Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Yuk Berkenalan dengan Ikan Cakalang!

IKANESIA.ID - Ikan cakalang merupakan salah satu spesies ikan yang sering ditemui di perairan tropis. Ikan ini mempunyai nama latin Katsuwonus Pelamis dan menjadi satu-satunya hewan dari genus Katsuwonus. Nama Katsuwonus diambil dari bahasa Jepang dari cakalang, yaitu katsu. Ikan yang berukuran sedang ini merupakan salah satu jenis ikan tuna. Cakalang juga memiliki nama lain, seperti cakalan, cakang, kausa, kamboho, karamojo, turingan, bahkan ada yang menamainya ikan tongkol.

Ikan Cakalang

Untuk informasi lebih jelas lagi, berikut ini akan dibahas mengenai cakalang ini. Mulai dari manfaat, ciri-ciri, cara budidaya, hingga jenis olahan makanan dari ikan ini. 

Mengenal Lebih Dalam Tentang Ikan Cakalang

Manfaat cakalang untuk kesehatan tubuh

Ikan ini mengandung protein hewani yang sangat tinggi, seperti omega 3 yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh manusia. Maka dari itu, ikan ini memiliki banyak sekali manfaatnya. Berikut ini adalah beberapa manfaat yang dihasilkan oleh cakalang.


1. Meningkatkan daya ingat otak

Ikan ini mengandung omega 3 yang cukup tinggi. Omega 3 adalah lemak esensial yang berfungsi dalam meningkatkan daya ingat otak. Maka dari itu, kandungan ini sangat dibutuhkan oleh anak-anak. Dengan mengonsumsi cakalang, dapat membantu stimulasi kerja otak, sehingga daya ingatnya bertambah. Omega 3 akan menutrisi syaraf-syaraf pada otak supaya bisa berfungsi dengan maksimal, begitu pula dengan penyimpanan memori ingatannya yang berjalan dengan baik.

2. Meningkatkan kecerdasan otak

Selain kandungan omega 3 yang cukup tinggi, kandungan protein ikan ini juga cukup tinggi. Dengan begitu, kecerdasan otak akan semakin meningkat. Asupan gizi ini pun sangat dibutuhkan oleh anak-anak. Apalagi dalam masa pertumbuhan, anak-anak harus mendapat gizi yang dapat membantu tumbuh kembangnya, terutama dalam hal perkembangan otak.

3. Menambah nafsu makan

Seperti yang kita tahu, anak-anak kadang sering malas untuk makan. Oleh karena itu, cakalang sangat disarankan untuk dikonsumsi anak-anak. Sebab selain untuk meningkatkan kecerdasan otak anak, cakalang juga sangat berguna untuk menambah nafsu makan. Dengan demikian, nafsu makan si anak bertambah dan tidak akan memilih makanan lagi.

4. Membantu menjaga tekanan darah

Peranan kandungan omega 3 dalam ikan ini selanjutnya adalah mampu menjaga tekanan darah. Dalam menjaga tekanan darah, omega 3 dibantu oleh zat kandungan lain, yaitu kalium. Asam lemak pada omega 3 sangat berguna untuk menghilangkan kolesterol jahat, sehingga aliran darah akan semakin lancar. Sedangkan kalium berfungsi untuk mengontrol tekanan darah. Dengan begitu, dengan mengonsumsi cakalang kamu akan terhindar dari risiko penyakit hipertensi dan meningkatkan kesehatan tubuh.

5. Menjaga berat badan tetap ideal

Bagi kamu yang sedang dalam proses menjaga maupun menurunkan berat badan, ikan ini sangat cocok untuk kamu konsumsi. Sebab, ikan ini memiliki kalori dan lemak yang rendah. Oleh karena itu, jadikanlah ikan ini sebagai pengganti lauk yang lain, ketika sedang menjalani program diet. Meskipun kamu mengonsumsinya dengan porsi yang cukup banyak, berat badan kamu tidak akan bertambah.

6. Menjaga kesehatan tulang dan gigi

Selain omega 3, cakalang juga mengandung vitamin D yang sangat berguna untuk pertumbuhan tulang dan gigi. Maka dari itu, jika perkembangan tulang dan gigi yang dialami oleh anak berjalan dengan normal, maka berilah ia makanan dari ikan ini. Tidak hanya untuk anak-anak, cakalang juga bermanfaat bagi orang dewasa. Sebab dengan mengonsumsi cakalang, akan mencegah patah tulang dan gigi yang copot.

7. Membentuk sel pembuluh darah dan jantung janin

Bagi wanita yang sedang hamil, sangat disarankan untuk mengonsumsi cakalang ini. Sebab, omega 3 yang dikandungnya dapat membentuk sel-sel pembuluh darah dan jantung sang janin.

