Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ini dia, Perbedaan Ikan mas dan ikan Koi

IKANESIA.ID - Hai ikenasia lovers, bagaimana kabarnya? Semoga dalam keadaan baik-baik saja ya. kira-kira di pembahasan kita kali ini, kita akan membahas mengenai ikan apa ya? Gimana kalau kita bahas mengenai perbedaan ikan koi dan juga ikan mas? Dua ikan air tawar yang mungkin sangat sulit dibedakan untuk pemula.

Perbedaan Ikan Mas dan ikan Koi

Tapi kalau Kamu telusur dan dalami lebih dalam mengenai kedua ikan ini, Kamu pasti akan temukan banyak sekali perbedaannya nih, apalagi untuk Kamu khususnya penggemar salah satu diantara keduanya, Kamu harus banget nih ketahui perbedaan dari kedua ikan ini.

Sebab ikan ini punya rate harga yang cukup jomplang, nah kemiripan dari kedua ikan ini selalu di salah gunakan oleh seller tak bertanggung jawab untuk menipu para konsumennya. Maka dari itu jangan sampai Kamu tertipu loh ya!

Tak usah berlama-lama, langsung saja deh kita intip beberapa perbedaan antara ikan mas juga ikan koi dari segala aspek sehingga semua penjelasan yang kami berikan akan jelas sejelas-jelasnya. Check this out!

Bagaimana perbedaan bentuk dari  ikan koi dan ikan mas?

Seperti yang sudah dijelaskan diatas, bahwa kedua ikan ini memiliki banyak persamaan terutama dari segi fisiknya, bahkan ikan ini banyak sekali yang menyebutnya ikan kembar.

Nama ilmiah dari Ikan mas adalah Cyprinus carpio dan nama ilmiah dari ikan koi adalah Cyprinus rubrofuscus. Kedua ikan ini masih dalam satu kategori famili yaitu Cyprinidae. Namun untuk kelasnya kedua ikan ini berbeda, kalau ikan mas actinopteri dan ikan koi actinopterygii. Masih dalam kingdom dan filum yang sama yakni animalia kingdom dan chordata filum.

Karena banyak sekali kemiripannya, pembudidaya ikan kerap menyatukan kedua ikan ini, apalagi keduanya masih satu famili.

Fakta lainnya ialah sebenarnya ikan koi ini adalah ikan turunan dari ikan mas. Jadi tak usah khawatir atau bingung jika Kamu seringkali menemukan kedua ikan ini ada dalam satu tempat budidaya, walau sebenarnya, menyatukan kedua ikan ini dalam pembudidayaan akan menurunkan kualitas daripada ikan koinya ini sendiri.

Ikan koi ini memiliki harga yang relatif lebih tinggi dibandingkan emas, sebab untuk perawatannya saja ikan ini memerlukan treatment ekstra, seperti contohnya memberikan garam dalam menjaga kesehatan ikan koinya.

Langsung saja kita bahas mengenai aspek perbedaan ikan dan juga ikan koi ya, simak ulasannya dibawah ini :

Perbedaan Ikan Mas dan ikan Koi

Perbedaan Ikan Mas dan ikan Koi


Perbedaan Ikan Mas dan ikan Koi
Pict By Ikanair


Mari kita mulai membahas perbedaan ikan mas dan koi dari Sungutnya terlebih dahulu , ikan koi punya sungut yang hampir mirip dengan sungutnya ikan lele tetapi ukurannya jauh  pendek daripada sungut  ikan lele. Sedangkan kan tak memiliki sungut yang timbul tetapi lebih pendek. 

Perbedaan pada Corak ikan koi dan ikan mas

Bukan hanya sungut yang memiliki perbedaan, tapi corak dari kedua ikan ini juga punya perbedaan yang cukup signifikan dan terlihat jelas.

Corak ikan koi ini bisa dikatakan jauh lebih menarik ketimbang ikan mas, maka dari itu ikan koi terlihat lebih menarik daripada ikan mas.

Kenapa corak ikan koi lebih menarik? Sebab ikan koi punya corak yang bervariatif dibanding ikan mas yang umumnya warnanya polos.

