Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

35 Jenis Ikan Koi Paling Populer

IKANESIA.ID - Jika berbicara tentang ikan koi, ternyata ada banyak sekali jenis-jenis ikan koi. Ikan koi memiliki berbagai jenis, mulai dari ikan koi yang bisa dikonsumsi hingga untuk yang dipelihara. Kira-kira jenis ikan koi apa sih yang paling banyak disukai?

Jenis Ikan Koi Paling Populer

Ikan koi merupakan salah satu ikan hias populer seperti ikan berta dan ikan badut. Di antara ikan populer tersebut ikan koi sering dijadikan sebagai pilihan ikan hias untuk dipelihara di rumah. Hal ini dikarenakan dibandingkan dengan ikan hias lainnya, ikan koi memiliki harga yang cukup mahal namun mempunyai keunikan tersendiri.

Ada hal unik yang dimiliki ikan koi, yaitu nama dari masing-masing jenis ikan koi menggunakan istilah dari Jepang. Hal tersebut membuat kita bertanya-tanya, apakah ikan tersebut berasal dari Jepang? Nyatanya ikan hias ini tidak berasal dari negara tersebut. Untuk alasan mengapa nama-nama dari jenis ikan koi menggunakan istilah Jepang karena ikan tersebut pada awalnya populer di negara Jepang.

Jenis Ikan Koi Paling Populer

Ikan yang masih kerabat ikan mas ini memiliki banyak sekali jenis yang bisa dibedakan atau dilihat dari warna kulitnya. Namun seringkali kita akan kesulitan dalam membedakan ciri-ciri dari tubuh ikan koi. Hal ini karena semua jenis ikan koi memiliki warna yang hampir mirip satu sama lain.

Namun ikan koi mempunyai tiga warna dasar, yaitu putih, hitam, dan orange. Nah untuk lebih mengenal beberapa jenis ikan koi dari warnanya, simak penjelasan berikut ini. 

Jenis-jenis Ikan Koi Populer

1. Ikan Koi Jenis Bekko

Ikan Koi Bekko

Ikan koi yang masih termasuk kerabat dekat koi jenis Taisho Sanke ini memiliki pola berwarna hitam dan putih.

2. Ikan Koi Jenis Matsuba

Ikan Koi Matsuba

Ikan koi jenis ini relatif memiliki tubuh yang lebih besar seperti ikan mas. Ikan koi ini memiliki berbagai macam warna, seperti kuning dan oranye. Ciri-ciri dari ikan koi ini adalah terdapat sekumpulan sisi warna kehitaman yang memanjang dari bagian bawah kepala hingga dekat bagian ekor.

3. Ikan Koi Jenis Utsuri

Koi Utsuri

Ikan koi Utsuri memiliki tiga warna dasar, yaitu kuning, putih susu, dan merah kejinggaan. Warna-warna tersebut memiliki istilah masing-masing dalam bahasa Jepang, yaitu Hi Utsuri (warna merah), Shiro Utsuri (warna putih), dan Ki Utsuri (warna kuning).

4. Ikan Koi Jenis Kohaku

Ikan Koi Kohaku

Jenis ikan koi selanjutnya adalah ikan koi jenis Kohaku. Ikan koi jenis ini mempunyai corak kemerahan di atas tubuh ikan yang berwarna putih. Kita bisa mengenali ikan koi ini dari warnanya yaitu merah-putih. Ikan ini menjadi salah satu ikan koi yang banyak digemari untuk dijadikan ikan hias di rumah.

5. Ikan Koi Jenis Ginrin

Ikan Koi Jenis Ginrin

Ikan koi jenis Ginrin termasuk ke dalam kelompok varietas koi yang di seluruh tubuhnya memiliki sisik intan. Sisik dari ikan koi ini akan berkilau saat terkena sinar cahaya karena warnanya yang metalik dan ada juga yang platinum.

6. Ikan Koi Jenis Doitsu

Ikan Koi Doitsu

Ikan koi Doitsu adalah ikan mas Jerman yang tidak memiliki sisik, namun ada juga yang memiliki sisik di sepanjang garis sisi dan punggung ikan

7. Ikan Koi Jenis Goshiki

Ikan Koi Goshiki

Ikan koi yang satu ini lahir dari hasil perkawinan ikan koi Asagi dan koi Kohaku pada 1918, yang mana menghasilkan berbagai warna, mulai dari biru, hitam, dan abu-abu yang ada pada pola jaringnya.

