Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal Jenis-Jenis Ikan Salmon Serta Manfaatnya

Jenis-Jenis Ikan Salmon

Ikanesia.id - Mungkin sebagian diantara kamu ada yang sudah mengenal jenis ikan laut yang terkenal sebagai hidangan yang selalu ada di restaurant sushi ini. namun banyak juga pasti orang khususnya di negara indonesia kita tercinta ini yang belum mengenal jenis ikan ini. kalau di amerika, jepang dan eropa ikan laut ini merupakan ikan yang digemari bahkan makanan sehari-sehari penduduknya.

Tentunya sama dengan ikan-ikan laut yang lain, ikan salmon yang lezat ini memiliki banyak jenisnya. Untuk ikan salmon yang terhitung sampai saat ini, iklan salmon dikenal memiliki 8 jenis, lho. Ada king salmon, salmon  coho, ikan salmon cutthroat, salmon chum, salmon pink dan yang terakhir adalah ikan salmon steelhead, kedelapan jenis ikan salmon ini ternyata berasa dari jepang hingga laut pasifik.

Di new england dan scandinavia di perairan laut atlantik ini juga terdapat ikan salmon namanya adalah sesuai dengan nama lautannya ikan salmon atlantik. Informasi untuk kamu, ikan laut atlantik ini merupakan ikan laut salmon yang dijual dengan terbatas loh. berbeda dengan jenis salmon dari jepang dan pasifik, penjualan ikannya benar-benar melimpah.

Jenis Ikan Salmon


8 Jenis Ikan Salmon 

Banyak sekali restaurant khususnya restaurant jepang yang menyediakan hidangan ikan salmon yang dikenal dengan sashimi. Ikan salmon merupakan salah satu dari banyak ikan laut yang banyak digemari karena dagingnya yang begitu lezat.

Jika dilihat dari fisik dalam alias daging, ikan ini benar benar memiliki daging yang begitu cantik, membuat banyak sekali orang tergoda ingin mencicipinya. Daging daripada ikan salmon ini biasanya berwarna oren juga bisa pink atau merah muda.

Nah jika kamu adalah penikmat dan pencinta dari ikan salmon, tentu kamu wajib untuk mengenal lebih dekat jenis ikan laut salmon kegemaran banyak orang ini. kira-kira kamu suka ikan salmon jenis yang mana?

1. Salmon Atlantik  

Salmon Atlantik
Salmon atlantik merupakan salmon yang terdapat atau bisa kita jumpai hanya di lautan atlantik. Sudah kami jelaskan diatas bahwa jenis ikan salmon ini memang benar benar terbatas untuk dijual. Ukuran umum dari ikan salmon ini sebesar 28-30 inci atau 2 sampai 10 kg. 

Salmon atlantik juga memiliki nama lain yaitu salmon salar memang selalu dan hanya bisa didapatkan di lautan atlantik. Namun konon juga kadang-kadang nyasar loh di perairan washington.

Baca juga: Harga Ikan Salmon Untuk Konsumsi Terbaru 2021

2. King Salmon

King Salmon

Raja salmon atau salmon king ini merupakan jenis ikan salmon yang memiliki ukuran paling besar di lautan pasifik. Ukurannya bisa mencapai 9 hingga 28 kg dan malahan bisa saja lebih daripada itu loh. untuk ukuran rata-ratanya bisa mencapai 10 atau 15 kg atau juga bisa diatas 135 kg.

3. Salmon Coho

Salmon Coho

Nah selanjutnya nih ada Coho. Coho merupakan salah satu ikan yang dikenal dengan sport fish yang berkembang di Puget Sound. Ikan ini biasanya ada di aliran pantai juga terdapat di aliran sungai. 

Yang lebih menariknya, tidak seperti ikan salon pada pembahasan sebelumnya yang hanya terdapat di laut ikan in juga sering sekali ditemukan di sungai kecil. Dan juga terdapat di perairan yang dekat dengan lingkungan masyarakat.

Salmon lezat coho ini rata2 berukuran 2,5 atau bisa sampai 5,5 kg

4. Salmon Chum 

Salmon Chum

Salmon chum atau biasa juga disebut dengan dog salmon dan calico ini memiliki rata-rata ukurat sekitar 3,5 sampai dengan 7 kg. Dan untuk ciri fisiknya memang agak berbeda dengan salmo yang lainnya.

