Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jenis Ikan Arwana Termahal Saat Ini

Ikanesia.id - Seperti sudah bukanlah rahasia lagi bahwa ikan yang bernama arwana ini memang telah lama ada pada jajaran ikan yang tak usah diragukan lagi kemewahannya, arwana ini bisa dikatakan ikan premium karena nilai jual ikan ini super duper mengejutkan.

Ikan arwana memiliki jenis yang bermacam ragam. Harganya juga relatif, dari yang sedang hingga termahal ada pada ikan arwana ini.

Tak bisa dipungkiri dari sekian banyaknya ikan arwana di muka bumi ini tidak ada yang memiliki harga yang murah, harga ikan ini relatif mahal.

Arwana Termahal

Arwana ini salah satu ikan predator yang tentunya sudah tau ya, kalau predator sifatnya garang dan juga ganas.

Pesonanya membuat ikan ini banyak sekali diincar oleh banyak orang, walau garang dan ganas tak sedikit loh yang menggemari hingga merogoh kocek yang cukup banyak hanya untuk merawatnya.

Bagaimana tidak banyak diminati oleh banyak orang, ikan ini memiliki sisik yang begitu menarik hati siapapun yang melihatnya. Warna-warna mahal nya yang beranekaragam, setiap lekuk dari tubuhnya benar-benar sempurna.

Tak hanya fisiknya yang menarik hati, mitos dari ikan ini pun juga menarik hati sebagian orang yang mempercayainya. Konon ikan mahal ini bisa memberikan banyak keberuntungan bagi yang merawat atau sang pemiliknya. Wah keren ya!

Baca Juga : Jenis Ikan Hias Termahal Beserta Harganya

Patut dibanggakan juga nih, negara kita indonesia juga termasuk negara penghasil ikan arwana yang sudah dipercaya oleh banyak negara besar di berbagai dunia, seperti AS. 

Seperti yang sudah dijelaskan diatas bahwa peminat dari ikan ini sungguh sangat banyak, namun sayang berbanding terbalik dengan jumlah populasi ikannya yang semakin sedikit. Hal ini lah yang menjadi salah satu faktor meningginya harga dari ikan arwana ini. 

Walau populasinya yang semakin lama kian berkurang, untuk perjual belian ikan ini masih  tetap diperbolehkan loh, tidak ilegal alias sah dimata hukum. 

Namun satu hal yang perlu diingat, meski diperbolehkan, pasal perlindungan hewan langka memiliki syarat khusus. Apa itu? ikan yang diperjualbelikan adalah ikan yang dihasilkan dari penangkaran.

Soal harga, tentu arwana ini memiliki rate harga yang bermacam dan bervariasi. Dimulai dari ratusan ribu hingga miliaran rupiah pun juga ada loh. ini memang tergantung daripada jenis-jenis ikannya karena pada dasarnya ikan arwana pun memiliki banyak sekali jenis. 

Jenis Ikan Arwana Termahal

Penasaran kan dengan jenis ikan sultan yang harganya paling fantastis di dunia, jangan kaget ya!simak informasi detailnya dibawah ini

 1. Super Red Arwana

Arwana Super Red


Nomor satu diduduki oleh ikan arwana jenis super red. Ikan ini terdapat di negara indonesia lebih tepatnya di pulau kalimantan bagian barat alias kalbar.

Jika kamu merupakan masyarakat asli kalbar mungkin kamu akan lebih mengenal ikan ini dengan nama ikan siluk merah. 

Ia hidup di air danau dan juga di sungai. Sebab ikan ini kerap ditemukan sungai kapuas dan juga danau yang populer di kalbar yaitu danau sentarum.

Sirip pada ikan ini berwarna kemerahan dan merahnya itu cenderung merah muda atau pink, selain di bagian sirip warna merah mudah ini juga terdapat dibagian bibir ikan di masa remajanya.

Ketika telah berkembang menjadi ikan dewasa, warna seperti kemerahan ini akan timbul di sejumlah bagian pada tubuh yang lain selain sirip dan bibirnya. 

Kemerahan juga akan timbul di bagian tutup insang dan juga pinggiran sisik ikannya. Warna yang timbul ketika ikan ini dewasa tidak lagi berwarna merah muda, melainkan merah yang lebih pekat seperti darah.

Untuk harga ikan jenis super red ini cukup bisa menguras kantong. Pasalnya ikan ini memiliki nilai jual yang relatif tinggi, ikan bisa terjual dengan harga 55 juta rupiah.

