Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pakan Ikan Nila Untuk Budidaya Agar Cepat Panen

Ikanesia.id - Budidaya ikan nila ini merupakan salah satu bentuk budidaya yang mempunyai prospek sangat bagus di Indonesia. Hal itu disebabkan oleh banyaknya manfaat yang bisa diperoleh daripada ikan ini. Selain itu juga besarnya dari permintaan pasar ikan nila tidak pernah ada habisnya. 

Hal ini tentu membuat banyaknya orang terjun pada budidaya ikan nila. Salah satu dari kunci untuk sukses budidaya dari ikan nila ini ialah pemilihan dari pakan ikan nila yang tentunya harus berkualitas.

Pakan Ikan Nila

Namun pada praktiknya, budidaya dari ikan nila merah ini tidak semudah yang kita kira. Tetap aja harus menggunakan sejumlah strategi, kemudian juga perawatannya yang tentu harus baik dan tidak sembarangan. Salah satu dari kendala yang dialami pada budidaya ikan nila ialah mengenai harga pakan. 

Harga pakan dari ikan nila ini terbilang mahal membuat sejumlah pembudidaya harus ekstra memikirkan alternatif  pakan yang lain.

Oleh karena itu dalam artikel ini kami ingin membagikan informasi mengenai pakan ikan nila untuk budidaya agar cepat panen. Untuk ulasan selengkapnya selengkapnya bisa kamu baca dibawah ini. 

Namun sebelum membahas pakan ikan nilai untuk budidaya, alangkah baik kita mengetahui terlebih dahulu sekilas tentang habitat ikan nila.

Habitat Ikan Nila 

Lingkungan hidup daripada ikan nila ini selain di kolam budidaya juga ada loh di alam liar. Biasanya nila kerap ditemukan hidup didalam perairan air tawar contohnya  waduk, danau, situ, rawa,  dan tempat yang lainnya. 

Meskipun dikenal dengan ikan yang biasa hidup dalam air tawar, tetapi seiring dari kemampuan dari adaptasinya ikan ini ternyata ada juga yang bisa hidup dalam perairan air payau

Tempat tinggal atau asal dari ikan nila yang sesungguhnya biasanya mempunyai suhu diantara 14 derajat celsius hingga 38 derajat celsius. 

Dengan kondisi daripada suhu seperti ini tentu ikan nila bisa menjalani hidup dengan normal juga bisa berkembang biak sangat baik. Selain suhu itu ikan nila ini juga masih bisa hidup dalam suhu optimal yakni sekitar 25 derajat celsius hingga 30 derajat celsius.

Baca juga: 3 Tips Mudah Agar Ikan Nila Cepat Bertelur

Pakan Ikan Nila Alami

1. Ampas Kelapa

Pakan alami yang pertama ialah ampas kelapa. Mungkin masih banyak dari kamu yang belum tahu jika ikan nila ini ternyata mau loh memakan ampas kelapa. 

Ampas kelapa ini juga bisa membantu pertumbuhan daripada ikan nila kemudian bisa menjadi sumber dari nutrisi. Tetapi dalam pemberian pakan nila ini tidak bisa diberikan secara langsung dengan bentuk ampas kelapa tetapi harus melewati berbagai proses fermentasi dahulu.

2. Limbah Sayuran

Ikan nila ini juga dikenal juga benar-benar suka sayur-sayuran. Oleh sebab itu limbah dari sayuran ini bisa menjadi  sebuah pakan alami ikan nila. 

Untuk porsi pemberian dari pakan dengan memakai limbah sayuran kamu hanya perlu 20% saja dari keseluruhan pakan ikan ya. Selain alami, memberi sebuah makan ikan menggunakan limbah sayuran ini bisa mengurangi sedikitnya pengeluaran biaya pakan.

3. Azolla

Pakan alami selanjutnya adalah azolla. Azolla ini adalah sejenis tumbuhan paku. Tumbuhan ini memang dikenal mempunyai gizi yang tinggi sehingga baik untuk pertumbuhan ikan nila. 

Dalam azolla ini juga mengandung banyak protein kurang lebih sebesar 30% dan ini cukup bagus untuk dijadikan pakan ikan. Selain memberikan ikan pakan berupa azolla juga bisa meringankan biaya daripada pakan ikan nila, hemat bukan.

Pakan Ikan Nila Agar Cepat Besar

1. Daun Talas

Pakan pertama yang bisa membuat nila cepat besar ialah daun talas. Ikan nila adalah ikan yang habitat aslinya sangat sering mengkonsumsi banyak dedaunan juga sayuran air. 