8. Ikan Koi Jenis Platinum

Ikan Koi Platinum

Ikan koi yang dapat tumbuh besar dan memiliki kilau metalik yang indah tanpa cacat ini ialah ikan koi Platinum. Ikan koi ini akan bersinar dengan indah meskipun dalam kolam yang gelap.

9. Ikan Koi Jenis Ogon

Ikan Koi Ogon

Selanjutnya ada ikan koi jenis Ogon yang memiliki warna kuning keemasan yang indah. Ikan ini ditemukan oleh seseorang bernama Sawati pada 1946. Ikan koi ini adalah hasil persilangan antara koi jenis Shiro Fuji dan koi berpunggung kuning. Pada awalnya hasil dari persilangan menghasilkan warna emas di seluruh tubuh dan akhirnya menjadi warna emas eksotis setelah 6 kali koi ini beregenerasi.

10. Ikan Koi Jenis Shusui

Ikan Koi Shusui

Koi Shusui bis dibilang sangat mirip dengan ikan koi jenis Hikarimoyomo. Namun ikan koi Shusui memiliki lebih banyak warna merah di tubuhnya. Ikan koi ini memiliki corak pada punggungnya seperti tulang rusuk yang menjadi kelabu.

11. Ikan Koi Jenis Taisho Sanke

Ikan Koi Taisho Sanke

Pada 1918 tepatnya 80 tahun yang lalu, ikan koi jenis Taisho Sanke dikembangkan dari Kohaku. Ikan yang mempunyai nama lain Taisho Sanshoku ini terdiri dari tiga warna, yaitu hitam (sumi), merah (hi), dan putih.

12. Ikan Koi Jenis Showa atau Showasansoku

Ikan Koi Jenis Showa

Ikan koi jenis Showa juga dikenal sebagai ikan koi Showasansoku dan memiliki warna kombinasi antara hitam, putih, dan merah pada tubuhnya. Ikan ini terlihat seperti batu marmer karena warna corak yang hampir memenuhi seluruh tubuhnya.

13. Ikan Koi Jenis Tancho

Ikan Koi Tancho

Selanjutnya ada ikan koi jenis Tancho yang mempunyai warna putih susu dan bulatan berwarna jingga kemerahan yang menyala di kepalanya. Banyak yang menganggap ikan koi jenis ini dapat memberikan keberuntungan bagi siapa saja yang memeliharanya.

14. Ikan Koi Jenis Asagi

Ikan Koi Asagi

Jenis ikan koi selanjutnya tidak kalah unik dari yang sebelum-sebelumnya. Ikan koi jenis Asagi memiliki warna biru agak kelabu di bagian punggungnya. Seperti ikan koi pada umumnya, ikan jenis ini juga memiliki warna merah dan putih di bagian kepalanya. Harga ikan koi ini akan semakin mahal jika warna ikan didominasi oleh warna biru.  

15. Ikan Koi Jenis Hikarimoyomo

Ikan Koi Hikarimoyomo

Ikan koi selanjutnya yang memiliki warna dasar putih keperakan adalah ikan koi jenis Hikarimoyomo. Ikan koi ini bisa dikenali dari corak seperti tulang rusuk hitam pada bagian punggungnya dan melintang dari sisi kanan ke sisi kiri punggung. Ikan ini cukup sulit ditemukan dan jarang sekali orang yang memeliharanya.

16. Ikan Koi Jenis Hikari Utsurimono

Ikan Koi Hikari Utsurimono

Ikan koi jenis Hikari Utsurimono atau biasa disingkat menjadi hi utsuri adalah jenis ikan koi yang mempunyai warna kulit merah kejinggaan dan corak hitam seperti ikan koi jenis lainnya. 

17. Ikan Koi Jenis Kumpay Slayer

Ikan Koi Jenis Kumpay Slayer

Alasan ikan koi jenis ini dinamakan Kumpay Slayer adalah karena ikan koi ini mempunyai sirip yang cukup panjang dan melambai seperti kupu-kupu. Ikan koi ini terdiri dari kombinasi warna silver keputihan dan jingga serta ada lagi yang kombinasi kuning dan silver keputihan.

18. Ikan Koi Jenis Hariwake

Ikan Koi Hariwake

Bentuk dari ikan koi jenis ini sama seperti bentuk ikan koi pada umumnya dan untuk warnanya sendiri terdiri dari warna kuning dan putih. Ikan ini memiliki warna dasar putih susu dan di bagian dekat ekornya berwarna kuning. Ikan koi jenis ini semakin menampakkan keindahannya karena warna putih susu pada bagian sirip perut, sirip dada, dan ekor.

