Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Jadi Primadona Lagi! Jenis Ikan Hias Air Tawar Yang Banyak Diminati

Jenis Ikan Hias Air Tawar Yang Banyak Diminati - Indonesia dijuluki sebagai negara maritim yang artinya negara dengan banyak kawasan lautan dan sebagian besar mata pencarian masyarakatnya adalah sebagai seorang nelayan. 

Diperhitungkan bahwa Indonesia memiliki wilayah lautan yang luas, yaitu 3.000.000 kilometer persegi. Yang terbagi dan tersebar di berbagai daerah. Laut sendiri dikatakan sebagai tempat untuk mempertahankan kedaulatan Tanah Air. 

Jenis Ikan Hias Air Tawar Yang Banyak Diminati

Adanya fakta ini melatar belakangi banyaknya bermunculan jenis ikan yang bertebaran didalamnya. Bukan hanya yang layak dikonsumsi tapi ada juga yang sengaja di budidayakan bahkan untuk hiasan

Bagi para pecinta ikan hias, tentunya akan melakukan apa saja asalkan hobinya tetap tersalurkan. Pastilah Harga bukan menjadi masalah yang besar. 

Secara sederhana ikan hias merupakan salah satu jenis ikan yang bukan diperuntukkan untuk dikonsumsi namun hanya untuk dijadikan hiasan, penghibur ketika lelah, maupun untuk memperindah rumah. 

Menjadikan ikan sebagai hewan peliharaan juga memiliki manfaat lho, bukan hanya sebagai pengindah ruangan anda, tapi ada sisi positif lainnya yang harus diketahui. Khususnya bagi pecinta binatang yang satu ini.  

  • Ikan hias dapat menghidupkan suasana rumah dan lebih berwarna.

  • Ikan hias dipercaya mampu mengurangi rasa stress akibat aktivitas seharian. cukup dengan memandang indahnya akuarium yang berisi ikan Anda, akan membuat perasaan menjadi terbukti bisa lebih tenang dan otak bisa lebih berkonsentrasi.

  • Memandang ikan yang berenang dalam akuarium, memiliki sebuah terapi yang dapat menurunkan tekanan darah, dan tubuh akan jauh lebih rileks lagi. 

Lalu apa saja sih jenis ikan hias yang sekarang banyak diminati dan dicari-cari? Ikan hias bukan hanya berasal dari perairan laut namun juga banyak ikan hias menakjubkan yang ditemukan diair tawar. Dan kini masih menjadi trending topic dikalangan pecinta ikan. 

Di Indonesia jenis ikan air tawar sangatlah melimpah, kurang lebih terdapat 363 jenis yang hidup di dalamnya, dan sering diekspor keberbagai negara luar. Ikan hias air tawar juga lebih mudah untuk dibudidayakan dari pada ikan hias air laut. 

Berikut jenis ikan hias air tawar yang banyak diminati dan masih hangat diperbincangkan. Yuk simak jenisnya!  

1. Ikan Hias Black Phantom

Ikan Hias Black Phantom

Banyak yang menyebutkan bahwa Ikan hias jenis memiliki nama yang cukup mengerikan. black phantom atau disebut juga sebagai ikan hantu hitam. Ikan hias ini mulanya berasal dari salah satu sunga di hutan Amazon.

Dilihat lebih teliti, ikan hantu hitam fisiknya mirip dengan belut listrik namun dengan versi kecilnya. Hal ini karena pada bagian perut terdapat sebuah sirip bergelambir dan bergerak mengalir mengikuti air.

Ikan ini memiliki warna hitam hampir pada seluruh tubuhnya, ya sesuai dengan namanya. Umumnya ikan hantu hitam memiliki sebuah garis  berwarna putih pada bagian ekornya. 

2. Ikan Hias Botia

Ikan Botia

Salah satu ikan yang mendunia dan banyak diburu oleh para pecinta ikan hias air tawar adalah Ikan hias botia. Jenisnya pun berbeda-beda, seperti ikan botia badut, ikan botia macan dan ikan botia India.

Memelihara Ikan botia dapat memberikan kesan warna yang kontras dan lumayan mencolok pada akuarium Anda. Hal ini karena umumnya ikan botia tubuhnya berwarna kuning keemasan. Pada dasarnya Ikan ini lebih aktif pada malam hari dan dapat memberikan variasi indah pada akuarium Anda.