Oleh sebab itu sejumlah sayuran ini merupakan pakan yang bagus untuk perkembangan ikan nila. Dengan memberikan ikan pakan daun talas ini bisa jadi siasat dalam mengakali harga dari pakan ikan nila karena pakan ikan nila lumayan mahal.

2. Kangkung

Pakan selanjutnya yang membuat ikan nila ini cepat besar yang akan kami rekomendasikan ialah menggunakan sayur kangkung. Seperti yang sudah disebutkan tadi, sayur merupakan pakan kesukaan ikan nila dan pakan alami daripada ikan nila di habitat aslinya. 

Sehingga memberikan sayur kangkung adalah langkah yang tepat. Pada dasarnya para peternak ikan nila ini biasanya membeli sayur kangkung mandiri alias sendiri atau pun juga menumbuhkan tumbuhan sayur kangkung sendiri di kolam.

Baca Juga : 3 Tips Mudah Agar Ikan Nila Cepat Bertelur

3. Dedak

Nah, untuk makanan daripada ikan nila supaya cepat besar yang satu ini benar-benar baik buat ikan nila kecil. Ini sebabnya ukuran dari dedak yang berukuran kecil ini sesuai dengan ukuran dari mulut ikan nila. 

Dedak tentu memiliki banyak sekali dipilih untuk menjadi makanan dari ikan nila alternatif sebab banyak sekali mengandung karbohidrat baik untuk pertumbuhan daripada ikan nila. 

Selain itu, tentu harga dari jenis pakan ikan nila kecil ini juga mempunyai harga yang relatif murah juga mudah didapatkan.

Bahan Untuk Pakan Ikan Nila Organik

1. Kotoran Hewan Ternak

Kotoran ternak ini mungkin dianggap sebuah benda yang cukup menjijikan, tetapi jika di tangan orang  tepat maka kotoran sapi ini bisa menjadi hal yang mempunyai manfaat. 

Salah satunya ialah sebagai pakan ikan. Tetapi sebagai pakan disini tentu bukan berarti ya kotoran langsung diberikan pada ikan, namun kotoran ini tetap harus melewati proses dari pengomposan sampai menumbuhkan mikro organisme sebagai pakan ikan.

2. Ampas Tahu

Bahan berikutnya yang dapat digunakan ialah ampas tahu. Ampas tahu ini diketahui mempunyai protein  juga lemak yang cukup tinggi. 

Secara detail kandungan dari ampas tahu ialah 8,66% protein lalu 3,79% lemak, kemudian sisanya ialah air dan  abu. Tentu hal ini sangat bagus untuk jadi pakan ikan nila. Tetapi kelemahan daripada bahan ini ialah tidak tahan lama.

3. Dedak

Pakan dedak adalah pakan hewan ternak dan tidak asing lagi. Dedak ini sendiri merupakan sebuah  hasil limbah daripada pengolahan gabah. 

Dalam kandungan nutrisi dedak ini mengandung sejumlah protein kasar sebesar 13,5% dan juga lemak kasar sebesar 0,6%, dan yang terakhir serat kasar 13,6%, juga sisanya ini merupakan bahan kering. Hal ini membuat dedak menjadi sangat cocok dibuat sebagai pakan ikan ya tentu termasuk pakan ikan nila.

4. Tepung Ikan

Bahan yang dapat digunakan menjadi pakan organik yang berikutnya ialah tepung ikan. Tepung ikan adalah bagian daripada ikan yang dikeringkan lalu dihaluskan. 

Pada umumnya tepung dari ikan ini dipergunakan menjadi campuran tambahan dalam pakan ternak. Hal itu termasuk juga dapat digunakan untuk campuran tambahan daripada pakan ternak.

5. Probiotik

Seperti yang sudah disebutkan diatas tadi, ikan nila juga tentunya memakan sebuah mikro organisme hidup didalam air dalam bertahan hidup. 

Mikro organisme ini biasa disebut dengan sebutan probiotik. Probiotik ini bisa menjadi sumber nutrisi baik untuk ikan sehingga ikan bisa tumbuh dengan kuat, sehat juga besar. 

Baca juga: 5 Jenis Pakan Ikan Nila yang Mudah Didapat dari Lingkungan Sekitar

Itu dia informasi yang bisa kami bagikan, semoga bermanfaat ya!

Artikel Yang Mungkin Kalian Suka :