Dimana salmon ini memiliki gigi yang berbentuk taring menyerupai anjing maka dari itu salmon ini diberikan julukan dogfish dan lebih uniknya lagi terdapat warna keunguan pada kulit ikan salmon ini, keinginannya kebanyakan orang mirip dengan sebuah lebam.

5. Salmon Cutthroat Trout 

Salmon Cutthroat Trout

Salmon cutthroat. Salon berukuran sekitar 1 sampai dengan 4 kilogram ini memiliki nama lain juga loh, sama seperti jenis ikan salmon yang kami bahas sebelumnya.

Jadi ikan salmon cutthroat ini biasa disebut juga dengan nama sea run cutthroat atau bisa juga harvest trout.

Ikan salmon ini juga memiliki ukuran yang bisa mencapai 6 kilogram loh.

6. Pink Salmon 

Pink Salmon

Pink salmon, sesuai dengan namanya pink salmon ini merupakan jenis salmon yang memiliki warna berwarna merah muda atau pink. Jangan salah paham ya, yang berwarna pink bukan kulitnya melainkan warna dagingnya.

Ikan ini cukup gampang dikenali. Karena memiliki ciri yang cukup berbeda dengan ciri ikan salmon yang lainnya. Salmon ini memiliki punuk besar pada oleh sebab itu salmon ini akan terlihat bungkuk dan inilah asal usul kenapa salmon ini diberi nama humpback salmon juga. 

Salmon Ini bisa dibilang merupakan salmon dengan ukuran ikan salmon terkecil di lautan Pasifik. Untuk ukurannya bisa mencapai 1,5 hingga 2,5 kg saja.

7. Salmon Sockeye 

Salmon Sockeye

Salah satu jenis salmon yang memiliki sebutan yang sangat amat banyak adalah salmon sockeye. Salmon ini memiliki nama lain seperti salmon merah atau red salmon, salmon kokanee atau silver trout salmon dan yang terakhir adalah blueback salmon.

Salmon ini memiliki ukuran yang besar dibanding dengan pink salmon karena ukurannya bisa mencapai 5 hingga 8 kilo dan bisa juga mencapai 15 kg, lumayan besar bukan?

Sockeye salmon atau salmon red ini merupakan salah satu salmon terlezat loh dan paling gurih. Salmon ini ada bukan di lautan seperti salmon lainnya melainkan di danau- 

danau, seperti di danau washington, danau ozette, dana wenatchee, danau quinault dan yang terakhir di danai baker.

Lain dengan pink salmon, salmon ini memiliki warna merah tua pada bagian kulitnya. 

8. Salmon Steelhead 

Salmon Steelhead

Ikan salmon yang terkenal juga dengan nama salmon trout dan salmon rainbow ini memiliki berat 1,5 kg sampai 5 kg

Salmon ini juga ternyata memiliki dua tempat tinggal, biasanya untuk salmon jenis ini yang berada di air tawar disebut rainbow salmon sedangkan yang di laut biasa disebut steelhead. Namun mereka merupakan satu jenis ikan salmon yang sama ya.

Baca juga: 37 Jenis Ikan Gabus Hias atau Channa Lengkap Beserta Gambarnya

Apa Saja Kandungan Dari Ikan Salmon?

Dari kedelapan jenis salmon yang dibahas tentunya salmon ini memiliki kandungan protein dan gizi yang sangat tinggi. Hal itu juga merupakan alasan mengapa ikan ini sangat digemari bahkan selalu dijadikan bahan utama makanan bayi. 

Jadi ikan salmon ini memiliki kandungan asam lemak omega 3 loh yang dapat membuat jantung kamu selalu sehat.  Tentu dari kedelapan jenis salmon ini memiliki kandungan 

lemak juga kandungan omega 3 yang berbeda. 

Salmon merupakan ikan yang memiliki kandungan baik yang banyak sekali, kalsium protein dan segalanya ada di ikan salmon ini. tentu selain lezat bisa membuat kamu sehat.

Terimakasih sudah menyimak artikel ini. semoga bisa bermanfaat ya!