Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal Ikan Arwana Jardini Yang Eksotis

Mengenal Ikan Arwana Jardini Yang Eksotis - Indonesia terkenal akan banyaknya pulau dan dikelilingi oleh lautan. Maka dari itu tak heran banyak sekali laut yang dimiliki oleh negara kita tercinta yaitu indonesia. Pesona yang indah dari laut eksotis Indonesia telah mendatangkan banyak sekali turis dari luar negeri, tak jarang bahkan yang datang dan langsung jatuh cinta dengan laut yang ada di indonesia.

Selain pesona nya yang begitu eksotis untuk dinikmati keindahannya, laut-laut di negara kita ini juga memiliki banyak sekali ikan-ikan yang terkenal. Salah satunya di perairan laut papua, yaitu ikan Arwana Jardini. Yup! Ikan ini hadir dari laut salah satu pulau kebanggaan indonesia yaitu papua.

Arwana Jardini

Ikan Jardini ini adalah ikan Arwana. Kebanyakan orang memanggil ikan ini dengan panggilan Arwana Jardini. Jika menemukan ikan Saratoga Northern dan Saratoga Gulf, itu adalah satu jenis ikan yang sama, yaitu ikan arwana dengan sebutan nama lainnya.

Rasanya akan sangat menarik jika kita membahas dan mengenal lebih dekat ikan spesial tanah papua ini. pasti kamu para pecinta ikan juga penasaran kan dengan keunggulan dan hal-hal lain mengenai ikan ini.

Top feeder adalah julukan yang tepat untuk Ikan Arwana ini, bahkan level top feedernya bukan main-main lagi loh, sudah di level  atas. Nah Arwana ini seringkali dan bahkan memang selalu menjadi sang predator level tinggi. Ikan Arwana Jardini selalu menyapu bersih sejumlah makanan-makanan yang ada di dasar sungai maupun di permukaan.

Nah jadi tak heran jika ikan Arwana Jardini ini selalu membuat air sangat bersih sebab ia memiliki kemampuan yang tidak dimiliki ikan lainnya yang hanya bisa menjamahi makanan di bawah-bawah saja, namun bisa hingga ke atas permukaan air , itulah kelebihan ikan Arwana Jardini dibanding dengan tipe ikan lainnya.

Langsung saja yuk kita kenalan dengan arwana ikan yang banyak sekali julukannya ini, apa saja keunggulan yang dimiliki ikan ini ya? apakah memiliki keunggulan yang mencengangkan? Untuk itu simak ulasan lengkapnya dibawah ini 

Mengenal Dasar Ilmiah Ikan Arwana Jardini

Tentu setiap ikan memiliki klasifikasi ilmiah, salah satunya ikan arwana ini. nah izinkan kamu memberikan informasinya kepada kamu.

Ikan yang memiliki nama latin Scleropages jardini  ini masuk dalam kingdom animalia, kemudian filum chordata dan juga kelasnya masuk kedalam kelas Actinopterygii. 

Lalu termasuk dalam gen Scleropages, dimana ikan dengan species ini diyakini mempunyai skill lompat yang keren dan ikan ini termasuk keluarga Osteoglossidae dan karnivora.

Ciri Ikan Arwana Jardini 

Tentu ikan ini punya ciri fisik yang khas dan mudah kok untuk dikenali. Ini dia beberapa ciri dari ikan Arwana Jardini :

  • Ukuran tubuh dari ikan ini bisa terbilang cukup panjang. Tidak ada ukuran pasti namun rata-rata ikan ini memiliki ukuran panjang 95 cm dengan bobot kurang lebih 18 kg
  • Warnanya tidak terang atau cenderung gelap
  • Memiliki sisik dengan ukuran cukup besar dan terdapat line pada sisiknya sebanyak tujuh line
  • Memiliki sirip yang sangat cantik karena ada sejumlah bintik yang diyakini mirip mutiara.

Baca juga: 11 Jenis Ikan Arwana Beserta Harganya

Habitat Ikan Arwana Jardini 

Di Awal kami sudah memberikan penjelasan mengenai dimana tempat tinggal atau habitat ikan ini berasal. Yups dari perairan papua. Namun sebenarnya ikan ini juga bisa kalian dapatkan di adelia rivers pada north queensland.

Apa makanan yang dimakan oleh arwana jardini?

Jika di rumahmu terdapat jangkrik, katak, atau ulat berikan saja kepada ikan arwana ini, dijamin ia menyukainya. Selain itu ikan ini biasa makan ikan-ikan yang berukuran kecil dan bahkan ulet pun bisa ia makan.