Dan yang lebih menakjubkannya lagi, penggemar dari ikan ini tak segan-segan seringkali menawar ikan ini dengan nilai ratusan juta rupiah.

2. Ikan Golden Arwana

Arwana Golden



Harga arwana jenis super red memang cukup tinggi, namun jangan sedih, masih ada nih arwana golden yang tidak kalah menakjubkan nilai jualnya.

Ikan Arwana  yang dinamai arwana golden ini dikelompokan menjadi beberapa sesuai warna dari sisiknya seperti ungu, biru, emas, dan juga perak.

Kamu bisa melihat kesempurnaan dari kecantikan golden arwana ini ketika ikan ini usianya muda. Harga dari arwana dengan jenis langka satu ini bernilai hingga puluhan juta rupiah.

3. Arwana Golden Red 

Arwana Golden Red

Golden Red Arwana ini bisa dikatakan masih satu golongan dengan golden arwana, maka dari itu ikan ini juga kerap kali dipanggil golden arwana. Kamu akan menemukan ikan golden red arwana ini di kepulauan riau tepatnya di mahato.

Jumlah ikan ini di perairan terbilang cukup banyak jika kamu sandingkan dengan ikan arwana cbg, walau begitu ikan ini adalah salah satu dari banyaknya ikan yang dilindungi ya. 

Karena , ikan ini memiliki harga yang cukup jomplang. Harga dari jenis arwana ini dengan ukuran sepanjang 12 cm ini di bandrol dengan harga berkisar 10 juta rupiah atau, dan dengan size 20 hingga 25 cm sekitar 15 juta hingga 25 juta rupiah. dan kemudian Golden red yang memiliki ukuran sepanjang 12 cm ini diberikan harga 2 juta rupiah, dan panjang 20 hingga 25 cm bisa hingga 5 juta rupiah.

Masih terhitung terjangkau jika dibandingkan dengan arwana yang dijelaskan sebelumnya bukan? 

4. Arwana Hijau

Green Arowana

Nah arwana termahal di dunia yang berikutnya ini berasal dari negara thailand, namun ikan arwana jenis ini juga kerap ditemukan juga di myanmar indonesia dan kamboja.

Ikan ini biasa disebut golden pino, namun jika di indonesia ikan ini kerap disebut arwana hijau. Kenapa arwana hijau? Karena sisik ikannya yang berwarna hijau tentunya.

Walau seperti itu bisa dikatakan kalau umumnya ikan ini memiliki warna seperti kelabu cenderung hijau, ada  pola garis dengan warna gelap di ekornya.

Kepala juga mulut ikan memiliki ukuran yang besar dan bentuknya membulat jika dibanding dengan arwana asal asia yang lain.

Harga dari ikan arwana hijau berkisar 8 juta rupiah. Tetapi, kebanyakan  ikan ini berkisar  dari 3 juta hingga 5 juta rupiah.

Baca Juga : Channa Barca, Ikan Gabus Seharga Nmax

5. Arwana Banjar

Arwana Banjar

Ikan arwana termahal terakhir diduduki oleh arwana banjar. Arwana banjar ini masuk dalam varietas ikan arwana merah pada kelas dua, kebanyakan orang tahu ikan ini adalah strain murni  pada arwana berwarna merah. 

Penampakan dari ikan ini ditunjuk dengan warna sirip berwarna oren pucat, ekornya memiliki warna oren cenderung ke kuning, dan tak punya warna merah pada bagian badan atau pipi.

Sekilas arwana ini benar-benar mirip  arwana merah muda, sampai-sampai banyak sekali yang terkecoh, apalagi penggemar ikan yang masih pemula.

 Ikan ini memiliki ciri lain yaitu bentuk dari kepala  hampir berbentuk bulat mulutnya pun tak begitu  lancip.

Walau sering dijuluki arwana merah dengan kelas  dua, namun arwana jenis ini memiliki harga yang masuk dalam kategori termahal di dunia. Dimulai dari 2 juta rupiah, sampai dengan 10 juta. Harganya bervariasi.

Nah itu dia informasi mengenai 5 ikan arwana dengan harga paling mahal di dunia. Apakah kamu punya salah satunya? Fix kamu adalah sultan! Terimakasih sudah menyimak artikel ini, semoga bermanfaat ya.

Artikel Yang Mungkin Kalian Suka :