carcharhinidae pada carcharhiniformes. Ikan dengan genus carcharhinus merupakan salah satu ikan hiu yang terbilang buas atau ganas. Mengerikan bukan?

Ciri-ciri Spesifikan Ikan Hiu Karang 

Mungkin sebagian daripada kamu hanya mengetahui ikan hiu ada satu. Namun faktanya ikan hiu memiliki banyak sekali jenisnya, dimulai dari ikan hiu macan, hiu martil, pasir dan tentu masih banyak lagi.

Namun tidak perlu khawatir karena untuk membedakan ikan hiu sirip hitam dengan ikan hiu jenis lainnya terbilang sangat amat gampang.

Tentu ini disebabkan ikan hiu karang sirip hitam ini memiliki ciri yang spesifik dan relatif mudah dikenali dengan hanya sekali melihat saja loh.

Tanda yang spesifik ada pada badan ikan lucu tapi buas ini adalah terletak pada mulut. Namun tentu ada sejumlah tanda yang bisa kamu kenali dari ikan hiu, ini dia beberapa diantaranya :

  • Mulut hiu yang panjang sehingga terlihat moncong.
  • Seperti nama dari ikannya, tentu ikan ini memiliki sirip berwarna hitam
  • Selain sirip ekor pada ikan ini pun memiliki warna hitam
  • Bobot tubuh ikan ini cukup besar, ikan ini memiliki bobot kurang lebih 50-60 kg
  • Dan memiliki panjang berkisar 2-3 meter

Mengingat ukurannya yang cukup besar, jika kamu berminat memelihara ikan hiu ini maka kamu bisa pelihara ikan dengan dengan bobot 30 kg dan panjang 1,5 m saja. Karena ukuran itulah yang mumpuni untuk dipelihara di tank.

Habitat Ikan Hiu Karang Ini Berasal?

Jika ingin memeliharanya, kamu juga perlu tahu dong ilmu pengetahuan dasarnya, salah satunya adalah dari mana asal ikan hiu ini berasal. 

Jadi ikan ini menyebar pada area yang benar-benar luas, tidak suka berkutat pada satu wilayah. Ikan hiu dengan sirip hitam ini ada dan bisa kamu temukan dengan mudah di belahan bumi manapun karena sifatnya yang tidak berkutat pada satu area atau wilayah.

Selain tu ikan ini mampu bertahan hidup pada negara yang subtrop atau tropis. Bahkan jika kamu mencari di perairan negara kita tercinta indonesia ini  kamu pun juga akan menemukannya kok. 

Makanan Ikan Hiu Blacktip Atau Ikan Hiu Karang 

ikan sarden merupakan ikan yang cukup populer di indonesia bukan? Ikannya yang dibungkus dengan kaleng dan bisa disajikan secara instan ini ternyata ikan hiu jenis inipun suka. Ikan ini menyukai ikan berukuran kecil, seperti contohnya nih ikan kaka, kemudian kerapu dan masih banyak lagi. 

Ikan dengan bobot yang maco ini tentu merupakan predator yang amat sangat terbilang perfect sehingga sangat lincah dalam berburu. 

Pergerakan ikan ini dalam memburu sangat amat lincah dan aktif, hal itu membuat ikan ini memiliki kekuatan yang tak diragukan lagi saat berenang, ia juga merupakan perenang yang handal, hal ini dilihat dari kecepatan berenangnya.

Tak heran jika ikan hiu karang ini dijuluki ikan dengan dengan pemburu terbaik. Ikan ini juga biasanya memburu mangsa pada malam hari atau biasa disebut juga sebagai hewan nokturnal.

Baca juga: Jenis Ikan Hiu Yang Dapat Dipelihara Di Aquarium

Bagaimana Karakter dan Habitat Dari Ikan Ini?

Persis seperti namanya yaitu ikan hiu karang, ia hidup dan senang berkutat di wilayah dasar terumbu karang yang dalamnya mencapai 70 hingga 80 m. Jadi tidak sulit untuk menemukan ini, tak heran banyak sekali penyelam yang menemukan ikan ini.

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, ikan ini bisa hidup di wilayah manapun bahkan bisa ditemukan di belahan bumi manapun. Tentu juga di negara indonesia, karena ikan ini ikan yang bisa hidup di berbagai iklim, mampu beradaptasi dengan sangat baik. 

Ikan ini memiliki karakter yang tidak begitu agresif, sama halnya dengan temannya dalam tank. Tetapi perlu diketahui, hewan air ini adalah seekor ikan hiu sama seperti halnya dengan hiu lainnya, maka dari itu, tetap harus waspada dengan kebuasannya, tentu ikan ini juga cukup berbahaya dan jika kita mengganggunya siap-siap dengan resiko terburuknya. Seram juga ya.

Bahkan sepertinya ikan hiu ini tidak akan memperdulikan jika dia disandingkan dengan ikan yang berukuran jauh lebih besar pun bisa saja ia tetap jadikan mangsa.

Seperti yang sudah diketahui, bagaimana sadisnya ikan hiu menggunakan giginya yang super runcing dengan jumlah yang banyak dalam memangsa mangsanya, membuat rivalnya pun akan kalah menghadapinya.

Ikan ini masuk dalam daftar ikan dengan poulasi yang masih banyak loh. dan lembaga IUCN pun belum memastikan ikan ini ada di red list.

Namun tidak ada salahnya untuk kita senantiasa menjaga dan melindungi ikan dengan baik, jangan disakiti atau dengan sengaja dibunuh ya. biarkan ia hidup dengan tenang di perairan yang ia senangi, bukan melestarikan tumbuhan dan hewan adalah perilaku terpuji?

Itu dia informasi yang dapat kami sampaikan, terimakasih sudah menyimak artikel ini hingga tuntas, kami harap informasi ini bisa bermanfaat untuk kamu. Terimakasih sudah menyimak!