Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apakah Ikan Parrot Galak ? Simak Faktanya

Ikanesia.id - Tahukah kamu, ikan Parrot merupakan jenis ikan yang sangat-sangat unik. Itu karena ikan tersebut memiliki bentuk mulut yang hampir sama seperti burung Parrot. Sebab itulah, namanya pun sama, bukan? Tidak hanya itu saja, masih banyak lagi keunikan dari ikan ini. Simak selengkapnya berikut ini.

Ikan Parrot

Asal Mula Ikan Parrot

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, ikan cantik ini mempunyai beragam keunikan. Salah satunya dari asalnya sendiri karena ikan ini merupakan hasil persilangan atau dari campur tangan manusia. 

Mulanya, ikan ini pertama kali dikembangkan di Taiwan sekitar tahun 1986 lalu. Mempunyai nama lain yakni “Red Parrot” yang merupakan ikan Hybrid atau ikan yang memiliki campur tangan manusia. Setidaknya, ada dua versi dari ikan ini. Pertama dari hasil persilangan ikan “redhead cichlid” dengan ikan “midas cichlid”. Sedangkan untuk versi kedua adalah hasil perkawinan silang dari ikan Red Devil dengan ikan Severum.

Mulanya, warna ikan berupa merah menawan. Tapi seiring dengan perkembangan yang ada, ikan tersebut pun punya varian warna baru seperti kuning, ungu, hijau dan juga biru. Variasi itu diperoleh dari penyuntikan warna, dari ikan yang direndam dalam wadah yang berisi air yang sudah mengandung warna tertentu. Namun, cara tersebut tidak bisa menghasilkan warna lebih lama. Hanya mampu bertahan maksimal sampai umur 10 bulan saja.

Baca Juga : Mengenal Ikan Lungfish, Ikan Yang Ada di Surat Al Kahfi

Di samping itu, metode pewarnaan tersebut dapat berdampak buruk terhadap umur ikan, yang tidak bisa bertahan lebih lama. Malahan ada juga yang mengembangkan ikan hias dengan memotong bagian sirip ikan agar penampilannya terlihat unik. Jelas saja metode ini sangat-sangat tidak manusiawi ya.

Dari hasil perkawinan silang tersebut menghasilkan ikan air tawar yang bisa bertahan hidup sampai 15 tahun lamanya. Tentunya kalau kita bisa memeliharanya dengan baik, bukan tak mungkin ikan hias ini bisa bertahan hingga belasan tahun. Kalau kamu ingin memelihara dalam jumlah banyak, kamu pun bisa memasukkannya dalam satu akuarium yang sama.

Mengenal Ciri Fisik Dari Parrot

ciri ciri ikan parrot

  • Meski masih satu saudara dengan ikan Louhan, tapi sifatnya beda jauh lho. Ikan ini sifatnya sangat ramah, sementara saudaranya itu termasuk ikan yang temperamental. Tidak hanya itu saja, ada juga ciri-ciri fisik lainnya yang lebih spesifik, seperti:
  • Sifatnya sangat pemalu, bahkan ia lebih suka bersembunyi di balik hiasan atau dekorasi akuarium.
  • Pas makan, ikan ini tidak bisa rapi. Jadi kamu harus lebih rajin membersihkan akuarium apabila ada sisa makanan yang tertinggal di sana.
  • Ketika dewasa, ikan ini bisa tumbuh hingga 20 cm panjangnya. Tentunya dengan bentuk body yang bulat, sirip dan matanya yang besar.
  • Mempunyai warna-warna yang cerah, mulai dari merah, kuning, biru, ungu dan juga hijau. Warna tersebut ada solid, ada pula yang pecah karena ada bintik-bintik lainnya.

Dari ciri fisik tersebut, tampak jelas keindahan dan keunikan dari ikan hybrid ini, bukan? Sekalipun hasil dari campur tangan manusia, tak membuat ikan ini kalah populer dengan ikan hias yang lainnya. Apalagi soal warnanya yang sangat jarang ditemui pada ikan lain, seperti warna ungu, hijau dan biru. Sementara, warna merah yang dimiliki sangat cerah menawan.

Baca Juga : 13 Jenis Ikan Hias Aquarium Paling Populer

Lalu, Apakah Parrot Ini Galak?

Lalu, Apakah Parrot Ini Galak?