3. Ikan Hias Mas Koki

Ikan Mas Koki

Banyak yang menyebutkan bahwa Ikan hias mas koki merupakan jenis ikan yang wajib ada pada akuarium ikan air tawar. Ikan hias mas koki atau carassius auratus memiliki sirip ekor ganda yang disebabkan oleh mutasi. 

Pada awalnya ikan mas koki, pertama kali dipelihara di China sekitar 1000 tahun lalu. Ikan ini dikenal sebagai jenis ikan dengan perawatan yang sangat  mudah, penghambatnya hanya pada tingginya nafsu makan yang sulit dikondisikan. 

Mas koki akan tetap menelan makanannya dan tidak akan berhenti sampai makannya dilahap habis, diperlukan nutrisi yang tinggi pada makanan agar ikan ini tidak mati kelaparan dan tetap memancarkan warna yang cantik. 

Jika berlebihan memberinya makan, akan mengakibatkan ketidakseimbangan pencernaan di dalam perut ikan dan pastinya akan membahayakan kesehatan. Jenis ikan mas koki sangat banyak dan memiliki harga yang relatif murah mulai dari Rp 15.000 sampai Rp 70.000-an ribu rupiah.


4. Ikan Hias Louhan

Ikan Louhan

Sebuah Akuarium air tawar bisa dikatakan tidak akan pernah lengkap jika belum memiliki jenis ikan louhan ini. Tak salah jika dikatakan seperti itu, dari covernya saja ikan louhan sangatlah menarik hati, tak jarang banyak masyarakat yang menyimbolkan sebagai pembawa keberuntungan dan kemakmuran. 

Siapa sangka ikan cantik air tawar yang satu ini pernah jadi primadona dikalangan pecinta ikan beberapa tahun yang lalu lho, adanya hal tersebut menjadikan harga jual ikan louhan melonjak cepat menjadi sangat mahal. 

5. Ikan Hias Neon Tetra

Ikan Hias Neon Tetra

Ikan Neon Tetra bisa didefinisikan sebagai jenis ikan yang sangat bergantung pada hadirnya teman disampingnya, Ikan neon tetra akan merasa gelisah jika ditinggal sendiri. Ketika ingin memeliharanya pastikan membeli lebih dari satu agar ikan tetap tenang. 

Ukuran ikan hias Neon Tetra  terbilang cukup kecil dan akan membuat penampilan akuarium Anda menjadi lebih ramai. Pasti akan terlihat cute jika bisa melihatnya berenang kesana kemari ber gerombolan, wah sangat indah jika dibayangkan. 

6. Ikan Hias Molly

Ikan Hias Molly

Ikan hias molly merupakan jenis ikan pemalu, dia akan segera bersembunyi jika melihat orang asing. Namun perawatannya terbilang cukup mudah, dari ukurannya pun tidak terlalu besar. Jadi cocok saja jika diletakan di akuarium Anda. 

Jangan terlalu agresif jika memelihara ikan hias Molly ini, karena sifat oemalunya ditakutkan nanti akan membuatnya stres dan matur jika mendapat banyak tekanan dari luar. 

7. Ikan Arwana

Ikan Arwana

Siapa yang tidak mengenal jenis ikan Sultan ini. Namanya yang unik dan mirip dengan salah satu tokoh komedian di Indonesia menjadikannya familiar dikalangan masyarakat. 

Ikan arwana atau scleropages Formosus sering disebut dengan nama siluk merah,ikan naga atau pun ikan khayangan oleh masyarakat. Arwana sendiri berasal dari Asia Tenggara yang hidup di air tawar.

Ukuran tubuhnya yang lumayan panjang, kerap disinggung mirip dan dihubungkan dengan naga di mitologi Tionghoa. Harga ikan arwana turut menguras kantong dan setiap jenisnya miliki nilai jual yang berbeda. 

Harga  jual yang paling murah adalah Rp 30.000. Sementara berbeda dengan jenis arwana  Platinum, nilai jualnya dapat melonjak tinggi dan bisa mencapai hingga Rp 5,7 miliar. 

 Namun sayangnya populasi Arwana kini terancam punah dan tidak dianjurkan untuk diperjual belikan lagi, karena banyak oknum bodong yang mengambilnya dari habitat alam menjadikannya sulit untuk bereproduksi. 

Cukup mengejutkan memang, bagaimana tidak keindahan alami dari berbagai jenis ikan ini tidak dapat didapatkan dimanapun. Para pecinta ikan hias pasti akan berlomba-lomba untuk mendapatkannya.