Perbedaan Pada Bentuk Sirip Dorsal

Perberbedaan juga bisa tampak jelas dilihat dari bentuk siripnya. Ikan koi punya sirip yang menyatu dari bagian pangkal sampai dengan ujung. Kalau ikan mas ini punya sirip yang cenderung lebih panjang lagi pada ujung siripnya, jadi kelihatannya seperti gak menempel di punggungnya.

Spesies ikan mas dan ikan koi tidak sama namun masih dalam satu keturunan

Perbedaan ikan koi dan ikan mas dapat kita lihat dari spesiesnya, Spesies ikan koi memiliki nama ilmiah yang berbeda dengan ikan mas. Namun secara garis besar kedua ikan tersebut masih dalam keturunan yang sama. sepintas bisa dikatakan jika ikan koi merupakan jenis lain dari ikan mas hias yang lebih unggul.

Ukuran Ikan koi dan ikan mas

Dari segi ukuran ikan koi ini lebih unggul karena panjangnya bisa hingga 100 cm jika Kamu merawat ikannya dengan baik, tetapi kalau ikan mas ini umumnya tak bisa mencapai ukuran ikan koi.

Tak hanya ukuran badannya yang panjang, bahkan ikan koi ini juga bisa memiliki umur yang panjang hingga 30 tahun lamanya, jika Kamu merawatnya dengan sangat baik.

Perbandingan harga antara ikan mas dan ikan koi

Jika kita bandingkan harga ikan koi dan mas tentu dimanapun Kamu akan temukan ikan koi ini punya rate harga yang jauh lebih mahal daripada ikan mas. Ikan mas punya harga ini jauh lebih murah jika Kamu bandingkan dengan ikan koi apapun jenisnya

Bagaimana pemeliharan ikan mas dan ikan koi?

Seperti yang sudah banyak orang ketahui bahwa ikan koi dan emas itu digunakan untuk dua hal yang berbeda pada umumnya.

Jika biasanya Kamu temukan ikan koi dipelihara menjadi ikan kolam atau ikan hias dalam sebuah rumah, ikan mas malah diburu untuk dijadikan santapan yang lezat.

Walau begitu ikan mas juga kerap dijadikan orang-orang sebagai ikan peliharaan atau ikan hias yang biasanya disimpan dalam kolam rumah seperti ikan koi.

Bentuk tubuh ikan mas dan ikan koi berbeda

Dalam sekilas mungkin Kamu tidak akan secepat itu menyadari perbedaan dari kedua ikan ini, namun jika Kamu melihat bentuk tubuh dari kedua ikan ini secara mendetail, Kamu lama-lama akan menyadari ikan koi umumnya punya bentuk badan yang panjang. Kalau ikan mas umumnya memiliki tubuh yang tak sepanjang ikan koi dan bantet.

For your information, persamaan dari kedua ikan ini lebih banyak loh kalau Kamu bandingkan dengan perbedaannya.

Walau ikan koi ini umumnta memiliki bentuk tubuh yang panjang dibanding ikan mas, sebenarnya ikan koi juga ada yang ukurannya kecil, yaitu ikan koi jenis guppy.

Jenis ikan mas dan ikan koi

Terdapat beragam jenis ikan mas dan ikan koi yang dibudidayakan, semua jenis tersebut memiliki karakter dan keunikannya tersendiri. Namun pada artikel ini saya tidak akan terlalu banyak membahas mengenai jenis ikan mas dan ikan koi karena rencananya akan saya tulis dalam artikel yang berbeda.

Nah itu dia perbedaan antara ikan mas dan koi, jadi gimana? Sekarang Kamu bisa kan membedakan kedua ikan tersebut? 

Kalau Kamu berminat untuk memelihara keduanya atau bahkan salah satunya, jangan lupa untuk menjaganya dengan baik mungkin ya, supaya ikan senantiasa panjang umur dan bahagia. Karena ikan juga kan makhluk hidup, berhak mendapatkan kehidupan yang layak di tangan pemeliharanya.

Terimakasih sudah menyimak artikel ini, sampai jumpa lagi di pembahasan yang berikutnya ya!

Artikel Yang Mungkin Kalian Suka :