Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

7 Cara Merawat Aquascape untuk Pemula

Tahu nggak sih, menata estetika akuarium itu ada ilmunya. Namanya adalah aquascape. Selain harus ditata dengan baik agar terlihat indah, Anda perlu juga tahu cara merawat aquascape untuk pemula dengan benar.

Cara Merawat Aquascape

Sebab dalam perjalanan waktu, Aquascape tentu akan mengalami berbagai permasalahan. Mulai dari bertumbuhnya lumut, air yang menjadi keruh dan kotor, dan serta permasalahan lainnya.

Cara Merawat Aquascape dengan Mudah

Ada berbagai cara menjaga aquascape agar tetap indah. Namun kali ini, kami hanya akan membahas cara yang paling mudah saja, diantaranya:

1. Mengganti Air dengan Rutin

Dengan berbagai macam biota yang ada di dalam akuarium, air tentu akan cepat menjadi keruh. Sebelum mengganti air, Anda bisa mencoba cara merawat aquascape agar tetap jernih, diantaranya adalah:

  • Jangan memasukkan benda asing ke dalam aquascape (termasuk tangan)
  • Hindarkan dari sinar matahari secara langsung
  • Stabilkan air pada suhu rata-rata 26 derajat celcius
  • Gunakan filter air yang tepat (direkomendasikan yang UV)
Jika Anda bisa melakukan beberapa hal di atas, kami jamin aquascape Anda akan tahan jernih. Sehingga, Anda tidak terlalu sering mengganti air yang ada di dalam akuarium.

Meskipun demikian, Anda harus tetap mengganti air secara rutin. Sebab, dengan kondisi air yang sama dalam kurun waktu yang lama, bisa berdampak buruk pada biota yang ada di dalam aquascape Anda.

2. Beri Pupuk secara Teratur dan Cukup

Pupuk adalah masalah penting ketika merawat aquascape. Proses pemberiannya pun harus dilakukan dengan benar. Sebab jika terlalu banyak akan meracuni ikan, jika terlalu sedikit, tanaman air Anda tidak akan tumbuh dengan baik.
Maka dari itu, Kalian direkomendasikan untuk menggunakan pupuk cair Aquascape agar lebih mudah memberikan nutrisi pada akuarium Anda.

Pupuk adalah bagian penting dari cara merawat aquascape untuk pemula. Sebelum harus dilakukan dengan hati-hati agar dua jenis biota tetap bisa hidup dalam akuarium Anda.

3. Membersihkan Lumut atau Alga yang Tumbuh

Salah satu pengganggu ekosistem aquascape adalah tumbuhnya alga. Ada beberapa cara merawat aquascape agar tidak berlumut yang bisa Anda lakukan. Di antaranya adalah:

  • Rutin mengganti air jika sudah waktunya
  • Jangan memberi makan ikan dengan dosisi yang terlalu banyak
  • Atur pencahayaan agar sebaik mungkin
  • Gunakan filter terbaik untuk menyaring kotoran dalam air
  • Pelihara ikan pemakan alga
  • Jangan membiarkan aquascape terkena cahaya matahari secara langsung
  • Bersihkan lumut yang baru tumbuh secara manual atau gunakan pembersih kaca
Jika Anda bisa melakukan beberapa tips-tips cara merawat aquascape untuk pemula di atas, dijamin akuarium Anda akan bebas dari lumut.

Tumbuhan ini tentu sangat mengganggu. Selain merusak estetika aquascape, lumut dipercaya juga bisa mengganggu kesehatan ikan yang hidup di dalamnya. Maka dari itu, perhatikan hal tersebut ya.

4. Tambahkan Air Secara Rutin

Pada kondisi suhu normal, air tetap akan menguap. Sehingga, makin lama air dalam aquascape Anda akan semakin berkurang. Maka dari itu, perlu ditambah. Agar air mencapai volume yang sesuai untuk menjaga biota di dalamnya.

Standarnya, Anda bisa menambahkan air dua hari sekali. Sesuaikan saja dengan penguapan yang terjadi. Jika banyak, maka tambahkan air yang banyak pula.

Penambahan air ini juga berfungsi agar biota di dalam aquascape Anda mendapatkan variasi air. Sehingga, dalam tempo dua hari sekali, ada mineral baru yang masuk ke dalam akuarium tersebut.

5. Merawat Sistem Filtering Air

Salah satu komponen penting untuk menjaga aquascape agar tetap sehat dan estetik adalah merawat sistem filtering air. Kenapa hal ini penting?

Sebab filter adalah bagian yang menjaga aquascape tetap bersih dari kotoran yang melayang. Filter akan menyerap semua kotoran. Sehingga filter ini perlu dibersihkan secara berkala.

Jangan sampai Anda membuat filter tersumbat oleh kotoran dan akhirnya semua air malah terkontaminasi oleh kotoran tersebut. Batasi proses pembersihan filter ini minimal satu minggu sekali.

6. Jaga Tanaman Agar Tidak Terlalu Rimbun

Cara merawat aquascape untuk pemula selanjutnya adalah memperhatikan tanaman. Dalam kondisi yang sehat, tanaman akan tumbuh dengan cepat. Kenapa harus dipangkas?

Tumbuhan yang terlalu rimbun bisa memuat space akuarium menjadi sempit. Akhirnya bisa berdampak pada kondisi kesehatan ikan. Pergerakan ikan yang terhambat bisa membuatnya stress. Sehingga hal tersebut bisa membuat ikan mati.

Anda harus memilih;

  • Memangkas tumbuhan air yang ada atau,
  • Mengurangi jumlah ikan di dalam aquascape
Dua hal di atas perlu sekali diperhatikan agar ada kesimbangan ekosistem di dalam aquascape.

7. Merawat Aquascape Tanpa CO2

Jika Anda memiliki aquascape tanpa CO2, maka hal yang perlu Anda lakukan adalah memastikan asupan CO2 alami di dalamnya tetap ada.

Sebab, CO2 sangatlah dibutuhkan untuk kelangsungan hidup ikan dan tumbuhan air di dalam akuarium. Adapun cara merawat aquascape tanpa CO2 adalah sebagai berikut:

  • Mengatur pencahayaan agar lebih gelap (untuk mengurangi fotosintesis)
  • Memberikan pasir dan batu dengan cukup
  • Mengganti air secara rutin dan konsisten
  • Memilih tanaman yang membutuhkan sedikit CO2
  • Lebih baik memilih ikan yang kuat (optional)
cara merawat aquascape tanpa CO2 memang agak sedikit berbeda. Kuncinya adalah perhatian yang konsisten. Jika Anda ingin melihat aquascape tampak indah dan sehat setiap saat, maka lakukan berbagai tips yang kami jelaskan di atas.

Penutup

Memang sih, semua cara merawat aquascape untuk pemula di atas tidak mudah untuk dilakukan. Tentu,, semua hal di atas membutuhkan kesabaran. Namun jangan khawatir! Dengan sedikit semangat, Anda pasti akan segera terbiasa melakukannya. Selamat mencoba!