Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Makanan Bibit Ikan Lele Agar Cepat Besar dan Sehat

Makanan Bibit Ikan Lele Agar Cepat Besar dan Sehat - Makanan bibit ikan lele merupakan faktor penting atas pertumbuhan ikan serta bisa menghasilkan panen dalam jumlah banyak. Hal tersebut dikarenakan, perawatan sudah seharusnya dilakukan sejak awal sampai masa panen. Selama proses tersebut semuanya wajib terkelola secara baik dan benar.

Pakan Bibit lele Terbaik

Beberapa Jenis Makanan Bibit Ikan Lele Agar Cepat Besar Dan Sehat

Bibit ikan lele sangat memerlukan jenis pakan yang berkualitas agar tetap hidup serta berkembang biak. Ada beberapa hal harus Anda perhatikan dalam mengelola makanan supaya dapat mempercepat pertumbuhan serta menyehatkan, salah satunya ada pemilihan jenis pakan. Berikut ulasannya.

1. Plankton Nabati

Jenis makanan bibit ikan lele adalah plankton nabati. Anda bisa menggunakan ganggang kersik atau Diatom sebagai bahan pakan. Kandungan didalamnya berupa protein, karbohidrat, lemak serta mineral dan vitamin. Dengan semua zat tersebut mampu membuat pertumbuhan menjadi lebih cepat.

Selain itu, Anda juga bisa memanfaatkan ganggang hijau memiliki bentuk bulat berupa telur dan mengandung klorofil. Spirulina serta Tetraselmis SP juga dapat menjadi pakan alternatif lainnya untuk bibit ikan lele. Kandungan di dalamnya yaitu lemak, protein, karbohidrat yang baik guna kesehatan lele.

2. Plankton Hewani

Tak hanya plankton nabati saja bisa Anda gunakan untuk makanan bibit ikan lele, tapi juga yang berasal dari hewani. Mulai dari Brachionus SP dengan kandungan berupa protein cukup tinggi yaitu sekitar 57%. Dengan begitu, cocok menjadi pilihan pakan guna mempercepat pertumbuhan dan menyehatkan.

Jenis lainnya adalah Infusoria SP yaitu protozoa berwarna putih seperti susu. Kemudian Anda juga dapat menggunakan kutu air serta cacing tubifex. Kandungan di dalamnya terdapat protein sekitar 57% hingga lemak berkisar 13,4%. Angka tersebut sangat bagus untuk kesehatan ikan lele.

3. Pakan Buatan

Makanan bibit ikan lele berikutnya yaitu pakan buatan atau sebutan lainnya adalah pelet. Namun, sangat disarankan untuk Anda memilih jenis apung guna memudahkan dalam mengontrol saat memberikan makan. Dengan begitu, bisa mengetahui jumlah dan tidak terjadi kelebihan pakan.

Selain itu, pemilihan pelet apung juga berguna untuk menjaga kondisi air kolam kolam agar tetap berkualitas. Pasalnya, apabila memakai jenis tenggelam Anda tidak dapat mengetahui sisa-sisa dari pelet tersebut. Karena ikan lele tidak akan memakannya lagi jika sudah merasa kenyang.

Baca Juga Rekomendasi Pakan Lele Agar Cepat Besar

4. Tumbuh-Tumbuhan

Jenis berikutnya yang bisa Anda gunakan sebagai makanan bibit ikan lele adalah tumbuh-tumbuhan seperti azolla ataupun kangkung. Tanaman berjenis paku air tersebut mengandung protein sekitar 23% sampai 35% sehingga mampu menyokong pertumbuhan ikan lele.

Sedangkan untuk tumbuhan kangkung bisa Anda lakukan sebuah penanaman dengan metode hidroponik serta menggunakan air kolam sebagai asupan nutrisinya. Selain itu, keuntungannya adalah dapat menekan biaya pengeluaran membeli pakan.

5. Dedak

Untuk makanan bibit ikan lele yang terakhir yaitu menggunakan bahan utama dari dedak. Pembuatan pakan ini bisa dikatakan cukup mudah serta bahan-bahannya pun gampang Anda temukan di pasar. Kandungan nutrisinya sangat bagus dalam mendukung pertumbuhan dan menyehatkan bibit ikan lele.

Selain itu, masih ada banyak kandungan lainnya yang terdapat di dalam dedak. Mulai dari protein berkisar 13% hingga energi sekitar 1640 sampai 1890 kkal per kilogramnya. Alhasil, jenis makanan ini bisa Anda jadikan pilihan alternatif guna mempercepat pertumbuhan dan menjaga kesehatan ikan lele.

Itulah tadi pembahasan ikanesia  mengenai beberapa makanan bibit ikan lele yang dapat membuat pertumbuhannya menjadi lebih cepat serta menyehatkan. Anda tinggal memilih saja nama jenis pakan yang bisa ditemukan dengan mudah.