Hakikatnya tidak ada perbedaan dengan arwana pada umumnya yang signifikan dari ikan ini jika dilihat dari makanannya

Nah tetapi jika kamu ingin ikan arwana mu memiliki bobot tubuh dengan gizi yang cukup kamu bisa memberikan sejumlah variasi dalam makanan contohnya udang, pelet dan lain lain. Jika diberikan makanan yang bergizi tentu ikan akan sangat sehat dan lincah bukan?

Karakter Ikan Arwana Jardini

Ikan ini salah satu ikan yang senang tinggal di air yang tidak memiliki arus yang kencang seperti sungai, suka berdiam di area yang sedikit gelap.

Selain di sungai juga ikan ini tak jarang ditemukan di rawa-rawa. Ikan ini sangat cocok untuk kamu pelihara di dalam rumah, namun kamu tetap harus ingat habitat asli dan tempat yang disukai ikan ini.

jadi kamu harus membuat tempat hidupnya hampir sama dengan habitat aslinya, dimulai dari air dan keluasan tempatnya.saran kami tidak usah diberikan hiasan berlebihan yang dapat mengganggu kelangsungan hidup ikan, apalagi jika kamu menaruh beberapa benda yang bisa menyakiti ikannya.

Seperti yang sudah dijelaskan ikan ini senang sekali ada di permukaan atas pada air. Ikan ini sangat bisa menghibur kamu ketika penat, ikan sangat lucu karena keaktifannya.

Saking  aktifnya ikan ini, ikan ini masuk dalam kategori ikan agresif yang juga temperamen, maka jika kamu berpikir menyatukan ikan ini dengan ikan lain dalam satu tempat, kamu perlu waspada. Apalagi jika kamu berpikir ingin menempatkan ikan dengan ikan yang ukurannya lebih kecil. Wah bisa habis dimakan oleh arwana nih.

Baca juga: Ternyata Umur Ikan Arwana Bisa Capai Puluhan Tahun

Ikan ini bisa dikatakan ikan yang cukup langka. Walau memang jumlah populasinya tidak tertera dengan jelas di wikipedia. Dan dari bagian lembaga Iucn tidak memiliki note tentang itu karena konon belum ada tindakan evaluasi pada ikan ini

Itu dia informasi yang bisa kami bagikan mengenai ikan arwana jardini yang berasal dari perairan papua yang berarti juga berasal dari negara kita tercinta indonesia. Rasanya senang sekali bisa berbagi informasi kepada kalian semua. Khususnya kepada kalian yang senang sekali dengan dunia perikanan yang bahkan berminat memelihara ikannya.

Ikan ini sangat cocok jika kamu ingin pelihara, karena bagian tubuhnya yang cantik dan juga sifatnya yang atraktif tentu akan sangat menyenangkan bukan untuk dipelihara? Apalagi mengingat ikan ini merupakan ikan yang tidak banyak pantangan dalam hal makanannya.

Namun, Jangan lupa perhatikan dasar-dasar daripada ikan ini, kenali ikan ini dengan benar-benar mendalam. Kenapa? agar kamu bisa memahaminya juga  sigap dan baik dalam merawat ikan ini arowana yang berasal dari perairan papua ini.

Jangan lupakan hal hal mendasar seperti dimulai dari pada makanan makanan dan tempat tinggal yang Ikan Arwana Jardini benar benar sukai. Semoga informasi mengenai ikan arwana jardini ini bisa sangat amat membantu dan bermanfaat ya untuk kamu,

Baca Juga : Ingin Beli Arwana Jardini Platinum ? Cek Harganya Di sini

Terimakasih juga karena sudah membaca artikel ini, sampai berjumpa lagi pada pembahasan yang lainnya.

arwana jardini batik
arwana jardini batik gold
arwana jardini di alam liar
cara merawat ikan arwana jardini anakan
apakah arwana jardini dilindungi
anak arwana jardini
cara memilih ikan arwana jardini anakan
arwana jardini batik dewasa
arwana jardini batik gold dewasa
arwana jardini black
harga arwana jardini 25 cm
harga arwana jardini 10 cm
harga arwana jardini 40 cm
pakan arwana jardini 10 cm
ciri arwana jardini
karakter arwana jardini
cara merawat arwana jardini
pertumbuhan arwana jardini
perbedaan arwana jardini dan irian
panjang maksimal arwana jardini
arwana jardini galak
arwana jardini galak
arwana jardini yang bagus

Posting Komentar untuk "Mengenal Ikan Arwana Jardini Yang Eksotis"

close