Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

6 Tips Cara Perawatan Ikan Louhan

6 Tips Cara Perawatan Ikan LouhanIkan louhan merupakan salah satu jenis ikan yang banyak memikat para penggemarnya. Pasalnya ikan ini dikenal sebagai ikan yang mahal namun masih banyak yang memeliharanya. Ikan dengan karakteristik benjolan di kepala ini memiliki warna yang cerah sehingga dianggap dapat memanjakan mata yang melihatnya. 

6 Tips Cara Perawatan Ikan Louhan

Bagi Anda yang ingin memelihara ikan louhan, simak dulu cara perawatan ikan louhan agar nantinya Anda cukup menguasai saat sudah berhadapan dengan ikan tersebut. Pasalnya jika tidak bisa merawat tentu sangat disayangkan jika ikan mahal tersebut sakit lalu mati. Anda juga perlu mengetahui Berapa lama pertumbuhan ikan louhan agar dapat memahami apakah ikan tersebut sehat atau tidak.

Berikut beberapa tips yang perlu anda perhatikan saat ingin atau sedang memelihara ikan louhan, agar ikan tersebut sehat dan atau bahkan bisa berkembang biak menjadi jumlah yang lebih banyak.

Kenali Jenis Ikan Louhan

Jenis ikan louhan cukup beragam ada yang berjenis golden monkey, golden base, kamfa dan zhen zhu. Setiap jenis tentunya memiliki karakteristik tersendiri sehingga anda perlu mempelajarinya sedikit demi sedikit. Hal ini dibutuhkan agar nanti anda bisa mengenali prilaku yang berbeda atau saat ikan sedang tempramen anda bisa mengatasinya. 

Pastikan Ukuran Akuarium Tepat

Ruang gerak ikan dapat mempengaruhi sehat atau tidaknya ikan louhan nantinya. Oleh sebab itu pastikan anda menempatkan ikan louhan dengan akuarium yang tepat. Tidak terlalu kecil sehingga sangat membatasi ruang geraknya sehingga dapat mempengaruhi kondisi ikan tersebut. Semakin sempit ruang geraknya maka semakin memungkinkan ikan akan mengalami stress dan mati. 

Adapun ukuran akuarium yang pas untuk ikan louhan sekitar 3-8 inci dimana sekitar panjang 90 x lebar 40 x tinggi 50 atau lebih. Semakin tinggi dan luas akuarium maka semakin baik untuk ikan lauhan agar lebih bebas bergerak.

Cek Suhu Air Secara Berkala

Suhu air juga dapat mempengaruhi kondisi ikan di dalamnya. Maka sesekali cek suhu air dalam akuarium anda. Normalnya suhu air yakni antara 28-30 derajat  celcius. Sedangkan untuk PH air, yakni antara 7,5-8.0 agar tidak mempengaruhi kualitas warna ikan louhan yang anda miliki. 

Jangan Asal Pilih Pakan

Cara perawatan ikan louhan selanjutnya adalah mengenai Makanan ikan louhan. Adapun pemberian pakan yang baik pada ikan louhan tidak setiap hari melainkan seminggu cukup 2x saja. Dengan memberikan pakan cacing darah beku dan udang akan meningkatkan warna sisik ikan louhan makin cantik dan menyala. 

Perkembangbiakan Ikan Louhan

Memiliki ikan louhan yang berhasil dikembangbiakan cukup sangat langka adanya. Jika anda memiliki sepasang ikan louhan, apabila setelah kawin pisahkan ikan betina dari ikan jantan. Karena dikhawatirkan jika sudah menetas akan dimakan jantannya. Oleh sebab itu agar tetap hidup maka sebaiknya dipisah antara betina dan jantan agar anak louhan tetap aman. 

Tidak hanya itu, pastikan filtrasi pada akuarium juga bagus agar tidak menghisap telur ikan saat dinyalakan. 

Perawatan Ikan Louhan Saat Sakit

Saat mendapati ikan louhan sakit, untuk melakukan Cara merawat ikan louhan yang sakit yakni pertama pisahkan dari kelompok ikan louhan tersebut agar tidak menularkan penyakit oada ikan louhan yang lain. Selanjutnya berikan perawatan terbaik denganmemperhatikan penyakit yang diderita. 

Jika sudah mengenalinya coba tanyakan pada ahlinya atau mencari informasi melalui internet terkait penyakit ikan louhan tersebut. Selebihnya anda bisa memberikan tindakan tindakan yang tepat terhadap ikan louhan yang sakit tersebut. Beberapa Cara Perawatan Ikan Louhan tersebut bisa anda lakukan di rumah. Selamat mencoba!