Sering kali warna merah diidentikkan dengan kesan galak. Termasuk untuk ikan hias yang menyerupai paruh burung kakaktua ini. Tenang aja, Parrot bukanlah ikan yang galak. Justru ikan ini sangat ramah dan tidak temperamental. Ia bahkan bisa bersikap interaktif dengan sang pemiliknya lho.

Jelas ya, kalau Parrot bukanlah ikan yang ganas ataupun galak hanya beberapa saja ikan parrot yang bersifat jail. Ikan lucu yang menggemaskan ini pun bisa hidup berdampingan dengan ikan lainnya kok. Mengingat sifatnya yang sangat ramah dan sama sekali tidak temperamen, baik itu ikan yang jantan maupun betina.

Bagaimana Cara Membedakan Parrot Jantan Dan Betina?

Membedakan Parrot Jantan Dan Betina

Sama seperti ikan lainnya, Parrot ada yang jantan ada pula yang betina. Hanya saja, untuk membedakannya cukup sulit. Tapi tenang saja, kamu masih mengenalinya dari beberapa ciri-ciri berikut:

  • Ciri pertama bisa kamu cek pada bagian kepala dan punggung. Di mana Parrot jantan terlihat seperti ada punuknya. Kalau diperhatikan lagi, ada garis yang sangat jelas di antara punggung dan kepalanya. Sementara, Parrot betina memiliki bentuk tubuh yang lebih lurus dari jantan dan bagian kepala juga punggungnya tidak begitu berlekuk atau datar-datar saja. Malah tidak nampak garis yang ada antara punggung dan kepalanya.
  • Coba amati sewaktu “breeding tube” yang akan muncul ketika ikan akan kawin. Jadi kalau dalam kondisi biasa, organ ini tidak muncul ya. Biasanya, breeding tube bentuknya seperti selang kecil yang muncul dari kelamin ikan. Kemudian akan hilang setelah proses pembuahan. Di mana ukuran breeding tube ikan betina lebih besar dibandingkan ukuran dari Parrot jantan. Adapun fungsi dari breeding tube milik ikan betina untuk menempelkan telur-telur miliknya di permukaan suatu benda.
  • Pada saat memijah. Parrot jantan warna akan lebih cerah dan di bagian tenggorokannya terlihat berwarna merah muda. Sewaktu memijah itu pula, Parrot jantan akan menggali sarang di pasir maupun kerikil dan sang betina akan berkeliling di sekitar sarang tersebut. Begitu telur diletakkan di sarang itu, maka ikan jantan akan menjaganya di luar sarang.

Kalau kamu kesulitan untuk mengetahui perbedaan Parrot yang jantan dan betina, kamu bisa menanyakan langsung sewaktu membeli. Biasanya, para penjual lebih paham akan ikan-ikan tersebut. Kira-kira, Parrot manakah yang ingin kamu beli? Sepasang ataukah hanya salah satunya saja?

Dimana Bisa Beli Ikan Hias Parrot Ini?

Di Indonesia sendiri, keberadaan ikan hias Parrot ini sangat banyak. Mudah ditemui bahkan dijual di Online dan offline. Artinya, kamu bisa membeli secara langsung maupun lewat internet. Kalau kamu membeli di toko offline, kamu bisa memilih ikan hias tersebut secara langsung. Bahkan membawanya pulang sendiri. Tapi, kalau lewat Online, biasanya kamu bisa melihat lewat gambar maupun video. Kemudian ikan tersebut akan dikirimkan lewat jasa pengiriman. Masing-masing punya kelebihannya sendiri ya.

7 Fakta Unik Dari Parrot Fish, Ikan Hybrid Yang Hits

Bukan hanya keunikan dari ciri fisiknya saja yang membuat ikan ini disukai oleh banyak orang, tapi juga beberapa fakta menarik yang dimilikinya. Kira-kira, apa saja ya? Simak berikut:

Baca Juga : Mengenal Ikan Kaos Kaki

1. Tidak Bisa Menutup Mulutnya

Aneh ya, tapi unik dan nyata adanya. Bukan hanya bentuk tubuhnya yang unik tapi juga bentuk mulutnya. Jika diperhatikan lebih dekat, mulut si ikan memang benar-benar tidak bisa tertutup. Mulutnya yang selalu terbuka, seolah membentuk seperti huruf V. Karena bentuk mulutnya yang unik itu, sering kali membuatnya kesulitan untuk makan. Bahkan tak jarang si ikan mencoba melompat-lompat untuk menangkap pakan dan melahapnya.

