Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal Ikan Napoleon Wrasse

Napoleon Wrasse

Ikan Napoleon Wrasse - Apakah kamu adalah seorang pecinta hewan air ikan? Kalau iya tentu sangat wajar. Bagaimana tidak, ikan selalu menjadi incaran banyak orang, kalau tidak untuk dipelihara ya tentu untuk dikonsumsi. Namun tentu tidak semua jenis ikan bisa dikonsumsi ya. beberapa diantaranya seperti cupang, dan beberapa ikan hias lainnya.

Namun ternyata ada juga loh ikan yang bisa keduanya, bisa dikonsumsi sekaligus bisa dijadikan sebuah obat. Penasaran ikan apa? Ia adalah ikan Napoleon Wrasse.

Ikan ini sangat menakjubkan, selain ikan ini multifungsi, ikan ini juga sangat ekonomis khususnya di negara kita tercinta indonesia. Ikan ini sebenarnya muncul untuk pertama kalinya pada tahun sekitar 1835-1834 dan diumumkan oleh Ruppel.

Walau di kebanyakan negara menyebut ikan ini dengan ikan Napoleon Wrasse, namun berbeda dengan negara yang masuk dalam bagian asia ini yaitu China dan Philipina. Mereka memanggilnya dengan sebutan yang berbeda yaitu So Mei untuk China dan Mameng untuk Philipina.

Tapi hal itu juga terjadi di negara indonesia ini, beberapa daerah di Indonesia ini menyebutnya dengan bermacam-macam nama, dan tentu berbeda-beda. Jika kamu mendatangi pulau pulau indah seperti Karimunjawa, Derawan dan juga Nunuk, yang kamu temukan pasti ikan Kemak, Bele, dan Tawau.

Ikan ini tidak seperti ikan lainnya yang punya rentan umur yang pendek, malah ikan ini bisa bertahan sampai dengan 30 tahun lamanya, bahkan lebih. Mencengangkan?

Makin penasaran kan untuk membahas ikan unik serba bisa ini? yuk simak ulasan lengkapnya dibawah ini!

Penggolongan Ilmiah Pada Ikan Napoleon Wrasse

Ikan Napoleon atau Cheilinus Undulatus ini masuk dalam Animalia Kingdom. Genus pada ikan ini Cheilinus dan salah satu Species dari C. Undulatus

Selain itu juga masuk dalam famili Labridae dalam Perciformes pada kelas Actinopterygii. Tentu sebelum kita mengenali hal lainnya, tidak ada salahnya kita mengetahui penggolongan ilmiah pada ikan ini kan.

Ciri-ciri Ikan Napoleon Wrasse

Tentu ikan ini mempunyai ciri yang cukup unik juga mudah dikenali. Karena tubuhnya yang besar-besar tentu akan semakin mudah untuk orang mengenalinya.

Ikan karang satu ini memiliki ciri khusus pada bagian tubuhnya, apa saja ya ciri ciri dari ikan ini? Simak ulasan lengkapnya dibawah ini ya 

  • Ikan ini punya bibir dengan ukuran yang cukup besar juga seperti badannya
  • Hampir sama dengan lohan ikan ini masuk dalam kategori ikan jenong, alias memiliki dahi yang menonjol. Lucu bukan?
  • Pada area atas mata ikan ia memiliki ukuran yang besar juga, dan akan bertambah jika umurnya ikan napoleon ini semakin tua
  • Memiliki bobot badan yang sangat besar bisa jadi besarnya hingga 200 kg. Besarnya bukan main kan?
  • Selain bobotnya besar, ikan ini juga panjang, 1,5 untuk ukuran panjangnya loh.
  • Napoleon punya gigi atas bawah yang benar-benar runcing pada  mulutnya. 
  • Warna ikan ini bisa kita bedakan dari rentan umurnya, jika ikan sudah dewasa ikan ini memiliki warna hijau tua.
  • Ikan yang memiliki rentan usia tua warnanya ialah biru dan cenderung hijau.

Asal Wilayah Ikan Napoleon Wrasse

Ikan ini berasal dari perairan dengan suhu tropis, ini dibuktikan dengan penelitian dari lembaga perikanan indonesia di tahun 2012, berarti sekitar 9 tahun silam.

