Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cara Memelihara Ikan Silver Dollar dengan Benar

IKANESIA.ID - Kalau Kamu merupakan penggemar dari perikan-ikan hiasan dan senang mengoleksi ikan-ikan unik dan menarik, Kamu bisa coba untuk membeli ikan silver dollar. Namanya saja sudah unik, karakternya pun cukup unik, kami sangat direkomendasikan untuk Kamu. 

Ikan ini adalah ikan dengan ukuran tidak terlalu kecil dam tidak pula berukuran besar . seperti namanya silver ikan ini memiliki warna silver atau perak . Bentuknya pipih, ia kelihatannya sangat mirip dengan coin dollar warna perak jaman dulu.

Gambar Ikan Silver Dollar

Kalau Kamu senang dengan ikan yang aktif berkelompok pada permukaan air, ikan ini sangat amat kami rekomendasikan. Pada pembahasan kali ini kami akan berikan Kamu tips dalam merawat ikan ini plus tips mengkembang biakan ikan silver dollar ini. Maka dari itu simak informasi selengkapnya yang kami sajikan dibawah ini ya!

Baca Juga :  35 Jenis Ikan Koi Paling Populer

Cara Memelihara Ikan Silver Dollar

Ikan ini merupakan ikan yang hidup diperairan tawar dengan suhu yang tropis, akuarium tempatnya tinggal ini wajib sama dengan air dari habitat aslinya. Ia senang sekali berenang pada permukaan atas atau tengah. Maka dari itu ikan ini butuh akuarium yang terbuka.

Silver dollar ini sangat bisa beradaptasi dengan keadaan air yang beda. Tetapi tetap saja ikan ini harus berada dalam air yang bersih juga memiliki kadar oksigen yang cukup dilengkapi dengan filtrasi. Kami sarankan Kamu untuk tidak gunakan power head sebab pergerakan ikan ini sangat agresif memungkinkan ikan dihancurkan powerhead

Ikan ini cukup sensitif dan depresi, ia senang dengan suasana yang damai,teduh dan sedikit gelap. Kami sarankan Kamu untuk gunakan babatuan sebagai tempat ia bersembunyi dalam akuarium

Mereka merupakan hewan herbivora, Kamu bisa coba pelihara tanam-tanaman yang tidak tak ikan sukai. Atau Kamu bisa gunakan tanam-tanamanan sintetis. Jangan sepelekan perihal Suhu airnya akuarium ya. ini merupakan salah satu hal penting yang harus juga diperhatikan. Untuk suh harus terjaga 24-27 °C pH 5,5-7,5

Mencampur Ikan Silver dollar Dengan Ikan Lain

Ikan ini memang kami sarankan untuk Kamu pelihara dengan ikan lainnya. Mereka ialah ikan-ikan kawanan, ikan silver dollar akan lebih nyaman jika hidup bersamaan dengan ikan lain. Kamu wajib untuk melindungi ikan pada ikan-ikan minimal terdapat lima ekor

Makanan Ikan Silver Dollar

Ikan ini memang sesungguhnya omnivora, tetapi ia lebih tertarik dan menyenangi makanan jenis herbivora. Ia sangat senang makan tanaman-tanaman yang terdapat di sekelilingnya. Jika Kamu tertarik memelihara ikan ini Kamu bisa menyiapkan timun, kacang-kacangan, juga tentunya sayur-sayuran untuk makanannya.

Selain sayur-sayuran dan kacang-kacangan ia juga senang memakan rerumputan yang ada di laut dan semua bentuk makan jenis vegetasi.

Silver dollar ini mainkan posisi yang cukup berpengaruh di dunia sebab ikan ini dapat kendalikan struktur kelompok habitat-habitat. 

Karena ia senang sekali memakan tumbuhan, ia bisa menghentikan karang-karang yang berkembang secara dini, ini tentu bagus sebab karang atau alga yang berkembang secara dini bisa memakan semua nutrisi dalam air di lingkungannya. Dengan begitu lingkungan di perairan yang ditinggali akan lebih sehat.

Untuk masalah pakan, jangan lupa Kamu berikan ikan makan sebanyak dua kali dalam satu hari, dan berikanlah jenis makanan yang kiranya bisa ikan habiskan secepat mungkin seperti 4 menit dan kalau bisa dan lebih baik kurang dari 4 menit.

