Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Ketahui 5 Manfaat Ikan Patin untuk Kesehatan

Ketahui 5 Manfaat Ikan Patin untuk KesehatanSiapa yang tidak kenal ikan patin? Masakan ikan patin sangat mudah ditemukan di berbagai restoran. Mulai dari warung nasi di pinggir jalan hingga restoran berbintang. Meskipun demikian, tak semua orang mengetahui manfaat ikan patin bagi kesehatan.

Manfaat Ikan Patin

Padahal, mengonsumsi ikan ini sangat baik bagi kondisi kesehatan tubuh. Hal ini dikarenakan kandungan nutrisinya seperti vitamin, protein, dan mineral yang bisa mencukupi kebutuhan gizi harian tubuh. 

Manfaat Ikan Patin untuk Kesehatan

Menjaga kesehatan tubuh sebetulnya tidak sulit. Cukup dengan mengonsumsi makanan bernutrisi saja sudah bisa membuat tubuh menjadi sehat. Salah satunya yaitu dengan mengonsumsi ikan patin.

Ikan patin memiliki bentuk yang mirip seperti ikan lele. Hanya saja, tekstur daging dari ikan ini lebih lembut dan memiliki rasa yang lebih gurih. Kandungan protein dari ikan patin juga lebih banyak. Tanpa basa-basi lagi, ketahuilah beberapa manfaat ikan patin berikut ini:

1. Membantu Pertumbuhan Bayi Jadi Optimal

Salah satu manfaat ikan patin untuk anak, yaitu membatu mengoptimalkan pertumbuhan bayi. Masa pertumbuhan bayi adalah masa keemasannya sehingga harus mendapat perhatian khusus. Adapun, nutrisi ikan patin yang bermanfaat untuk pertumbuhannya yaitu Omega-3.

Omega-3 dikenal sebagai nutrisi yang mampu membentuk struktur sel dan jaringan dalam tubuh. Hasil penelitian dari Universitas Oxford menunjukan bahwa anak yang mendapatkan asupan omega-3 dengan cukup dapat tumbuh lebih cepat.

Balita yang mendapatan cukup asupan omega-3 bisa berjalan lebih cepat yaitu 9 bulan dan berbicara sebelum genap berusia 1 tahun. Selain itu, perkembangan otak anak juga akan menjadi lebih optimal.

2. Menyehatkan Janin bagi Ibu Hamil

Selain bermanfaat untuk anak, manfaat ikan patin untuk ibu hamil juga sudah terbukti melalui beberapa penelitian ilmiah. Ibu hamil yang mengonsumsi ikan patin secara rutin dengan porsi yang sesuai anjuran dokter akan bermanfaat bagi janin yang dikandungnya.

Kandungan DHA yang terdapat pada ikan patin dapat menyehatkan janin selama masa kehamilan. Dengan demikian, tingkat risiko bayi lahir tidak normal akan semakin berkurang. Setelah bayi lahir, ikan patin juga bisa dijadikan menu MPASI.

3. Menurunkan Kolestrol

Mengonsumsi ikan patin secara rutin mampu menurunkan kolestrol. Hal ini dikarenakan kandungan lemak yang ada merupakan lemak tak jenuh. Jadi, bagi yang memiliki kadar kolestrol cukup tinggi dalam tubuh bisa coba untuk mengonsumsi ikan patin. 

Pada umumnya makanan yang berasal dari hewan seperti ikan mengandung lemak jenuh sehinga dapat memicu kolestrol. Namun, lemak pada ikan patin justru merupakan lemak tak jenuh sehingga tidak berbahaya.

4. Menyehatkan Otot

Selain dagingnya, manfaat kulit ikan patin juga sangat berkontribusi pada kesehatan tubuh. Kulit yang dikonsumsi bersamaan dengan dagingnya dapat menyehatkan otot. Hal ini dikarenakan kandungan protein yang cukup besar pada ikan patin.

Protein memang sangat baik terhadap kesehatan otot. Selain membantu pembentukan otot, protein ikan patin juga akan menjaga fungsi otot sehingga dapat berperan optimal dalam membakar lemak dan kalori.

5. Mencegah Kardiovaskular

Manfaat lainnya dari ikan patin yaitu dapat mencegah kardiovaskular. Seseorang yang rutin mengonsumsi ikan ini berisiko lebih rendah menderita penyakit kardiovaskular. Di mana penyakit ini sangat berbahaya dan bisa mengakibatkan stroke.

Penutup

Itulah 5 manfaat ikan patin untuk kesehatan. Memilih makanan bernutrisi adalah cara terbaik untuk menjaga tubuh tetap sehat dan terhindar dari berbagai risiko penyakit. Meskipun demikian, pastikan konsultasi terlebih dahulu dengan dokter untuk konsumsi secara ruitin.