Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Kandungan Gizi Ikan Gabus Serta Manfaatnya untuk Tubuh

Ikan gabus merupakan salah satu jenis ikan tawar yang disukai oleh banyak orang. Selain rasanya yang enak, kandungan gizi ikan gabus juga sangat baik untuk kesehatan. Mengonsumsi ikan gabus dipercaya dapat membantu pemulihan luka dengan cepat.

Kandungan Gizi Ikan Gabus

Apa Saja Kandungan Gizi Ikan Gabus?

Ikan gabus dikenal dengan nama latin Channa striata dan merupakan ikan predator karena memangsa ikan sebagai makanannya. Habitat asli dari ikan ini yaitu perairan di Asia Tenggara, maka tak heran jika ikan gabus memang banyak ditemukan di negara seperti Indonesia, Thailand, Malaysia, dan negara Asia Tenggara lainnya.

Meskipun bentuk tubuh dari ikan gabus cukup menyeramkan, kandungan gizi ikan gabus per 100 gram sangat bermanfaat untuk kesehatan. Menurut Data Komposisi Pangan Indonesia atau DKPI, dalam setiap 100 gram ikan gabus terkandung nutrisi sebagai berikut:

  • Protein
  • Air
  • Lemak
  • Kalsium
  • Kalium
  • Natrium
  • Vitamin A
  • Vitamin B1
  • Vitamin B2
  • Vitamin B3

Manfaat Ikan Gabus

Kandungan gizi ikan gabus lebih baik dari beberapa jenis ikan tawar lainnya. Maka, konsumsi ikan gabus sangat dianjurkan terutama untuk anak-anak yang masih dalam masa pertumbuhan sehingga tidak mengalami gizi buruk.

Manfaat ikan gabus untuk anak salah satunya yaitu dapat merangsang perkembangan otak sehingga dapat membuat anak menjadi lebih pintar. Selain itu, ada juga beberapa manfaat lainnya yang juga tak kalah pentingnya yaitu:

1. Membantu Pembentukan Otot

Setiap ikan pasti mengandung protein dan kandungan protein ini sangat bermanfaat untuk membantu pembentukan otot. Menariknya, protein dalam ikan gabus jauh lebih banyak dibandingkan dengan ikan lainnya.

Protein  yang terdapat dalam ikan gabus yaitu sekitar 25%. Kandungan ini jauh lebih besar jika dibandingkan dengan ikan mas yang hanya memiliki 16% protein saja. Kemudian, lebih banyak dari ikan kakap yang hanya mengandung 20% protein.

2. Mencegah Gangguan Gizi Buruk

Anak-anak hingga ibu hamil  rentan mengalami gangguan gizi buruk. Namun, hal ini dapat dicegah jika mengonsumsi ikan gabus. Hanya dengan mengonsumsi 100 gram ikan gabus saja sudah cukup untuk mencukupi gizi harian.

Gizi buruk tentunya bisa berakibat fatal bagi kondisi tubuh sehingga nutrisi yang diterima tidak bisa diedarkan dengan baik. Adapun, penyebab dari gangguan gizi buruk yaitu kurangnya asupan nutrisi yang diterima oleh tubuh.

3. Mempercepat Pemulihan Pasca Operasi

Manfaat lainnya dari mengonsumsi ikan gabus yaitu dapat mempercepat masa pemulihan pasca operasi. Berdasarkan hasil penelitian dari Universitas Hasanuddin, konsumsi ikan gabus selama 14 hari terbukti memiliki manfaat.

Khususnya bagi pasien yang telah menjalani operasi. Konsumsi ikan gabus akan sangat bermanfaat untuk mempercepat pemulihan luka pasca operasi. Salah satu contohnya yaitu pemulihan setelah operasi Caesar.

Meskipun demikian, cara memasak ikan gabus untuk pengobatan tentunya sedikit berbeda dari cara biasanya. Ada hal-hal yang perlu diperhatikan seperti memasak dengan suhu yang tidak terlalu panas dan tidak membekukan ikan sebelumnya.

4. Menjaga Fungsi Sistem Pencernaan

Dengan kandungan nutrisi yang kompleks, ikan gabus baik untuk kesehatan sistem pencernaan. Bagi yang sering mengalami gangguan pencernaan seperti sembelit dan susah buang air besar, maka sebaiknya mengonsumsi ikan gabus setidaknya satu kali dalam seminggu.

5. Memenuhi Kebutuhan Cairan Tubuh

Nutrisi dalam ikan gabus dapat menjaga cairan dalam tubuh sehingga hanya mengalir di dalam darah saja. Dengan demikian, cairan tidak akan mengalir ke jaringan tubuh lainnya sehingga tubuh tidak akan kekurangan cairan.

Penutup

Demikian informasi mengenai kandungan gizi ikan gabus serta manfaatnya bagi tubuh. Bagi yang memiliki alergi terhadap nutrisi ikan sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter sebelum mengonsumsi ikan gabus.