Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jenis Dan Harga Ikan Sembilang Terbaru

Ikanesia.id - Sepertinya didunia ini tidak ada yang tidak mengetahui ikan sembilang. Apalagi dikalangan fisher, sudah pasti dong tahu ikan sembilang. 

Ikan sembilang merupakan ikan yang habitat aslinya ada di perairan air laut. Ia cukup gampang untuk didapatkan. Karena ia kerap berada di laut namun yang dangkal. 

Tak hanya bisa didapatkan di laut, ikan ini juga kerap didapatkan di sungai. Ikan ini ini masuk pada Plotosidae famili atau juga eeltail catfish.

Kelompok ikan ini umumnya ada di wilayah dengan iklim yang cukup tropis seperti diantaranya::

  • Perairan India, 
  • Laut Pakistan sampai di
  • Perairan Indonesia,
  • Filipina 
  • Australia.

Jenis  Ikan Sembilang  

Di Negara Indonesia di kelompokan menjadi dua bagian yaitu:

1. Ikan Sembilang Batu 

Seperti namanya sembilang batu ini bertengger di wilayah yang terdapat batu jadi ia suka hidup di antara celah batu, 

2. Ikan Sembilang Lubang.

Ikan sembilang lubang adalah jenis ikan sembilang yang umurnya tinggal di wilayah yang terdapat banyak lubang, dan uniknya lubang tersebut adalah lubang yang di buat oleh ikan itu sendiri.

ikan ini merupakan ikan yang tidak begitu besar namun juga tidak kecil. Berat dari ikan ini rata-rata seberat 5 kg dan panjangnya kira kira bisa sepanjang 70 Cm.

Ciri-Ciri Ikan Sembilang

Seperti yang sudah dijelaskan diatas bahwa ikan ini hidup di perairan laut namun juga bisa hidup di sungai. Ikan Sembilang ini merupakan jenis ikan yang tinggal di laut sampai di muara sungai. 

Ikan ini memiliki sirip yang unik, jadi jika kamu lihat lebih jeli. Ikan ini punya sirip yang menempel antara anus dan ekor.

Karena fisiknya yang nyaris mirip dengan ikan lele, maka  ikan ini kerap di sebut sebagai kembarannya. 

Selain itu pada ikan terdapat yang biasa orang menyebutnya dengan Patil. Dimana Patil ini terletak di kepala pada bagian atas, belakang kemudian pinggirnya

Efek Racun Dari Ikan Sembilang

Diatas sudah dijelaskan bahwa ikan sembilang memiliki  Patil dalam tubuhnya, oleh sebab itu ikan ini punya racun yang cukup menyakitkan untuk siapapun yang terkena racunnya.

Tentu racun ikan sembilang ini masuk dalam kategori berbahaya. Siapapun yang terkena racunnya akan mendapatkan efek meriang hingga, jantung berdebar tak biasa..

Untuk itu jika kamu terkena racun dari ikan sembilang ini, langsung ambil tindakan dengan cepat untuk mengobati-nya. Kalau tidak sakitnya bisa berkepanjangan.

Cara Mengatasi Racun Ikan Sembilang

Racun yang membahayakan dari ikan sembilang tentu patut untuk kamu waspadai apalagi jika memang kamu seorang fisher, bukan tidak mungkin tanpa terduga kamu akan mendapatkan ikan ini kan.

Hal yang kamu hindari agar tak terkena efek menyakitkan dari ikan ini ialah dengan cara hindari goresan, sentuhan dan yang paling utamanya adalah tusukan.

Hal ini tentunya sama sekali tak bisa kita anggap remeh, lakukan hal ini jika memang sewaktu kamu mengalami musibah terkena racun ikan sembilang.

  • lepaskan kemudian buang Patil ikan yang terlanjur tertusuk pada bagian dari badan kamu,
  • jika sudah maka pada saat darah sedang mengucur, harap kamu untuk biar kan saja. Karena darah itu membawa racunnya juga keluar.

Tentu hal tersebut harus kamu lakukan, guna menghentikan penyebaran racun pada tubuh. Setiap orang memiliki kekuatan menahan racun yang berbeda-beda.

