Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Cara Mudah Membuat Aquascape Sederhana

IKANESIA.ID - Aquascape adalah salah satu cara menghias akuarium yang sesuai dengan habitat yang dimiliki oleh ikan. Jika Anda memiliki ikan, maka tidak ada salahnya jika Anda bisa membuat aquascape sederhana untuk ikan peliharaan Anda. 

Aquascape Sederhana

Adapun beberapa cara yang bisa Anda gunakan untuk membuat Aquascape dengan sederhana dan low budget untuk menghiasi akuarium Anda.

5 Cara Membuat Aquascape Simple dengan Mudah

Bagaimana caranya untuk membuat Aquascape sederhana? Berikut ini pembahasannya untuk Anda.

1. Buatlah Sebuah Konsep dan kumpulkan peralatannya

Konsep adalah hal yang sangat penting apabila Anda ingin membuat Aquascape. Alasannya karena Aquascape harus menyesuaikan dengan habitat dari ikan peliharaan Anda. Jika memang tidak sesuai dengan habitat, maka buatlah konsep yang memang ramah untuk ikan peliharaan Anda.

Kemudian kumpulkan peralatan yang dibutuhkan untuk konsep Anda. Untuk mengatasi low budget, manfaatkan benda-benda yang ada di lingkungan Anda untuk membuat Aquascape. Bahan-bahan yang biasanya diperlukan dan bahan dasar untuk memiliki Aquascape sederhana adalah lampu, pasir, beberapa batang pohon, pupuk, tanaman, dan lain-lainnya

2. Awali dengan mengatur dasar akuarium

Mengatur dasar akuarium untuk Aquascape sederhana adalah dengan mengisinya menggunakan pasir. Banyak pasir yang bisa Anda gunakan, dan disarankan untuk Anda menggunakan pasir jenis silika. Pasir ini banyak dijual oleh banyak penjual ikan.

Adapun cara mengaturnya adalah dengan mengisi pasir dalam akuarium setebal 2 – 3 cm. Kemudian cara pengaturan pasirnya adalah dengan memberikan banyak ketebalan di bagian sisi setiap akuarium dan mengisi pasir secara tipis di bagian tengah dasar akuarium. Cara pengisian ini akan memberikan efek melengkung.

3. Tabur Pupuk

Jika sudah memberikan pasir pada akuarium Anda, maka saatnya untuk memberikan pupuk. Sebarlah pupuk secara merata agar nantinya bisa menjadi penyubur tanaman pada Aquascape milik Anda. Pupuk ini nantinya akan membantu tanaman agar dapat tumbuh karena terdapat nutrisi dan menjadi media yang tepat untuk tumbuh. Pupuk yang disarankan adalah pupuk yang khusus untuk Aquascape.

4. Tambahkan bebatuan dan mulai menanam

Bebatuan mulai ditambahkan jika Aquascape sudah diberikan pupuk. Tujuan bebatuan ditambahkan agar dapat menjadi media tanaman untuk tumbuh. Kemudian jika sudah diberikan berbagai macam bebatuan, maka saatnya Anda memulai untuk menanam tumbuhan.

Tumbuhan yang Anda tanam bisa apa saja tergantung konsep yang Anda miliki. Biasanya terdapat tanaman lumut yang ditanamkan untuk memberikan nuansa alami pada aquascape sederhana. Anda juga bisa menambahkan tumbuhan yang sesuai dengan habitat asli dari ikan peliharaan Anda jika Anda ingin memberikan kesan yang natural.

Menanam juga ada aturannya. Pertama kali menanam, isi akuarium sampai ¼ volume akuarium. Kemudian jika tanaman sudah ditanam, isi air akuarium hingga full dan dilakukan secara perlahan agar tidak merusak dekorasi.

5. Tambahkan alat penunjang

Alat penunjang yang dimaksud adalah seperti lampu, pompa air untuk akuarium, dll. Hal ini agar Aquascape yang Anda miliki terlihat lebih cantik dan menarik. Pastikan untuk alat penunjang jangan sampai merusak dekorasi yang sudah dibuat sebelumnya.

Aquascape bisa Anda buat dengan mudah. Jika langkah-langkah tersebut sudah Anda ikuti maka ikan peliharaan Anda sudah bisa Anda masukkan. Anda akan melihat hasil yang cantik dan maksimal pada akuarium Anda hanya dengan memanfaatkan 5 langkah mudah membuat aquascape sederhana. Jangan lupa juga untuk selalu memberikan pupuk secara teratur agar tanaman dapat tumbuh dengan baik.

Artikel Yang Mungkin Kalian Suka :