19. Ikan Koi Jenis Kumonryu

Ikan Koi Kumonryu

Ikan koi ini mempunyai kombinasi warna antara hitam legam dan dominan putih susu. Meskipun corak pada ikan ini terkesan abstrak, namun tetap meninggalkan kesan unik dan menarik untuk dilihat. Bisa dipastikan corak pada ikan ini berbeda dari jenis yang lain. Untuk sirip dadanya ada yang didominasi warna putih dan ada juga yang didominasi warna hitam.

20. Ikan Koi Jenis Ki Bekko

Ikan Koi Ki Bekko

Selanjutnya ada ikan koi jenis Ki Bekko yang memiliki warna kuning yang cantik serta cerah dan terdapat corak hitam di beberapa bagian tubuhnya. Banyak yang menyukai ikan koi ini, baik masyarakat lokal maupun internasional. 

21. Ikan Koi Jenis Aka Bekko

Ikan Koi Aka Bekko

Salah satu ikan koi jenis Bekko ini memiliki warna dasar yang lebih oranye daripada ikan koi Ki Bekko. Ikan koi Aka Bekko memiliki kemiripan dengan ikan mas. Pada area atas tubuh tepatnya punggung terdapat corak berwarna hitam. Ikan koi jenis Aka Bekko juga merupakan salah satu ikan koi yang paling digemari banyak orang.

22. Ikan Koi Jenis Goromo

Ikan Koi Goromo

Ikan yang memiliki nama lain Koromo ini adalah hasil persilangan dari ikan koi jenis Kohaku dan Asagi. Terdapat bulatan-bulatan berwarna hitam keunguan pada bagian atas tubuh ikan koi Goromo. Terdapat empat warna pada ikan koi ini, yaitu ungu, biru, indigo, dan hitam.

23. Ikan Koi Jenis Shiro Bekko

Ikan KOI Shiro Bekko

Salah satu jenis ikan koi yang menjadi primadona banyak orang karena terlihat manis dan cantik adalah ikan koi jenis Shiro Bekko. Ikan ini memiliki corak hitam bertutul-tutul dan agak jarang. Jika dilihat, ikan koi ini seperti permen susu.

24. Ikan Koi Jenis Kawarimono

Ikan Koi Kawarimono

Salah satu ikan koi hasil persilangan atau hibrid adalah ikan koi Kawarimono. Ikan koi ini tidak memiliki warna merah seperti ikan koi pada umumnya dan justru berwarna biru polos, hijau polos, coklat polos, ungu polos, dan warna lainnya. 

25. Ikan Koi Jenis Kinginrin

Ikan Koi Kinginrin


Ikan koi Kinginrin memiliki bentuk tubuh seperti karper dan merupakan hasil dari persilangan. Ikan ini berwarna kuning dan tidak seperti ikan koi pada umumnya.

26. Ikan Koi Jenis Shiro Utsuri

Ikan Koi Shiro Utsuri

Ikan koi jenis Shiro Utsuri memiliki corak berwarna hitam dan warna putih pada tubuhnya. Saat berenang ikan ini akan terlihat seperti batuan alam yang berkilau. Terdapat corak hitam pada samping tubuh serta di pangkal sirip ikan dan memiliki ukuran tubuh yang besar seperti ikan mas atau karper.

27. Ikan Koi Jenis Ogon Platinum

Ogon Platinum

Tidak seperti ikan koi jenis lainnya, ikan koi Ogon Platinum tidak memiliki warna merah dan putih pada bagian tubuhnya. Ikan ini malah memiliki warna silver yang mewah, sehingga tidak heran terdapat kata platinum dalam nama ikan koi ini.

28. Ikan Koi Jenis Ki Itsuri

Ikan Koi Ki Itsuri

Ikan koi jenis Ki Itsuri mempunyai ciri khas tersendiri, yaitu terdapat kombinasi warna hitam dan jingga pada tubuhnya. Warna hitam berpadu dengan jingga sehingga akan menghasilkan kombinasi yang sangat indah. Ikan koi ini memiliki warna hitam pada sirip serta ekornya. Selain itu ada juga koi Utsuri yang berwarna jingga kemerahan.

29. Ikan Koi Jenis Tancho Kikusui

Tancho Kikusui

Selanjutnya ada ikan koi jenis Tancho Kikusui yang mempunyai warna tubuh putih susu dan corak polkadot jingga di kepalanya. Masing-masing ikan koi Tancho memiliki perbedaan pada warna bulatan di dahi dan tubuhnya.

