Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Langkah membuat Umpan Ikan Patin

IKANESIA.ID - Aktivitas seperti memancing untuk beberapa orang merupakan sebuah aktivitas yang harus dilakukan disaat waktu senggang telah tiba, seperti liburan kantor, dan lain-lain. Karena bagi sebagian orang memancing merupakan sebuah aktivitas yang sangat menyenangkan, bahkan bisa menjadi self healing bagi segelintir orang.
Umpan Ikan Patin

Jika Kamu adalah salah satu orangnya yang memiliki hobi memancing, pasti Kamu tidak akan asing mendengar ikan patin. Karena memang ikan patin merupakan ikan yang selalu ada dan disediakan oleh beberapa penangkaran pemancingan. 

Namun untuk bisa memancing ikan patin dengan lancar tentu akan memerlukan umpan yang lezat dan cocok untuk ikan patin itu sendiri. Jangan gunakan umpan yang sembarangan jika Kamu tidak mau kegiatan memancing ikan patinnya menjadi sebuah kesia-siaan.

Nah untuk membuat sebuah umpan ikan patin, tentu Kamu punya resep rahasianya. Jika Kamu gunakan ini dijamin deh banyak ikan patin akan Kamu bawa pulang  kerumah. Apa itu resep rahasianya? Yuk simak bareng-bareng dibawah ini. check this out

Baca Juga : Mengenal Tentang Ikan Patin, Ikan Yang Sering Dijadikan Makanan

Mengenal Ikan Patin dan Langkah membuat Umpan Sendiri

Sebelum mengetahui resep ampuh umpan ikan patin perlu diketahui bahwa ikan ini merupakan ikan yang habitat aslinya berasal dari ikan perairan air tawar. Untuk mendapatkan ikan ini khususnya di indonesia tidak sulit sama sekali. 

Ikan ini selalu ada dalam penangkaran pemancingan, populasi ikannya pun sangat melimpah, maka dari itu Kamu pasti akan berpeluang membawa ikan patin yang banyak jika Kamu memancing dengan umpan yang benar.

Nah dibawah ini akan kami bagikan beberapa resep umpan ikan patin dari berbagai macam bahan baku yang mudah juga ko dicari. Yuk simak dibawah ini!

1. Umpan dengan Bahan Terasi

Siapkan beberapa bahan dibawah ini :

  • Siapkan setengah sendok terasi.
  • Siapkan Setengah kilogram pelet ikan.
  • Siapkan roti tawar sebanyak 4 lembar.
  • Siapkan telur bebek sebanyak 1 butir
  • Siapkan Air panas 

Langkah membuat umpannya:

Campur bahan- bahan yang sudah dijelaskan di atas kemudian Kamu aduk sampai dengan bahan bercampur dan rata. Lalu aduk-aduk bahannya hingga adonan memiliki bentuk yang kenyal.

Campurkan bahan-bahan yang sudah dicampur pada plastik kemudian ikat. Dan silahkan bentuk adonan menjadi bulat namun kecil-kecil saja untuk dikaitkan di kail

2. Umpan Dengan Bahan Kuning Telur Bebek

  • Siapkan beberapa bahan dibawah ini:
  • Siapkan telur bebek sebanyak 2 butir
  • Siapkan pelet sebanyak 1 ons
  • Siapkan Tepung pelet
  • Siapkan Tepung udang (halus)
  • Siapkan air secukupnya

Langkah membuat umpannya:

Langkah pertama silahkan Kamu godog telurnya sampai dengan masak kemudian langsung saja ambil di bagian kuning telurnya aja. 

Kemudian Kamu bica campur semua bahannya yang telah dipersiapkan dan aduk-aduk hingga semua rata juga adonannya lembut. 

3. Umpan dengan Bahan Roti Keju

  • Siapkan bahan-bahannya dibawah ini:
  • Siapkan kuning telur matang sebanyak 2 buah
  • Siapkan terasi 2 buah
  • Siapkan madu 2sdm
  • Siapkan pelet
  • Siapkan air
  • Siapkan roti keju 2 lmbr

Langkah membuat umpannya: 

Pertama-tama silahkan Robek roti hingga bagian dan ukurannya menjadi kecil-kecil.

Campurkan bahan yang dijelaskan di atas jadi kesatuan adonan kemudian bisa  Kamu aduk-aduk sampai lembut. 

Kemudian tambah air untuk membuat tekstur daripada umpannya. 

4. Umpan Dengan Bahan Roti dan Santan

Siapkan bahan-bahan dibawah ini:

  • Siapkan roti tawar sebanyak 1 pcs
  • Siapkan  vanili sebanyak 2 pcs
  • Siapkan santan sebanyak 2 pcs (kara)

Langkah membuat umpannya:

Langsung saja untuk membuang pinggir-pinggir roti sebab teksturnya yg keras dan ikan tidak suka.