Jika kamu lemah dalam hal itu, maka hal terburuk yang bisa terjadi adalah kamu bisa kehilangan kesadaran dengan pingsan bahkan meninggal.

Jika darah yang terdapat racun dan terlepas dari tubuh semakin berkurang, langkah berikutnya dengan menggunakan air seni supaya dapat atasi racun daripada ikan Sembilang itu. 

Mungkin kamu akan merasa kebingungan dengan cara tersebut, tetapi cara itu telah terbukti dari semua nelayan ketika atasi Patil ataupun racun daripada Ikan Sembilang ini.

Cara lainnya yang dapat kamu coba saat kena  racun atau Patil daripada  Sembilang ini ialah dengan menyirmainya menggunakan air hanget dan merendamnya sekitar 80 menit.

Cara terakhir sebagai penolong pertama ketika kamu terkena patil ikan ialah  dengan cara mengobati bagian yang terpatil dengan gunakan biji dari asam jawa ataupun juga bisa kamu gunakan asam polong. 

Caranya belah biji jadi dua, kemudian kamu bisa tempelkan biji-bijian itu di luka yang terpatil, dijamin sembuh loh. 

Saran kami untuk berikan pertolongan dengan sesegara mungkin. Agar proses penyembuhan bisa menjadi cepat . 

Harga Ikan Sembilan 

Walau ikan ini memiliki sengatan alias racun yang lumayan berbahaya, namun tak menjadikan ikan ini tidak disukai, malah ikan ini benar-benar diminati oleh masyarakat di indonesia loh.

Bagaimana tidak? Ikan ini merupakan salah satu jenis ikan konsumsi yang lezat cita rasanya, kaya akan protein.

Masyarakat biasa mengolah ikan ini menjadi ikan asap, lezat bukan? Sebagian masyarakat percaya bahwa ikan ini baik bagi pertumbuhan anak-anak. 

Selain kaya akan protein dan bergizi ikan ini dipercaya menjadi makanan yang ampuh untuk jaga dan bisa kontrol kolesterol jahat. Cocok ini untuk yang sudah berumur.

Banyak sekali manfaat yang dihasilkan ikan ini bukan? Belum banyak penelitian mengenai ikan ini namun jika sudah banyak peneliti yang mencoba untuk meneliti mungkin akan menemukan banyak lagi kandungan baik didalam ikan ini bukan?

Harganya untuk 1 kilogram ikan ini relatif murah loh, kamu hanya perlu keluarkan uang sekitar Rp. 50 ribu rupiah saja.

Dengan harga segitu kamu sudah bisa dapatkan pake komplit, kamu akan merasakan kenikmatan dari dagingnya,  mendapatkan juga banyak protein dari ikan tersebut, dan juga manfaat lainnya yang sudah dijelaskan diatas.

Di era yang canggih seperti ini ternyata membeli ikan kamu tidak perlu loh ribet ke pasar. Kamu bisa memesannya lewat berbagai e-commerce yang sudah tersedia , beberapa diantaranya seperti tokopedia, shopee, lazada dan masih banyak lagi.

Harganya pun pasti tidak akan jauh-jauh daripada harga di pasar. Menyenangkan bukan? Semua memang dipermudah ya di jaman sekarang.

Bagaimana ulasan yang kami berikan diatas? Apakah menambah informasi kamu mengenai ikan sembilang ini?

Diharapkan untuk selalu berhati-hati ya jika kamu bertemu dengan ikan ini, entah disaat sednag mancing atau sedang sekedar bertemu tak sengaja. karena seperti yang sudah dijelaskan diatas, ikan ini memilikir acun yang cukup berbahaya bahkan mematikan untuk sipapapun yang tersentuh.

Terimakasih ya karena kamu sudah menyimak artikel ini sampai habis. Kami harapkan informasi ini bisa memberikan kamu pengetahuan baru mengenai ikan, khususnya kamu penggemar setia ikan ikan diseluruh dunia ini. 

Semoga bermanfaat dan sampai jumpa lagi dengan kami di pembahasan ikan lainnya ya!

Artikel Yang Mungkin Kalian Suka :