Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Mengenal Ikan Channa Auranti, Jenis Ikan Gabus Yang Populer

Mengenal Ikan Channa Auranti - Ikan gabus itu ternyata ada banyak sekali jenisnya lho, dan ada banyak sekali yang memiliki corak yang cantik dan menarik. Channa Auranti merupakan salah satu jenis ikan gabus yang bisa kita temui di Indonesia dan sekarang ini pun tengah marak dan juga digemari. Ikan ini pun merupakan salah satu jenis ikan yang sangat digemari juga oleh para pecinta ikan predator yang ada di Indonesia.

Mengenal Ikan Channa Auranti, Jenis Ikan Gabus Yang Populer

Ikan ini banyak dikenal, salah satu nama yang cukup dikenali dari ikan ini adalah orange spotted snakehead. Meskipun dikenal akan tetapi masih banyak orang yang keliru dan salah dalam membeli, mungkin karena tidak tahu secara pasti. Oleh karena itulah sebelum membeli memang ada beberapa hal yang harus diketahui dan berikut ini kami akan jelaskan satu per satu. 

Klasifikasi Ilmiah

Jadi ikan ini itu memiliki klasifikasi ilmiah yang harus diketahui terlebih dahulu untuk supaya bisa mengenali karakteristiknya terlebih dahulu. Jadi secara Kingdom ikan ini adalah animalia, dengan filum Chordata, kelasnya Actinopterygii, ordo perciformers, famili Channidae. Untuk genus Channa, spesiesnya C. Aurantimaculata, dan memiliki nama latih atau nama ilmiah Channa Aurantimaculata.
 

Bentuk Fisik

Bentuk fisik dari ikan ini itu bisa mencapai kurang lebih 40 cm dan memang dari sisi bentuk sedikit sulit untuk mengenali karena mirip ikan yang lain. Untuk bisa mengenali ikan ini dengan baik, maka diperlukan untuk melihat secara detail dan juga fokus, jangan hanya sekilas saja. Pada dasarnya ikan ini memiliki tubuh dengan warna cokelat, dan ada beberapa ciri khusus yang harus Anda perhatikan.
 
Ikan ini memiliki warna cokelat yang tercampur dengan beberapa garis-garis yang memiliki warna orange, garisnya itu vertikal. Ikan dengan nama Channa Auranti ini memiliki bentuk kepala yang lebih kecil namun memiliki sirip yang panjang membentang. Karena hal ini juga yang kemudian membuat bentuk badannya jadi terasa lebih besar, dan untuk kepalanya itu memiliki warna kebiruan. 
Warna biru yang ada di ujung-ujung bagian ikan seperti kepala dan juga ujung sirip yang membuatnya seperti ikan jenis lain. 

Makanan Channa Auranti

Ikan jenis ini bisa dibilang sebagai salah satu jenis ikan yang cukup mudah untuk dipelihara karena makanan yang mudah didapat. Karena ikan ini sebenarnya makanan utamanya itu adalah makan ikan yang berukuran lebih kecil atau juga serangga. Jadi Anda itu tinggal memberi makan ikan yang kecil-kecil atau juga serangga seperti makanan yang didapat di alam liarnya.
 
Sebenarnya ada beberapa alternatif makanan yang bisa diberikan kepada ikan Channa Auranti seperti cacing, ulat Jerman, ulang Hongkong, udang dan juga kerang. Satu tips penting adalah hindari memberi ikan ini makanan seperti daging mamalia atau juga unggas seperti ayam dan sebagainya. Jika kesulitan mencari ikan kecil maka bisa mencari di pasar udang dan kemudian di potong kecil-kecil sebelum diberikan.
 

Habitat Dan Karakteristik

Ikan ini akan bisa Anda temui di hutan hujan tropis, tempat yang sering mengalami hujan deras dan memiliki kelembaban yang tinggi dengan suhu panas yang tinggi. Ini adalah ikan yang termasuk memiliki kemampuan melompat yang cukup tangguh dan juga cerdik dalam melompat. Jadi sedikit saja ada celah di bagian atas mungkin akan membuat ikan ini bisa keluar dengan mudah dan ini harus diperhatikan.
 
Sebisa mungkin apabila memelihara Channa Auranti ini di akuarium maka bagian atasnya itu harus benar-benar ditutupi tanpa ada celah sekalipun. Karena celah sedikit saja akan bisa membuat ikan ini loncat keluar, bahan yang terlalu tipis atau ringan juga sebaiknya diberikan penutup yang berat. Hal ini harus diperhatikan agar supaya Anda bisa memelihara ikan tersebut dengan baik dan tidak loncat dari akuarium.

Temperamen

Ikan ini memiliki sifat teritorial, dan ikan ini sangat agresif sekali dalam mempertahankan wilayah yang dimilikinya itu. Sehingga lebih baik kalau memelihara ikan ini secara terpisah dan juga secara individual, tidak bersama dengan ikan lainnya. Karena ikan ini akan bisa membahayakan ikan yang lainnya dan mungkin akan menyerang ikan yang lainnya.

Harga Channa Auranti

Apabila ingin membeli ikan ini tentu saja kita itu perlu sekali untuk mengerti dan memahami dulu soal harga dari ikan ini. Kita harus tahu juga harga pasarannya apabila kita akan memulai bisnis dan juga usaha jual dan beli ikan gabus jenis ini. Berikut ini informasi soal harga dari ikan tersebut yang bisa kita lihat dengan mudah di e-commerce Online.
 
Untuk harga normal dari ikan tersebut adalah 410 ribu, untuk ukuran 15 sampai 17 cm akan memiliki harga 650 ribu. Harga terbesar atau termahal dari Channa Auranti adalah 2,5 juta Rupiah yang memang sangat fantastis.