Apa Saja Makanan Yang Bisa Dimakan Oleh Ikan?

Ikan ini masuk dalam kategori pemakan daging-dagingan atau karnivora. Ia sangat sigap mencari pakan pada siang hari. Ia juga sangat menyukai kerang, dan ikan jenis lainnya, bulu babi dan juga bintang laut bahkan kepiting pun ia suka. Dengan gigi yang runcing, ikan bisa hancurkan karang.

Ikan ini memiliki cara unik tersendiri dalam memangsa atau makan, tentu dengan menggunakan giginya yang cukup menyeramkan karena tajam. Ini dia cara ia makan

  • Pertama, Bongkar karang yang sudah mati
  • Kedua, dia akan menggali-gali karang sebab ingin menemukan siput-siput atau kerang

Hal itu dilakukan karena memang ikan ini adalah pecinta kerang, apalagi jika kerangkanya kerang triton. Bukan hal yang sulit untuk ikan ini ambil daging kerang dengan cara di hancurkan cangkang kerangnya.

Perenang sangat senang mendengar gerusan ikan saat makan. Menakjubkannya ikan ini senang memperuncing gigi dengan cara asah gigi di karang.

Bagaimana Habitat Dan Karakter Ikan Ini?

Ikan ini adalah salah satu ikan yang dijuluki ikan karang. Ini disebabkan oleh ikan ini sangat senang hidup di wilayah air yang terdapat banyak karang. Dan ia suka sekali berdiam di lereng terumbu karang.

Bukan hanya itu, ia juga senang jika pada wilayah tersebut terdapat akar bahar dan cambuk laut. Selain itu juga wilayah yang terdapat tumbuhan seperti algae.

Ikan ini memiliki karakter yang sangat lucu, ia adalah salah satu ikan yang amat sangat malu-malu alias pemalu. Ia akan sangat hati-hati ketika ia menemui beberapa makhluk hidup lainnya. Khususnya pada manusia.

Kesimpulan Ikan Napoleon Wrasse

Ikan ini masuk dalam kategori ikan yang harus kita jaga dan sangat amat lindungi sebab ikan ini adalah ikan yang hampir punah. Maka dari itu menjaga dan melestarikan ini adalah kewajiban kita semua.

Bahkan di catatan Cites, sejak 2004 silam, jumlah ikan unik nan pemalu ini terhitung mengalami penurunan populasi, apalagi sekarang 2021.

Ikan ini hampir punah dikarenakan beberapa sebab, beberapa diantaranya seperti banyaknya yang memburu ikan ini, sebab ikan ini memiliki harga yang cukup mahal jadi banyak sekali orang yang ingin menjual ikan ini.

Orang orang tidak bertanggung jawab yang memburu ikan ini pun melakukan perburuan dengan sangat jahat mereka gunakan sianida dimana zat tersebut sangat berpotensi tinggi dalam merusak karang dan lingkungan laut sekitarnya. Ini adalah tindakan jahat dan tidak terpuji. Jangan ditiru ya.

Maka dari itu kita sebagai manusia harus memiliki empati dan menumbuhkan rasa cinta terhadap lingkungan baik air maupun di daratan, apalagi terhadap hewan-hewan yang hampir mengalami kepunahan. Namun lebih baik, jangan menunggu hewan sampai hewan hampir punah baru kita menjaganya.

Itu dia beberapa informasi mengenai ikan Napoleon Warasse yang sangat menakjubkan. Walaupun kamu ingin memilikinya, agar ikan terjaga dan terawat dengan baik, alangkah baiknya kamu mengenal lebih dalam tentang ikan ini.

Terimakasih ya karena kamu sudah membaca artikel ini, kami harap artikel ini dapat memberikan manfaat yang luar biasa untuk kamu, khususnya kamu yang sedang penasaran terhadap ikan pemalu napoleon ini

Semoga dengan membaca artikel ini, wawasan dan pengetahuan kamu dapat bertambah banyak. Sampai berjumpa di pembahasan yang berikutnya!

ikanesia
ikanesia Salam kenal semuanya. Saya adalah penulis utama sekaligus pemilik dari ikanesia.id

Posting Komentar untuk "Mengenal Ikan Napoleon Wrasse"

close