Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ikan Channa Pulchra, si Ikan Gabus Ganteng dari Myanmar

Ikan gabus jenis Channa Pulchra menjadi salah satu referensi jika Anda ingin memelihara ikan Channa namun terkendala terbatasnya tempat yang dimiliki. Ikan ini merupakan jenis ikan gabus hias yang berukuran kecil sehingga bisa Anda pelihara di akuarium yang tak terlalu besar. Nama umum dari ikan ini adalah Peacock Snakehead. 

Ikan Channa Pulchra, si Ikan Gabus Ganteng dari Myanmar

Saat ini banyak orang yang menyukai koleksi ikan hias untuk menghibur diri mereka ketika berada di rumah saja. Masa pandemi yang membuat banyak masyarakat mau tidak mau harus berdiam diri di rumah harus bisa mengisi waktu di rumah dengan kegiatan yang menyenangkan. Salah satunya adalah dengan memelihara ikan hias. 


Klasifikasi Ilmiah

Kingdom : Animalia
Filum : Chordata
Kelas : Actinopterygii
Ordo : Perciformes
Famili : Channidae
Genus : Channa
Spesies : C. Pulchra
Nama Latin : Channa Pulchra
Origin : Myanmar

Ciri Fisik Ikan Pulchra


Ikan ini adalah jenis ikan gabus yang berukuran kecil yang memiliki corak yang menarik dan unik. Ikan ini memiliki bentuk tubuh yang berukuran panjang hingga sekitar 30 cm dan berwarna abu kebiruan dengan ciri bintik warna oranye yang khas. 
Pada bagian siripnya Anda akan menemukan warna biru yang solid lengkap dengan strip berwarna hitam di bagian tepinya. Itulah yang kemudian menjadi daya tarik yang khas dari ikan Channa yang satu ini.
 

Penyebaran Wilayah Ikan Gabus Pulchra


Genus Channa memiliki persebaran alam yang lumayan luas yang mana membentang dari wilayah Irak yang ada di barat, Indonesia hingga wilayah Cina yang ada di timur. Selain itu ikan Channa juga banyak ditemukan di sebagian wilayah Siberia yang ada di timur jauh.
 
Adapun untuk jumlah kekayaan ikan Channa yang terbanyak terdapat di Myanmar dan India. Di daerah selain itu sangat jarang didapatkan jenis ikan Channa yang berasal dari Myanmar tersebut.
 

Habitat Ikan Gabus Pulchra


Ikan jenis Channa Pulchra ini adalah jenis ikan gabus yang memiliki sifat teritorial air tawar. Ikan ini bisa tumbuh dengan ukuran maksimal sekitar 30 cm. Bisa hidup dengan baik pada kondisi perairan yang rendah kadar oksigennya karena memiliki kemampuan untuk mengambil oksigen langsung dari udara.
 
Sehingga jika Anda memeliharanya di akuarium maka tidak butuh penambah oksigen atau instalasi aerator lagi.
Habitat alami ikan ini adalah di aliran sungai yang tenang dan memiliki karakteristik berbatu, lengkap dengan tanaman air di sekitar sungai tempatnya hidup.
 
Jika Anda memeliharanya di kolam maka sebaiknya lengkapi kolam atau akuarium dengan ranting, kendi, pipa yang tenggelam atau tanaman air sebagai tempat bersembunyi ikan Channa yang hobi berburu.
 
Menurut pecinta ikan hias jenis Channa, ikan ini termasuk jenis ikan yang mudah untuk dipelihara dan tidak butuh wadah yang besar karena memiliki ukuran yang kecil.

Karakteristik Ikan Gabus Pulchra


Ikan Channa Pulchra ini memiliki sifat teritorial yang membuatnya tak menyukai keberadaan tankmate. Maka disarankan untuk tidak menggabungkan ikan ini dengan jenis ikan mana pun.
 
Jika Anda ingin menggabungkannya dengan jenis ikan lainnya mungkin bisa namun dengan syarat usia ikan Channa masih muda atau remaja. Karena ikan Channa yang dewasa bisa berubah menjadi agresif sehingga bisa memicu hal yang mengganggu ikan lainnya dalam akuarium tersebut.
 

Makanan Ikan Gabus Pulchra 


Semakin bervariasi makanan yang diberikan semakin banyak nutrisi dan gizi yang bisa didapat oleh ikan Channa. Untuk bisa memaksimalkan pertumbuhan dan warna corak ikan Channa maka sebaiknya Anda memberikan makanan yang lebih beragam setiap harinya. Berikut daftar makanan yang direkomendasikan untuk diberikan pada ikan jenis Channa Pulchra. 
  • Pelet
  • Cacing sutra
  • Cacing darah
  • Cacing beku
  • Udang 
  • Ikan Plati
  • Ikan cere
  • Ikan molly
  • Ikan lele kecil
  • Jangkrik
  • Ulat jerman
Untuk harga, di pasaran ikan hias untuk jenis ikan Channa ini dengan ukuran 5 sampai 6 cm saat ini memiliki rentang harga sekitar 50 ribu rupiah per ekornya. Semakin besar ukuran ikan Channa dan semakin bagus motif pada dorsal sisi punggung yang dimilikinya maka harga nya pun semakin mahal.

Cara Perawatan Ikan Channa Pulchra


Menurut banyak orang ikan jenis Pulchra ini sangat mudah untuk dipelihara. Anda bisa melakukan beberapa hal berikut untuk memelihara ikan Channa jenis Pulchra. 

  1. Pemberian makan ikan Channa bisa dilakukan 2 kali dalam sehari. Berikan ikan atau makanan dalam bentuk potongan kecil karena ikan ini memiliki ukuran yang kecil pula. 
  2. Penggantian air dilakukan dalam 2 minggu atau sebulan sekali sesuai kebutuhan ikan Channa
  3. Berikan aksesoris tanaman air dan bebatuan di akuarium tempat hidup ikan Channa. Hal itu dikarenakan ikan jenis ini rupanya sangat membutuhkan keberadaan tanaman air untuk proses reproduksi yang dilakukannya. Sekian ulasan singkat mengenai ikan gabus hias jenis Channa Pulchra. Semoga bermanfaat.