Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kolam Ikan Koi Minimalis

Di Jepang ikan koi dianggap sebagai hewan peliharaan yang biasanya dijadikan simbol cinta dan persahabatan. Ada beberapa jenis ikan koi yang wajib anda ketahui, diantaranya kohaku, tancho, hariwake, hikarimono, taisho Sanke, asagi, hingga goromo.

Tapi tidak lengkap jika membahas mengenai ikannya saja, tetapi lebih lengkap jika kita membahas kolam ikan koi minimalis juga..

Kolam Ikan Koi Minimalis

Disini, pasti kalian pecinta ikan koi mencari tahu, bab mengenai model kolam ikan koi minimalis yang bagus, atau jangan-jangan anda sedang mencari tahu cara pembuatannya, cek harganya, dan sebagainya.

Jika benar, kita akan membahas seputar kolam ikan koi minimalis yang sangat berguna untuk para pembaca semuanya. Daripada penasaran yuk simak informasi berikut ini.

Baca Juga : 16 Ide Kolam Ikan Minimalis Lengkap Dengan Foto

Manfaat dan Keuntungan adanya Kolam Koi Minimalis di Sekitar Tempat Tinggal Kita

Tidak semuanya tau, mengapa sih orang memelihara ikan koi dan membuat kolam ikan koi yang minimalis di sekitar rumahnya? Nah bagi yang belum tau, berikut manfaat adanya kolam koi di sekitar tempat tinggal kita.

1. Kolam Ikan Koi Minimalis Bisa Membuat Rumah Menjadi Estetik

Banyak orang yang tidak menyadari bahwa memiliki kolam ikan koi yang minimalis bisa membuat rumah anda menjadi lebih estetik. Dengan adanya  kolam koi tersebut, rumah anda akan terlihat elegan, dan bisa juga memperindah taman rumah.

2. Kolam Ikan Koi Minimalis Membuat Rumah Memiliki Nuansa Alam yang Bagus

Baik kolam ikan berada di depan rumah maupun belakang rumah, tentu bisa membuat suasana alam di rumah anda semakin kental. Sebab, dengan adanya kolam ikan koi minimalis bisa mengundang berbagai hewan dan tumbuhan lainnya seperti kupu-kupu, burung, bunga-bunga, dan makhluk hidup lainnya. Jadi tanpa disadari, kolam ikan koi minimalis bisa menciptakan ruang alami.

3. Kolam Ikan Koi Minimalis Bisa Mengurangi Rasa Stres

Adanya kolam ikan koi minimali di sekitar rumah, ternyata dipercaya bisa membuat si pemilik merasakan nyaman dan menghilangkan rasa negatif di dalam dirinya. Suara aliran air yang mengalir ditambah pemandangan ikan koi di dalam kolam sangat ampuh mengurangi rasa stres di penak kepala anda.

4. Kolam Ikan Koi Minimalis Bisa Menambah Nilai Jual Rumah

Tidak bisa dipungkiri jika kolam ikan koi minimalis bisa menambah nilai jual rumah anda. Untuk membuktikannya, anda bisa bertanya langsung kepada agen real estate.

5. Memelihara Ikan Koi Bisa Membawa Keuntungan Bagi si Pemilik

Jika ada kolam ikan koi, pasti ada juga donk ikan koi nya. Seperti yang saya jelasakan sebelumnya, bahwa di negara sakura sana mempercayai bahwa memelihara ikan koi bisa membawa keberuntungan bagi si pemilik.

Hal ini berdasarkan ikan koi yang dianggap mampu memiliki umur yang sangat panjang dan kulit warna warni beragam hingga memiliki sifat lemah lembut dan jinak.

Dan berikut ini merupakan kepercayaan ikan koi berdasarkan warna kulit.

  • Ikan koi berwarna emas memiliki simbol kekayaan dan kesejahteraan.
  • Ikan koi berwarna perak memiliki simbol kesuksesan di bidang usaha.
  • Ikan koi berwarna hitam memiliki simbol kesuksesan dalam kerja kerasnya.
  • Ikan koi berwarna putih memiliki simbol keunggulan baik di keluarga, sosial maupun karier.
  • Ikan koi berwarna merah memiliki simbol percintaan dan persahabatan yang abadi.

Cara Membuat Kolam Ikan Koi Minimalis

Setelah membaca manfaat yang banyak mengenai kolam ikan koi minimalis, pasti anda langsung ingin segera-gera membuat kolam ikan koi tersebut. 