Baca Juga : Cara Merawat Anemon Laut Dengan Tepat

Panduan Perawatan Ikan Silver Dollar

Dalam merawat ika tentu Kamu harus rajin mengganti air dengan rutin paling tidak seminggu sekali. Sebab dalam sebuah akuarium, tentu semakin lama akan semakin menimbulkan banyak zat yang bisa membahayakan nyawa ikannya beberapa diantaranya adalah busuknya beberapa partikel organik, fosfor dan nitrat. 

Apalagi sebuah akuarium biasanya tertutup. Maka dari itu rajinlah mengganti air untuk kenyamanan dan kesehatan ikan silver dollar Kamu.

Pastikan tempat tinggalnya pada akuariumnya selalu dalam keadaan bersih, berikan pakan yang rutin sesuai dengan jadwal seharusnya. Berikan tempat tinggal yang sama dengan asal muasal tempat tinggalnya seperti dari air, bebatuan dllnya. Hal ini merupakan beberapa cara ikan berkembang dengan baik

Ikan ini merupakan ikan yang sangat kuat, namun walau begitu bukan berarti ikan ini tidak akan bisa terserang oleh penyakit. 

Penyakit yang sering sekali menyerang ikan ini ialah white spot. TKamu tKamu jika penyakit ini menyerang ialah beberapa bintik putih dalam bagian tubuhnya seperti sisik, siripnya dan juga insangnya.

Ia cukup berketergantungan dengan suhu airnya. Jika Kamu menaruh ikan ini pada air dengan suhu diatas 25°C tentu ini bisa menyebabkan tumbuh kembang protozoa terganggu juga bisa cegah datangnya suatu wabah. 

Baca Juga : Cara Merawat Burayak Ikan Guppy Agar Cepat Besar

Cara Mengembang Biakan Ikan Silver Dollar

Ikan ini sangat gampang dalam urusan kembang bias dalam tempat tinggalnya dengan syarat tempat tinggalnya nyaman dan luas. Pada lingkungan liarnya, Kamu bisa temukan ikan-ikan menghasilkan telur dalam perairan yang terbilang cukup dangkal juga pada sebuah sungai.

Untuk mengembang biakan ikan ini ada beberapa hal yang perlu dilakukan, beberapa diantaranya dibawah ini :

  • Langkah pertama silahkan Kamu pasangannya untuk dikawinkan. Dalam hal dapatkan pasangannya, Kamu bisa coba memelihara ikan secara berkelompok, lalu rawat ikan mulai dari usia remaja sampai dengan ikan mencapai umur yang dewasa. Silver dollar ini umumnya bisa mendapatkan kematangan secara seks dalam kurun waktu satu tahun.
  • Langkah kedua adalah Jika setelah dapatkan jodohnya, Kamu wajib pisahkan ikan dari kelompoknya. Jika ingin perkembang biakan ini lancar Kamu jangan lupa berikan makanan tumbuhan dengan kualitasnya yang tinggi. Saat ikan jantan ini siap kawin, warna ikannya bisa berubah jadi lebih gelap pada siripnya, duburnya, ekornya, dan punggungnya.
  • Langkah ke 3 Kamu harus atur akuariumnya yang dangkal ini terpisah dan memiliki volume paling tidak sekitar 150 liter dan airnya hangat. 
  • Kami sarankan untuk memberikan cahaya yang tidak terang atau bahkan redup, dan tambahkan sejumlah java fern juga tanam-tanaman apung pada permukaan airnya. Hal ini bisa membuat perkembang biakan ikan semakin lancar loh. ikan jantan nantinya akan mendekati ikan betina dalam akuarium. Jika sang betina sudah mampu untuk berkembang biak, ia akan lepaskan telur-telurnya di tanaman apung kemudian pejantan akan segera membuahi.
  • Nantinya mereka akan dihasilkan sebanyak 2.000 petelur, ciri dari telurnya ialah transparan kemudian lumayan kuning. Dan telur ini nantinya akan turun ke dasar akuarium.

Setelah itu Kamu harus sabar menunggu selama kurang lebih 3 hari, nanti telurnya dengan sendirinya akan menetes. Setelah menetas sang anak-anak ikan akan berenang seperti ikan lainnya. Kamu bisa berikan infusoria hingga anak-anak ikan tersebut dapat memakan sesuatu yang ukurannya besar seperti plankton

Nah itu dia informasi mengenai cara untuk merawat ikan silver dollar, bagaimana? Tertarik kah untuk merawat ikan tersebut? terimakasih sudah menyimak artikel ini. sampai jumpa pembahasan berikutnya.