8. Mencegah penyakit Alzheimer


Selain omega 3, ikan ini juga mengandung zat omega 6 yang juga sangat tinggi. Selain membantu kinerja otak dan meningkatkan daya ingat, kedua omega ini juga berperan penting dalam mencegah penyakit Alzheimer.

9. Mencegah penyakit jantung


Omega tiga yang terkandung dalam ikan ini juga bermanfaat dalam menjaga kesehatan kardiovaskulat. Selain itu, dengan adanya omega 3 ritme jantung akan terkontrol dan kolesterol baik akan meningkat. Jadi, dapat risiko membekunya darah di arteri akan berkurang dan mencegah penyakit jantung.

10. Mengurangi risiko demensia

Ikan ini juga bisa memperlambat penumbuhan demensia, khususnya untuk orang yang mengalami stroke dan cedera pada otak. Hal itu karena adanya asam lemak omega 3 dan omega 6 yang sangat seimbang. Tidak hanya itu, kandungan omega 3 juga bisa mengatasi radang pada sel, sehingga risiko terjadinya gangguan demensia dan kognitif vaskuler akan berkurang.

Ciri-ciri cakalang

Warna

Kulit dari ikan ini lebih terang dan berwarna dasar abu-abu muda. Warna di area punggungnya berwarna biru keunguan bahkan cenderung gelap. Sementara di area perut bagian samping berwarna perak dan terlihat garis hitam membentang yang jumlahnya sekitar 4-6 garis. 

Karakter fisik

Berbeda dengan tongkol yang lebih langsing, maka cakalang memiliki badan yang gemuk dan lebih besar. Tubuh dari ikan ini bulat dan memanjang, sehingga membuat dagingnya menjadi tebal. Ukuran panjang dari ikan jenis cakalang ini berukuran 50 cm hingga 1 meter. Rata-rata berat badan cakalang berkisar antara 5 hingga 9 kg, bahkan ada juga cakalang yang bertanya mencapai 18 kg. Meskipun begitu, ikan yang bisa ditangkap dan dikonsumsi hanya bisa yang berukuran setengah.

Cakalang termasuk salah satu jenis ikan yang tidak memiliki sisik di tubuhnya, kecuali di perut. Cakalang memiliki 5 buah sirip, yaitu di bagian dada yang ukurannya pendek, terdapat 26-27 jari-jari, dan bertekstur lunak. Ada juga di bagian perutnya yang siripnya terdapat 2 lipatan kulit. Sirip berikutnya ada di bagian punggung yang mempunyai 2 sirip. Sirip punggung pertama jari-jarinya berjumlah 14-16, teksturnya tajam, sedangkan sirip keduanya jari-jarinya berjumlah 14-15 dan teksturnya lunak. Sirip terakhir cakalang berada di bagian dubur. Cakalang memiliki gerigi di area buntutnya.

Habitat dan Penyebaran Ikan Cakalang

Cakalang ini hidup di perairan dengan kedalaman mencapai 400 meter, memiliki kandungan garam berkisar 32-35 ppt, dan suhu perairannya sekitar 17-31 derajat Celcius. Ikan ini hidup secara bergerombol, di mana kelompoknya mencapai 50 ribu ekor.

Kamu bisa menemukan ikan ini di lautan yang beriklim tropis dan subtropis, seperti Samudra Hindia, Samudra Atlantik, dan Samudra Pasifik. Namun, mereka tidak bisa hidup di wilayah Laut Tengah.

Di Indonesia sendiri, Ikan ini sudah tersebar ke seluruh perairan wilayah Indonesia. Persebaran wilayahnya meliputi perairan Irian Jaya, Arafuru, Sulawesi, Jawa, Flores, NTT, dan Bali.

Makanan

Dari jenis hewan laut lainnya, ikan ni menjadi predator tertinggi dan tidak berbeda dengan ikan hiu. Mereka mengonsumsi hewan-hewan laut yang ukurannya kecil, seperti cacing laut, udang, teri, dan cumi-cumi.

Harga Jual Ikan Cakalang

Di pasaran, harga jual ikan ini bervariasi, tergantung dari ukuran dan kualitas yang dimilikinya. Mahalnya harga ikan ini sangat dipengaruhi oleh besarnya ukuran ikan. Semakin besar ikan, justru harganya semakin mahal. Ikan yang dibekukan atau yang berkualitas segar harganya lebih mahal daripada ikan yang dijual di pasar tradisional. 

Selain dari kualitasnya, perbedaan harga ikan juga tergantung daerahnya. Di wilayah Jakarta dan sekitarnya ikan ini biasa dijual dengan harga Rp 30.000 per kg. Penjualan ikan ini tidak hanya 

Artikel Yang Mungkin Kalian Suka :