Ada beberapa peralatan dan bahan yang bisa anda siapkan ketika membuat kolam ikan koi minimalis, diantaranya :

Cangkul, Sekop, Cetok, Liner Elastis (EPDM), Batu Bata, Waterpass, Meteran, Flexycoat, Waterponding, Semen, Pasir dan Bebatuan, Filter dan Aerator, Tumbuhan, Serta peralatan dan bahan yang dibutuhkan lainnya

Nah pertanyaannya, apakah anda sudah tahu, bagaimana cara membuat kolam ikan koi minimalis? Untuk lebih jelasnya simak langkah-langkah berikut ini.

1. Pilihlah Posisi yang Tepat 

Dalam proses pembuatan kolam koi minimalis alangkah baiknya anda memilih posisi yang tepat dan mudah dipantau. Kolam koi sangat cocok berada di tempat yang teduh dari pada di area yang langsung terkena sinar matahari.

Ada beberapa manfaat yang harus anda ketahui ketika kolam koi minimalis berada di tempat teduh, diantaranya : 

  • Mencegah air kolam terlalu panas
  • Bisa memperlambat pertumbuhan alga pada kolam ikan koi minimalis.

2. Menentukan Ukuran Kolam Koi Minimalis

Biasanya kesalah yang terjadi pada para pemula adalah membuat kolam koi minimalis terlalu kecil. Sebab, ukuran kolam koi minimalis yang kecil bisa menghambat pertumbuhan ikan koi. Selain itu, ukuran standar kolam koi berkisar 5.600 liter. 

Perlu diperhatikan, hindari pembuatan kolam ikan koi minimalis dengan sudut siku-siku dan berikan kemiringan 20 sampai 30 derajat di dasar kolam. Hal ini bertujuan agar tubuh ikan koi tidak terluka.

Jadi perhatikan benar-benar ya sobat pecinta ikan koi.

3 Memperhatikan Sirkulasi Air dan Bakteri Probiotik pada Kolam Ikan Koi Minimalis

Dalam proses pembuatan kolam ikan koi minimalis yang harus diperhatikan adalah sirkulasi air dan bakteri probiotik. Sebab bakteri probiotik bisa membuat ikan koi hidup. Selain itu, bakteri tersebut biasanya dicampur dengan dekorasi air terjun pada kolam.

4. Setelah Menggali Tutup Lubang

Setelah selesai menggali lubang, anda  perlu menutup lubang dengan liner. Penulis merekomendasikan liner karet atau plastik sebab bahan mudah dibentuk sesuai bentuk kolam anda. Selain itu, liner karet dapat tahan terhadap sinar matahari langsung dari pada liner plastik.

5 Meletakan Pompa Air dan Filter Kolam Ikan Koi Minimalis

Pasanglah pompa air di dasar kolam, jangan lupa untuk meletakkannya dengan jarak 1 hingga 2 inci pada dasar kolam agar sedimen tidak kesedot. Selain itu, pilihlah pompa air untuk kolam ikan koi minimalis dengan daya yang sesuai dengan kolam.

Selanjutnya, anda perlu memasang filter agar kolam jernih dan ikan koi bisa hidup sehat.

6. Tambahkan Komponen Kolam Ikan Koi Minimalis

Langkah selanjutnya adalah menambah batu dan tanaman agar kolam ikan koi minimalis bisa lebih hidup. Gunakan batu yang halus dan tanaman yang sehat agar ikan koi tidak terganggu dan lebih senang ketika berada di kolam.

7 Memasukkan Ikan Koi ke Dalam Kolam 

Jika semuanya sudah siap dan selesai, isi air kolam tersebut secara bertahap. Kemudian anda bisa memasukkan ikan koi ke dalam kolam.

Perhatian :

Dalam proses pembuatan kolam ikan koi minimalis dibutuhkan kesabaran yang ekstra dan perencanaan yang matang.

Baca Juga : Langkah Membuat Kolam Ikan Koi Minimalis

Referensi Harga Pembuatan Ikan Koi Minimalis

Menurut berbagai sumber yang penulis ketahui, untuk membuat kolam ikan koi minimalis membutuhkan biaya 900 ribu sampai 2 juta lebih. Harga tersebut tergantung desain, bahan, dan kebutuhan lainnya. Jadi jika ingin membuat kolam koi minimalis, jangan lupa untuk menyiapkan dananya ya.

Sekian dulu pembahasan mengenai kolam ikan koi minimalis dan semoga informasi ini bermanfaat untuk kalian semuanya.