Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Mengenal Ikan Channa Maru Hias Bermata Merah yang Mempesona

Mengenal Ikan Channa Maru - Mungkin Anda sudah pernah mendengar ikan jenis Channa Maru? Ikan ini merupakan salah satu jenis ikan hias yang saat ini tengah difavoritkan oleh banyak orang termasuk para artis dan tokoh terkenal lainnya di Indonesia. 

Ikan Channa Maru

Apalagi di tengah masa pandemi seperti saat ini, memelihara ikan hias menjadi salah satu cara untuk menjaga imunitas tubuh dengan baik. Pasalnya memelihara ikan bisa memberikan rasa senang sehingga tubuh pun akan terasa lebih kuat dan sehat. Ikan yang termasuk jenis ikan predator ini memiliki ciri khas dengan mata yang merah dan corak sisik berbentuk bunga teratai yang mempesona. 

Berikut adalah beberapa info menarik terkait ikan yang bernama Channa Maruilies ini untuk Anda yang tengah penasaran dengan segala hal tentangnya. 

Baca Juga : 37 Jenis Ikan Gabus Hias atau Channa Lengkap Beserta Gambarnya

Klasifikasi Ilmiah

Klasifikasi Ilmiah
Kerajaan : Animalia
Filum : Chordata
Kelas : Actinopterygii
Ordo : Anabantiformes
Famili : Channidae
Genus : Channa
Spesies : C. Marulius
Nama Binomial : Channa Marulius

Ciri Fisik Ikan Channa Maru

Ikan Channa Maru memiliki bentuk dan ciri fisik yang terbagi ke dalam 3 fase kehidupannya. 

Ikan Channa Maru

1. Fase pertama

Adalah fase ketika ikan Maru masih kecil dan memiliki ukuran sekitar 3 hingga 10 cm. Pada fase ini ikan Maru akan terlihat memiliki warna kebiruan. 

Fase kedua

Terjadi ketika ikan Maru berukuran sekitar 10-30 cm. Pada fase ini memiliki tanda khusus yaitu perubahan warna kulit menjadi warna coklat dengan perut putih yang mirip dengan penampakan ikan gabus biasa. 

Fase ketiga

Merupakan fase ikan Maru dewasa yaitu pada usia sekitar 1,5 tahun. Dimana pada fase ini ikan Maru akan mengeluarkan corak berwarna hitam dengan pinggiran putih berbentuk bunga teratai di sepanjang sisiknya. 

Semakin tua ikan Maru maka akan semakin banyak corak yang dimilikinya. Adapun corak ikan Maru tergantung berdasarkan lokasi penyebaran ikan channa Maru tersebut. 

Penyebaran Wilayah

Channa Maru ini memiliki daerah penyebaran di Indonesia terutama di beberapa wilayah seperti perairan Sumatera dan Kalimantan. Sehingga karena memiliki wilayah penyebaran yang cukup banyak, hal itu menyebabkan ikan Maru pun memiliki banyak nama sesuai dengan wilayah penyebarannya.
 
Seperti misalnya ikan Toman Bunga di Melayu, Peyang di Kalimantan dan Jalai di Sumatera. Ikan yang juga memiliki julukan populer yaitu Emperor Snakehead ini juga ada di negara Asia lainnya seperti Thailand, Malaysia serta negara Asia Tenggara lainnya.

Habitat Ikan Maru

Ikan Channa ini termasuk ke dalam jenis ikan yang teritorial. Maksudnya adalah jika Anda ingin memeliharanya dalam akuarium, maka lebih baik jika memelihara satu ikan saja di dalamnya. Karena jika dicampurkan dengan jenis ikan lainnya, selain ukuran yang mungkin tak sepadan juga memiliki karakteristik yang tak cocok dengan jenis ikan lainnya.

Karakteristik Ikan Maru

Menurut pengamatan kolektor ikan Maru, ikan ini memiliki karakteristik perilaku yang agresif. Namun banyak juga yang menjelaskan bahwa ikan ini lebih cenderung tenang dan damai ketika masih berusia remaja. Ikan ini akan menjadi lebuh agresif justru ketika sudah mencapai kematangan seksualnya.

Makanan Ikan Channa Maru

  • Cacing sutra
  • Udang
  • Jangkrik
  • Ikan kecil
  • Pelet
  • Cacing tanah
  • Kecoa Dubia
  • Ulat Hongkong

Cara Merawat Ikan Channa Maru

Ikan Channa Maru lebih dikenal sebagai ikan konsumsi yang banyak digunakan oleh masyarakat Kita untuk mempercepat penyembuhan luka. Seperti misalnya untuk mempercepat penyembuhan luka jahitan pasca operasi Caesar bisa dengan mengonsumsi ikan gabus atau ekstrak gabus yang kini sudah dibuat dalam bentuk kapsul.
Namun kini ikan ini sudah menjadi salah satu ikan hias yang diincar oleh para kolektor ikan hias karena memiliki harga yang cukup fantastis yaitu sekitar puluhan juta rupiah untuk satu ekornya. 
Lalu bagaimana cara melakukan perawatan ikan Channa ini?
  1. Ikan ini bisa tumbuh maksimal hingga ukuran 65 cm sehingga jika Anda ingin memeliharanya di akuarium maka tentu butuh akuarium berukuran besar
  2. Direkomendasikan akuarium sepanjang 2 meter untuk bisa memelihara ikan ini secara memadai. Meski begitu lebih disarankan lagi untuk memelihara ikan ini di kolam karena di lingkungan yang bersih dan lebih luas ikan ini akan hidup dengan lebih sehat serta bahagia. 
  3. Berikan makanan berupa ikan kecil. Diutamakan ikan yang masih hidup sehingga masih segar dan juga agar ikan memiliki skill berburu yang teruji serta terlatih dengan baik. 
  4. Lengkapi lingkungan tempat hidupnya dengan dekorasi tanaman air. Lakukan hal itu agar ikan bisa hidup dengan nyaman. 
  5. Memilih tankmate dengan tepat. Ikan ini bisa memiliki tankmate saat masih kecil. Namun ketika sudah dewasa, maka disarankan untuk memeliharanya sendirian saja. 
  6. Memilih background akuarium yang tepat. Warna background hitam untuk menonjolkan warna ikan, hijau untuk kesan alami dan biru untuk kesan segar sesuai habitat alami ikan. Itulah beberapa informasi tentang ikan Channa Maru.