Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Umpan ikan Gurame terbaik untuk Memancing

IKANESIA.ID - Jika kamu bertanya dimana surganya tempat memancing? Jawaban paling tepat adalah negara indonesia. Indonesia memiliki banyak sekali tempat memancing seperti laut, danau, sungai, rawa hingga sawah nya pun bisa menjadi spot terbaik untuk mancing.

Banyak sekali ikan yang sering menjadi tujuan orang memancing, seperti salah satunya ialah ikan Gurame. Nah untuk memancing tentu kita memerulkan umpan bukan? Kalau tidak bagaimana bisa memburu ikannya.

Umpan Ikan Gurame

Ikan Gurame ini adalah ikan yang diminati banyak sekali orang. Bagaimana tidak? Ikan ini kaya akan protein dan vitamin yang tentunya baik untuk kesehatan tubuh. Ikan ini sangat lezat untuk dikonsumsi,tak ada yang menandingi keempukan daging dari ikan ini, tak heran banyak sekali yang membuat kreasi bumbu masakan untuk ikan ini.

Selain nikmat dikonsumsi, banyak sekali orang yang berminat untuk membudidayakan ikan ini. umumnya orang membudidayakan ikan Gurame di kolam atau bisa juga dalam terpal. Ikan ini mudah untuk kamu dapati, kamu bisa menemukan ikan ini di sungai, kolam, rawa, kolam dan danau. 

Baca Juga : 18 Resep Umpan Jitu Lele Galatama Babon

Umpan ikan Gurame Terbaik Untuk Memancing

Dalam memburu ikan ini tentu tak semudah yang dipikirkan. Kamu harus siapkan umpan terbaik untuk ikan Gurame.

Maka dari itu yuk sama-sama kita cari tahu apa saja umpan terbaik dari ikan gurame ini agar kamu bisa memancing dengan lancar tanpa hambatan. Berikut beberapa umpan untuk ikan Gurame :

Umpan ikan Gurame di kolam

Ikan Gurame kolam dikenal dengan ukurannya yang besar-besar, untuk para pemancing, memancing ikan dengan ukuran besar merupakan sebuah kebahagiaan. 

Kini, ada banyak pengusaha pemancingan kolam yang jadikan ikan ini menjadi buruan semua yang mancing. Maka dari itu, supaya kamu dapat bawa pulang gurame dengan ukuran jumbo, tentu umpannya juga wajib benar.

Memburu ikan pada kolam tentu tidak akan sesusah ketika kamu memburu ikan pada sungai dan lain lain. 

Karena kolam ini ukurannya  tidak seluas sungai atau danau. Jadi ikan pun tak bisa bergerak sebebas dalam sungai atau danau. 

Walau memancing Gurame dalam kolam ini gampang, tetap saja kamu harus gunakan umpan terbaik yang kamu bisa sesuaikan menggunakan makanan hariannya.

Untuk memancin Gurame liar, Kamu bisa gunakan Daun Talas, Daun Singkong, Daun Bayam, Jangkrik, Kecoa, dan juga ulat.

Meski memancing Gurame liar tak segampang ikan dalam kolam, untuk membuat umpannya Gurame liar ini terbilang gampang. Untuk membuat umpannya kamu bisa langsung saja haluskan bahan-bahan kami jelaskan diatas.  

Saat bahan-bahan telah bubuk, kamu dapat langsung gunakan bahan bahan itu untuk mancing. Tinggal kamu kaitkan bahan-bahan itu adonan dengan pengait alat pancing.

Baca Juga : Pakan Pelet Ikan Gurame Lengkap dan Harganya

Umpan Gurame Danau

Seperti yang sudah dijelaskan bahwa ikan ini mudah untuk kamu dapati khususnya di danau atau pun juga rawa. 

Kamu bisa pilih danau untuk tempat mancing ikan ini. memancing ikan dalam danau merupakan hal yang sulit, namun bisa kamu permudah dengan menggunakan umpan yang tepat. Dengan umpan yang tepat tentu ikan akan mudah terpancing.

Berbeda dengan ikan Gurame kolam dan liar ikan ini tak mempan jika kamu berikan pelet. Jadi akan sia-sia saja jika kamu gunakan umpan pelet dalam memancing ikan Gurame danau. 