2. Ikan Hasil Persilangan Dari Peternak

Sudah disinggung sebelumnya, kalau Parrot bukanlah ikan alami dari alam, melainkan hasil rekayasa peternak. Dinamai dengan sebutan tersebut karena tampilan ini seperti paruh burung kakaktua atau Nuri.

3. Umumnya Parrot Jantan Itu Mandul

Jangan kaget ya, tapi kebanyakan Parrot jantan mandul jadi tidak bisa menghasilkan keturunan. Ini karena hasil persilangan yang membuat sperma yang dihasilkan tidak sempurna. Sehingga tidak bisa membuahi telur. Menyikapi kondisi ini, para peternak memberikan hormon perangsang agar Parrot jantan bisa membuahi telur dan memiliki keturunan.

4. Warna Beragam

Tidak hanya merah, kuning dan hijau seperti lampu merah di jalan, warna ikan hias ini lebih beragam lagi. Ada warna biru dan juga ungu. Warna tersebut bahkan sangat-sangat ditemui pada ikan hias lainnya. Warna-warni itu pun tak lain karena hasil aktivitas para peternak yang melakukan seleksi dan kawin silang. Sampai akhirnya bisa mendapatkan warna-warna yang lain.

5. Mudah Dipelihara, Tapi Tidak Mudah Mati

Sebagai ikan hias, Parrot bukanlah ikan yang rewel. Ikan ini sangat mudah dipelihara. Tidak mudah mati, asalkan kebersihan air kolam tempatnya tinggal betul-betul terjaga. Bahkan soal pakannya pun bisa diberi pakan seperti pelet, cacing maupun ikan kecil lainnya.

6. Tidak Suka Mengganggu Ikan-Ikan Yang Lain

Sekalipun dipelihara bersamaan dengan ikan lain yang ukurannya hampir sama, Parrot tidak suka mengganggu. Ia bahkan sangat ramah dan mungkin lebih pemalu dari ikan-ikan yang lainnya.

7. Siripnya Dipotong Agar Lebih Menarik

Betul sekali, sirip ikan ini dipotong agar bentuknya lebih unik. Menyedihkan sekali, bukan? Hal ini pun turut ditujukan agar ikan tersebut mempunyai nilai jual yang lebih.

Berapa Kisaran Harga Parrot Di Pasaran?

Berbicara soal harga, kira-kira, berapa ya harga Parrot di pasaran? Buat kamu yang ingin memelihara ikan hias ini, cukup mengeluarkan dana sekitar 90-120 ribu rupiah. Tergantung dengan ukuran dan juga warnanya ya. Bisa dibilang, harga tersebut sangat terjangkau. Mengingat ikan ini cukup mudah ditemukan di Indonesia.

Baca Juga : Rekomendasi Toko Ikan Hias Di Jogja 

Cara Merawat Parrot

Buat kamu yang tertarik untuk memelihara Parrot di rumah, tentunya kamu juga harus paham betul bagaimana perawatannya. Pastinya tidak sulit kok. Berikut selengkapnya:

• Akuarium Yang Nyaman

Tidak harus menggunakan wadah yang besar, yang penting nyaman untuk si ikan. Sebab Parrot ini ikannya sangat aktif dan suka bergerak kian kemari. Jadi, sesuaikan juga dengan banyaknya ikan dengan ukuran akuarium ya. Semakin banyak ikan yang mau dipelihara, maka sebisa mungkin persiapkan wadah yang semakin luas agar ikan tersebut bisa berenang dengan leluasa.

• Perhatikan Airnya

Karena ikan ini hidupnya di air tawar, kamu mesti cek kembali seperti apa jenis air yang ada di rumahmu ya. Jangan sampai air tersebut mengandung klorin atau bahan lain yang membahayakan ikan ya. Kalau memang air di rumahmu itu bukan air tanah, kamu bisa menggunakan air galon. Jadi, tidak bisa sembarang memilih air untuk ikan itu ya.

• Perhatikan Kebersihan Akuarium

Gunakan filter untuk menjaga kebersihan air di dalam akuarium ya. Dengan adanya filter ini, kotoran dan sisa pakan bisa tersaring dengan baik. Jangan lupa untuk bersihkan akuarium itu kalau airnya sudah mulai keruh ya. Setidaknya, 2 minggu sekali akuarium beserta ornamen di dalamnya turut dibersihkan. Tidak perlu menguras semua air di kolam juga kok, ¼ dari keseluruhannya saja sudah cukup.