Kemudian haluskan roti dengan cara memblendernya lalu tambah sejumlah santan juga vanili. 

Lalu silahkan untuk menuangkannya pada  wadahnya kemudian aduk dengan gunakan tangan Kamu sendiri sampai dengan adonannya lembut.

5. Umpan Dengan Bahan Kinoy dan Kroto

Siapkan bahan-bahan dibawah ini :

  • Siapkan kinoy sebanyak 4 pcs
  • Siapkan susu bubuk yang plan sebanyak 2 pcs
  • Siapkan tepung aci sebanyak 1 sdm
  • Siapkan kroto sebanyak  setengah ons 
  • Siapkan kuning telur bebek sebanyak 4 buah
  • Air secukupnya

Langkah membuat umpannya:

Pertama Buat adonan dengan susu bubuk kemudian tambahkan dengan tepung aci dan masukan sejumlah air secukupnya dan aduk hingga kental

Tambah kroto juga kuningnya telur kemudian bisa Kamu aduk hingga adonan merata.

Silahkan untuk mendiamkan selama  30 menitan. Kemudian  kukus adonan sampai dengan teksturnya  keras juga dapat Kamu bentuk.

Baca Juga : Cara Budidaya Ikan Patin agar Cepat Besar dan Sehat

Beberapa Umpan Alami Yang Ampuh Pancing Ikan

Resep umpan patin di atas memanglah ampuh untuk memancing ikan-ikan patin, namun ada beberapa bahan umpan yang bisa Kamu gunakan dan sama juga ampuhnya. 

Umpan ini dikhususkan untuk Kamu yang tak mau atau malas mengaduk umpan seperti yang dijelaskan diatas. Kamu bisa gunakan beberapa umpan dari bahan-bahan yang sangat alami, seperti beberapa diantaranya dibawah ini, coba deh 

1. Umpan Alami Cacing

Sepertinya jika Kamu adalah seorang pemancing sejati, sudah tahu bahwa cacing merupakan binatang yang kerap dijadikan umpan dan tentunya digemari juga dengan ikan. Kamu bisa gunakan cacing dengan jenis apapun karena pada dasarnya ikan suka dengan cacing jenis apapun.

2. Umpan Alami Ikan-ikan Kecil

Jika dalam perairan liar mungkin sudah tak heran jika Kamu menemukan ikan kecil selalu dimangsa oleh sejumlah ikan dengan bobot badan yang lebih besar dari ikan kecil. Nah oleh sebab itu, jika Kamu gunakan ikan kecil sebagai umpan, ikan patin juga akan tertarik kok untuk memakannya, karena ia juga suka.

Namun dimana bisa Kamu dapatkan ikan kecil-kecil ini? jangan khawatir, ikan kecil banyak diperjualbelikan di beberapa tempat jual ikan-ikan hias loh, Kamu tinggal tanyakan saja ikan kecil untuk umpan ikan pada pemilik tokonya.

3. Umpan Alami Katak Kecil

Katak kecil juga merupakan hewan kesukaan ikan patin untuk dimakan. Jika Kamu ingin atau berminat menjadikan katak dengan ukuran kecil ini sebagai umpan memancing, saran Kamu gunakan katak yang belum mati ya. 

sebab jika katak masih hidup ikan akan gampang dalam deteksi keberadaan kataknya dan ikan tentu akan sangat bersemangat untuk melahap katak itu.

4. Umpan Alami Udang

Kalau Kamu mau dapatkan strike memancing berkali-kali, Kamu bisa gunakan sebuah umpan alternatif seperti jenis hewan udang namun dengan ukuran yang lagi-lagi harus kecil ya. tentu ikan patin sangat amat akan suka apalagi jika Kamu menambahkan adonan yang Kamu jelaskan diatas. 

Ikan tentu akan semakin bersemangat memangsa umpan yang Kamu berikan, dan Kamu siap memanen ikan patin untuk dibawa pulang kerumah.

Kesimpulan

Nah itu dia beberapa rekomendasi resep umpan untuk bisa memanen ikan patin dengan mudah, berbagai resep umpan diatas bisa Kamu gunakan dan campurkan dengan beberapa umpan alami seperti ikan kecil, cacing dan lain-lain agar lebih mantap.

Jika umpan sudah bagus, aktifitas memancing pun akan berjalan dengan sangat lancar bukan? Memancing dengan lancar dengan banyak strikenya merupakan dambaan bagi setiap pemancing.

Baca Juga : Umpan ikan Gurame terbaik untuk Memancing

Terimakasih karena sudah berkenan menyimak informasi ini sampai dengan tuntas, semoga informasi yang kami berikan dapat bermanfaat. Sampai jumpa lagi di pembahasan yang berikutnya ya!


Artikel Yang Mungkin Kalian Suka :