Jadi umpan apa yang paling bagus untuk dapat mudah memancing ikan Gurame danau? ini dia beberapa saran umpan untuk kamu agar berhasil bermancing ria di danau.

Kamu bisa menggunkakan umpan Cacing Kristal, Cacing Merah, Ulat daun pisang, Daun Talas, Daun Kangkung, dan Rebusan Ubi

Cara membuat umpan Gurame danau

Dalam membuat sebuah umpan dalam berburu ikan Gurame didanau tak jauh beda dengan apa yang kamu gunakan dalam memancing gurame liar. 

Pada tahap membuatnya kamu cuma butuh haluskan sejumlah bahan bahan umpan yang kamu perlu. Jika sudah usai diperhaluskan bahan bahannya, kamu bisa padatkan bahan umpan itu jadi berbentuk bulat dengan ukuran yang kecil saja lalu jangan lupa dikaitkan pada pengaitan alat pancingan kamu ya .

Umpan ikan Gurame sungai

Sungai juga merupakan tempat yang cukup baik jika kamu ingin memburu ikan gurame ini. jika kamu sudah memilih untuk melakukan mancing disungai, tentu bahan umpan harus disesuaikan dengan makanan  dari gurame sungainya

Ikan ini biasanya suka memakan sayur-sayuran, juga cacing sampai dengan serangga-serangga. Untuk memancing ikan dengan lancar kamu bisa gunakan Daun Kangkung, Cacing Tanah, Laron, Belalang,  Tempe, dan juga Jangkrik.

Cara membuat umpan Gurame sungai

Karakter dari ikan gurame yang habibat aslinya disungai lebih agresif jika dibanding dengan ukan gurame kolam atau danau. Selain lebih agresif dan terbilang cukup liar ikan ini masih memakan makanan yang sifatnya alami.

Kamu bisa gunakan bahan yang dijelaskan diatas untuk menjadi umpan. Kamu hanya perlu dihaluskan beberapa bahan diatas sampai benar-benar halus. 

Jika bahan-bahan telah halus, kamu dapar biarkan bahan yang sudah menjadi adonan ini supaya menjadi lebih memadat dan merata.

Kemudian kamu bisa membuat bahan itu jadi berbentuk bulat ukuran kecil juga silahkan untuk mengaitkan di kaitan alat pancing.

ikan Gurame untuk pemancingan

memang tak bisa di ragukan lagi keseruan dari aktivitas memancing ini , buktinya banyak sekali yang menggemari aktivitas ini. oleh karena itu gak heran kalau semua pengusaha kolam mancing banyak yang adakan lomba mancing. Gurame merupakan ikan yang dijadikan kandidat perlombaan.

Hal itu disebabkan ukuran gurame yang terbilang sangat besar. Kemudian dagingnya yang terkenal dengan kelembutannya, sangat pas jika menjadi bahan di masak. Supaya kamu dapat memenangkan perlombaan, kamu bisa menggunakan strategi seperti memilih umpan ikan yang ampuh.

Baca Juga : Harga Bibit Ikan Gurame

Tips Mancing Ikan Gurame 

Agar memancing ikan lancar tanpa hambatan persoalannya bukan hanya di umpannya saja. Namun ada beberapa hal yang bisa kamu perhatikan ketika memancing, yakni

  • Tahu timing yang pas saat ikan sedang aktif. Ketika ikan sedang aktif kamu bisa langsung lemparkan benang pancingan kamu. dan menunggu ikan terpancing.
  • Gunakan pelampung pancingan supaya waktu kamu dalam memancing tak memakan waktu yang lama
  • Pilihlah tempatnya yang adem juga sejuk pada tempat kamu mancing. Karena ini bisa berpengaruh terhadap kenyamanan kamu dan juga ikan tak akan berada di tempat yang panas

Penggunaan umpan tentu sangat penting dalam perihal memancing. Sebelum memancing alangkah lebih baiknya kita mengetahui terlebih dahulu mengenai makanan kesukaan dari target ikan yang ingin kita pancing. 

Seperti halnya informasi diatas yang kami berikan. Kamu bisa ikuti untuk menggunakan beberapa umpan diatas dalam memancing sebuah ikan tentunya.

Terimakasih karena sudah menyimak artikel ini, semoga informasi yang kami berikan dapat memberikan manfaat dan pengetahuan baru untuk kamu ya. sampai berjumpa lagi pada pembahasan-pembahasan yang berikutnya.