30. Ikan Koi Jenis Ochiba Sigure

Ikan Koi Ochiba Sigure

Ikan koi populer selanjutnya adalah koi Ochiba Sigure atau koi yang kelam. Disebut seperti itu karena ikan koi ini memiliki warna yang pucat dan tidak secerah warna ikan koi lainnya. Sehingga mirip seperti ikan yang sudah mati. 

31. Ikan Koi Jenis Nezu Ogon

Ikan Koi Nezu Ogon

Selanjutnya ada ikan koi jenis Nezu Ogon yang juga menarik untuk dijadikan ikan hias. Ikan ini memiliki perpaduan warna hitam dan emas tua. Ciri khas dari ikan koi ini adalah terdapat pada bibirnya yang tebal dan lebar sehingga tidak seperti ikan koi pada umumnya. Ada juga yang memiliki kumis yang membuat ikan ini semakin menarik.

32. Ikan Koi Jenis Budo Goromo

KOI Budo Goromo

Ikan koi yang mempunyai warna dasar putih susu ini memiliki mayoritas corak warna hitam yang sedikit kemerahan di tepiannya. Ikan koi Budo Goromo sendiri termasuk ikan koi yang paling banyak dipelihara orang.

33. Ikan Koi Jenis Tancho Sanke

Ikan Koi Tancho Sanke

Ikan koi Tancho Sanke mempunyai bulatan di dahi yang berwarna oranye. Berwarna putih susu di bagian tubuhnya dengan corak hitam yang semakin memberikan kesan elegan pada ikan ini. Untuk siripnya sendiri ikan ini memiliki bercak hitam yang berpadan dengan warna putih susu.

34. Ikan Koi Jenis Yamato Nishiki

Yamato Nishiki

Selanjutnya ada ikan koi jenis Yamato Nishiki yang memiliki kemiripan dengan ikan koi jenis Kin Showa. Hanya saja pada dasar tubuh ikan Yamato Nishiki lebih berwarna putih keperakan daripada ikan koi Kin Showa. Sirip ikan koi ini memiliki bentuk yang lebar dan terdapat garis sekat yang jelas. Pupil dari mata ikan ini memiliki warna hitam dan ukurannya cukup besar.

35. Ikan Koi Jenis Kikusui

Ikan Koi Kikusui

Ikan koi yang termasuk paling cantik di antara ikan koi lainnya adalah ikan koi Kikusui. Tubuh ikan ini memiliki warna putih susu dan terdapat corak berwarna jingga yang cukup terang. Saat berada di dalam air, ikan ini akan berkilau layaknya dilapisi oleh plastik.

Memberi Makanan Yang Tepat Untuk Pertumbuhan Ikan Koi

Terdapat beberapa cara agar ikan koi yang dipelihara dapat tumbuh besar dengan cepat, salah satunya dengan memberikan makanan yang tepat. Berikan ikan koi makanan yang mengandung gizi seperti lemak, protein, kalori serta karbohidrat. Berikut ini dua makanan yang bisa dijadikan referensi, yaitu:

1. Pelet

Makanan yang bisa dijadikan pilihan untuk diberikan kepada ikan koi peliharaan pertama adalah pelet. Pelet memiliki kandungan gizi yang banyak sehingga dapat membantu mempercepat pertumbuhan ikan koi. 

Selain itu ada banyak kandungan di dalam pelet, mulai dari protein, lemak, karbohidrat, dan lain-lain. Perhatikan juga saat memberikan pelet kepada ikan koi dan pastikan pelet yang diberikan sesuai dengan takaran.

2. Cacing Sutra

Cacing sutra bisa menjadi alternatif untuk makanan ikan koi selain pelet. Cacing sutra sendiri memiliki banyak sekali kandungan gizi seperti protein yang mana bisa membantu proses pertumbuhan ikan koi. Cacing sutra yang umumnya diberikan kepada ikan koi adalah yang masih anakan dan berukuran 2-5 cm. Berikan cacing sutra pada ikan koi secara bertahap dan jangan terlalu sering.

Demikianlah pembahasan mengenai jenis-jenis ikan koi populer atau digemari banyak orang. Tak heran bila jenis ikan koi yang disebutkan dalam artikel banyak disukai orang-orang, karena masing-masing dari ikan koi tersebut memiliki keindahan dan keunikannya yang berbeda. Semoga pembahasan dalam artikel ini dapat membantu Anda yang sedang mencari ikan koi jenis apa yang cocok untuk Anda pelihara.

Artikel Yang Mungkin Kalian Suka :