Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Mengenal Ikan Tombro, Si Ikan Konsumsi yang Enak

Pada kali ini saya akan bahas ikan konsumsi air tawar yaitu ikan tombro. Apakah ikan tombro itu ? ikan tombro merupakan spesies ikan air tawar yang biasanya dikonsumsi oleh masyarakat karena rasanya yang enak dan gurih. Selain gurih ikan tombro ini mempunya kandungan gizi yang banyak juga diantaranya proteinnya 31,7 gram, karbohidrat 0.3 gram, lemak 2,8 gram, kalsium 279 mg serta vitamin a, b1, d dan masih banyak lagi.

Ikan Tombro

Ikan tombro ini biasa disebut dengan ikan mas dengan nama latin Cyprinus carpio. Jadi buat kalian yang mencari apakah ikan perbedaan ikan tombro dan ikan mas itu tidak ada karena memang beda penyebutannya saja. Biar kalian gak penasaran simak saja beberapa poin tentang ikan tombro ini.

Ciri-Ciri Ikan Tombro 

Ciri-ciri paling menonjol dari ikan jenis ini ialah sisiknya yang banyak sekali dan terlihat jelas karena ukuran sisiknya yang besar. Tubuhnya pun berbentuk memanjang dan agk membentuk oval. Panjang ikan ini bisa mencapai se-lengan orang dewasa. 

Ikan tombro ini termasuk ikan omnivora alias ikan pemakan segalanya dan juga ikan ini sangat rakus sekali pada saat makan. Tak heran jika ikan ini dilepas di danau atau alam liar maka ikan ini akan berukuran monster. karena rakus dan cepat besar serta rasanya enak jika dikonsumsi dengan benar maka saat ini banyak sekali yang sudah membudidayakan ikan tombro ini.

Perbedaan Ikan Tombro Jantan dan Betina

Sebelum masuk cara budidaya ikan tombro ini sebaiknya kalian harus paham dulu cara membedakaan ikan tombro jantan dan betina. Hal ini dikarenakan tidak semuanya pembudidaya ikan ini hanya membeli bibitnya saja tetapi ada juga yang membudidayakan nya dengan berternak. 

Perbedaannya antara lain untuk ikan jantan bentuk tubuhnya lebih ramping dibandingkan betina dan juga ikan jantan berenangnya lebih aktif daripada yang betinanya. Jika sudah siap dipijah ukuran perut ikan betina akan tampak lebih besar dibandigkan jantan. Cara lain untuk mematikannya ialah jika perut ikan tombro betina ditekan akan mengeluarkan cairian kuning berarti sudah dipastikan itu betina dan jika ditekan perutnya keluar cairan berwarna putih maka itu ikan tombro jantan. 

Cara Budidaya Ikan Tombro

Cara budidaya ikan ini sebenarnya susah-susah gampang karena ikan ini merupakan ikan yang cepat besar dan mudah diberi makan. Di lain hal ikan ini merupakan ikan yang butuh tempat luas dan oksigen dalam air yang cukup sehingga kolam budidaya harus banyak pancuran airnya supaya oksigen terlarut dalam air mencukupi. Berikut beberapa poin dalam proses budidaya ikan tombro ini:

1. Kolam

Seperti yang sudah saya sebtkan diatas kolam ikan untuk pembudidayaan ikan ini harus cukup secara luasnya dan kedalaman minimal 0.75cm. Dan juga oksigen yang baik dalam air. Lebih bagus lagi jika menggunakan kolam yang terdapat mata air nya sehingga air akan terus bersikulasi dan lebih segar airnya. 

Pisahkan kolam untuk proses kawin ikan dan juga kolam untuk pembesar benih ikan ini.

2. Pemijahan Ikan Tombro

Tahap ini adalah tahap breeding jika kalian mempunyai ikan tombro dewasa. Skip saja tahap ini jika kalian ada tipe budidaya yang membeli bibit dan membesarkannya. Pada tahap breeding pastikan kalian sudah paham dan tahu mana ikan tombro jantan dan betina seperti yang sudah saya jelaskan diatas.

Setelah mau dipijah sebaiknya satukan 2 ekor jantan dan 1 ekor betina di dalam kolam yang sudah di siapkan tanaman air atau jaring proses nya sebagai wadah untk telurnya. setelah air sudah banyak berbusa dan terlihat banyak telur sebaiknya pisahkan ikan yang dewasa dan biar kan telur-telur itu sampai menetas menjadi burayak ikan atau bibit.

3. Proses pemeliharaan

Pada proses ini pastikan kolam pemeliharaan bibit ini bebas dari hama atau predator lain ya. Pemeliharaan ikan ini pastikan suhu air terjaga di 24 celcius hingga 30 celcius dengan pH air 6 sampai 7 agar ikan ini dapat tumbuh optimal.

Jika kondisi air bagus maka ikan ini nafsu makannya semakin menggila dan dapat tumbuh cepat dan optimal yang artinya masa panen akan lebih cepat nantinya.

4. Pemberian Pakan

Ada beberapa tahapan pemberian pakan dalam hal budidaya ikan, biasanya ikan dengan ukuran kecil atau anakan ikan tentunya berbeda dengan ikan yang sudah mulai besar. Pada tahapan anakan ikan sebaiknya diberikan makanan yang halus-halus atau berukuran kecil seperti pelet ikan yang dihancurkan, kuning telur, kutu air atau bisa juga cacing darah dan cacing sutera. Nah jika sdah mulai agak besar kalian bisa gunakan pelet ikan yang berpotrein tinggi ataupun biasanya peternak ikan punya resep rahasia pelet buatan agar ikan cepat besar. 

Pakan ikan yang bergizi dan berprotein tinggi dapat mempercepat pertumbuhan ikan ternak kalian. Namun hal ini perlu diperhatikan karena biasanya pakan ikan yang tinggi protein dan bergizi lengkap harganya tidak murah. Jangan sampai hasil jualan ternak ikan kalian terganggu karena pakan yang mahal. Hal ini sebaiknya kalian hitung-hitung lagi deh mana yang enak buat kalian.

Dalam pembudidayaan ikan tombro sebaiknya diberi makan 3 kali sehari saat pagi hari lalu siang dan sore hari. Pada malam hari biarkan ikannya istirahat dan menghistirahatkan pencernaannya.

5. Panen Ikan Tombro

Hal yang paling sering ditanyakan pada saat memulai buiddaya ikan tmbro ini ialah berapa lama pertumbuhan ikan ini ?. Idealnya pertumbuhan ikan tombro ini berkisar antara 3 hingga 5 bulan. Pertumbuhan ikan ini sampai panen itu banyak faktor penting diantaranya ialah ukuran kolam pembesaran, kualitas air, genetik ikan itu sendiri dan pakan yang bergizi.

Saran sebelum memulai bisnis buddaya ikan tombro ini kalian wajib tahu dimana kalian akan jual hasil panennya atau mencari pembelinya karena jika tidak pasti akan repot.

Pentup

Sekian artikel mengenal ikan tombro ini yang menurut saya peluang bisnisnya masih terbuka untuk kalian yang mau memulai membudidayakannya karne arasanya yang gurih dan ikan tombro ini enak dimasak apa saja sesuai selera kalian. Semoga kalian yang ingin budidaya ikan ini dan membaca artikel ini dilancarkan usahanya. Amin