• Tambahkan Dekorasi Akuarium

Tak ada salahnya untuk menyediakan dekorasi di dalam akuarium. Selain untuk mempercantik wadahnya, hiasan tersebut bisa menjadi tempat bersembunyi bagi si ikan. Pilih ornamen-ornamen yang tidak mudah ya. Seperti dekorasi dari kayu, bebatuan dan lainnya.

• Pemberian Pakan

Pakan untuk Parrot sangat gampang. Kamu bisa memberikan pelet atau pakan ikan sesuai dengan ukurannya. Boleh juga cacing maupun ikan kecil-kecil. Baik itu pakan alami maupun buatan, bisa diberikan dua kali saja dalam sehari. Misalnya saja pagi dan sore.

Teman Untuk Parrot Dalam Satu Akuarium

Apakah kamu menyukai beberapa jenis ikan dalam satu akuarium yang sama. Misalkan saja salah satunya ada Parrot. Kira-kira, ikan apa yang cocok untuk dijadikan dalam satu kolam dengan ikan hias ini ya? Salah pilih bisa-bisa membahayakan satu sama lain lho.

Sebetulnya memang cukup sulit untuk menemukan ikan lain yang cocok dengan Parrot. Mengingat ikan ini bukanlah jenis ikan yang ada di alam liar, melainkan hasil rekayasa. Tapi, jika melihat dari pengalaman masa lalu, kita bisa mendapatkan gambaran yang tepat mengenai ikan lain untuk ditempatkan dalam satu wadah yang sama. Contohnya seperti firemouth cichlid ,dwarf gourami, angelfish, tiger barb. Usahakan, ukuran ikannya tidak terlalu kecil ya, biar tidak dimakan oleh Parrot tersebut.

Baca Juga : Mengenal Ikan Ninety Nine

Kalau kamu ragu, kamu bisa memelihara ikan hias ini tanpa spesies lain kok. Biar ramai lagi, kamu bisa memilih beberapa varian Parrot dalam satu akuarium. Mengingat jenis Parrot ini tidak hanya satu dua saja, tapi banyak. Biasanya, dibedakan dari segi warna. Kamu pun bisa memilih satu jenis Parrot saja maupun beberapa jenis dalam satu wadah yang sama.

Jenis-Jenis Ikan Hias Parrot, Mana Favoritmu

Ada beberapa jenis Parrot yang dijual di pasaran dan tentunya masing-masing punya keunikan tersendiri, seperti:

• Parrot Tatto

Disebut Parrot tatto karena beberapa bagian tubuhnya ada corak unik seperti gambar tatto alami. Ada campuran warna hijau, merah, pink, orange dan juga hitam.

• Parrot Purple

Seperti namanya, Parrot ini punya warna ungu. Tapi, keberadaannya terbilang masih jarang. Selain warnanya yang unik, bentuk tubuh dan kepala ikan ini lebih lebar juga besar, untuk ukuran sekelas Parrot. Kemudian warna matanya putih nan besar.

• Parrot King Kong

Jenis Parrot ini mempunyai tampilan yang sama seperti lainnya. Hanya saja, soal ukuran tubuh lebih besar dan lebar dibanding Parrot lainnya. Bahkan ekor dan siripnya juga tampak panjang. Tak heran jika ikan ini harganya yang paling mahal di antara parot yang lain.

• Red Parrot

Merupakan jenis Parrot yang banyak dipelihara dan bisa bertahan hidup hingga 15 tahun lamanya. Ikan ini pun memiliki warna merah indah yang merona, seperti namanya.

• Pink Parrot

Buat kamu yang menyukai warna pink atau merah muda, ikan ini pasti sangat mencuri perhatian. Warnanya sangat cerah dan bahkan warna pink tersebut tampak menyeluruh hingga ke bagian mata.

• Blue Parrot

Sama seperti pink Parrot. Keseluruhan dari ikan ini warnanya biru indah, tapi warna matanya putih bersih. 

• Yellow Blood Parrot

Kalau Parrot ini punya warna kuning di seluruh tubuhnya. Warnanya pun tak kalah menarik dibanding Parrot yang lain.

• Orange Blood Parrot

Sesuai namanya, ikan ini warnanya oren. Namun warna orange yang dimiliki terkadang hampir menyerupai red Parrot. Sebab warnanya yang hampir-hampir mirip.

Sedikitnya itulah beberapa jenis ikan Parrot yang masing-masing punya daya tarik tersendiri. Kira-kira, mana yang paling kamu sukai?


Artikel Yang Mungkin Kalian Suka :