Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Update Daftar Harga Belut Per Kg Saat Ini

Apabila Anda bisnis belut, mengetahui harga belut per kg saat ini adalah hal yang perlu Anda lakukan. Bahkan kalau perlu, update harga dilakukan setiap hari. 

Di Indonesia sendiri, belut menjadi salah satu komoditas makanan yang banyak peminatnya. Selama diolah dengan benar, hewan yang satu ini bisa menjadi solusi makan sehari-hari.

Update Daftar Harga Belut Per Kg Saat Ini

Lalu bagaimana dengan harganya? Di artikel ini, Anda dapat menemukan berbagai informasi tentang harga belut per kg 2021.

Macam-macam Belut yang Dijual di Pasaran

Saat ini setidaknya ada empat jenis belut yang diperjualbelikan. Masing-masing memiliki karakteristik yang berbeda sehingga beberapa pebisnis lebih menyukai satu jenis belut daripada lainnya.

1. Belut Sawah

Belut sawah ini adalah yang paling diminati di pasaran. Bentuknya panjang dan dagingnya banyak, serta banyak yang bilang belut ini punya rasa yang lebih manis dan gurih daripada jenis balut lainnya.

Apabila dilepas di alam liar, belut ini akan muncul di lingkungan yang kurang baik. Sehingga seringkali menjadi indikator bahwa lingkungan tersebut telah tercemar.

Harga belut sawah per kg relatif lebih mahal daripada jenis belut lainnya. Untuk tabel harga akan dibahas lebih detail di sub-bab lainnya.

Dalam satu kilogram, jumlahnya bisa mencapai 30 ekor untuk belut betina dewasa, sedangkan hanya 8 ekor untuk belut jantan dewasa. Tidak heran jika banyak orang salah sebut sebagai ikan lele.

Saat ini sudah banyak yang membudidayakan belut sawah. Harga bibit belut sawah mencapai Rp. 125.000 per kilo, dengan isi hingga 150 ekor.

2. Belut Rawa

Belut rawa juga cukup banyak dikembang biakkan oleh para pembudidaya. Berbeda dengan jenis belut sebelumnya, belut rawa tinggal di tempat yang banyak air dan sedikit lumpur.

Anatomi tubuhnya lebih panjang daripada yang berasal dari sawah sehingga terkesan lebih ramping. Untuk itu, budidayanya pun hanya perlu air bening yang tidak mengandung lumpur.

Tidak ada perbedaan signifikan apabila dilihat secara sepintas. Namun menurut beberapa orang, dagingnya tidak setebal belut rawa namun lebih lembut.

Karena ukurannya lebih panjang dari belut sawah, belut yang hidup di rawa-rawa ini juga berukuran lebih besar.

Kalau Anda berniat ternak belut rawa, bibitannya tersedia dengan harga Rp. 90.000 sekilo 2021.

3. Ikan Sidat

Belut laut atau yang sering disebut dengan ikan sidat ini juga bagian dari belut. Namun tubuhnya memiliki banyak perbedaan dari belut pada umumnya. Bahkan ukurannya jauh lebih besar.

Meskipun ada yang membudidayakan, ikan sidat tidak sepopuler dua belut sebelumnya.

Baca Juga : Jenis Ikan Air Tawar Konsumsi Beserta Harganya

Harga Belut Per Kilo

Bicara soal harga belut per kg di pasaran, nominalnya tentu cukup beragam. Selain faktor permintaan dan ketersediaan barang, kondisi belut juga menjadi faktor penentu.

Misalnya, bibit belut tentu akan berbeda dengan belut budidaya yang masih hidup. Ada juga belut yang dijual dengan kondisi sudah dimasak.

Di tahun 2020, misalnya, harga belut berkisar antara Rp. 60.000 hingga Rp. 80.000 per kilo. Untuk belut liar, harganya bisa lebih mahal daripada yang hasil budidaya.

Satu kilogram belut biasanya berisi hingga 30 ekor belut, tergantung bobot belut tersebut.

Faktor yang Mempengaruhi Harga Belut

Ada beberapa hal yang mempengaruhi harga belut per kg di Jogja maupun di tempat lain, yaitu:

  • Permintaan dan ketersediaan belut
  • Jenis belut
  • Bobot belut
  • Musim yang sedang terjadi

Produksi belut biasanya akan turun drastis ketika musim kemarau. Oleh karena itu akan terjadi lonjakan harga yang cukup signifikan ketika Anda beli di musim kering.

Daftar Harga Belut per Kilo Terbaru


Di bawah ini adalah daftar harga belut per kg di Semarang dan sekitarnya. Harga bisa berubah sewaktu-waktu tergantung kondisi pasar, ya.

 

Jenis

Harga

Belut konsumsi 20 ekor per kg

Rp. 85.000

Belut konsumsi 30 ekor per kg

Rp. 75.000

Belut konsumsi 40 ekor per kg

Rp. 60.000

Belut konsumsi 50 ekor per kg

Rp. 50.000

Belut filet per kg

Rp. 150.000

Belut goreng per kg

Rp. 200.000

Bibit belut super per kg

Rp. 250.000

Bibit belut 150 ekor per kg

Rp. 180.000

Bibit belut 200 ekor per kg

Rp. 150.000


Harga di atas merupakan harga rata-rata yang diambil dari beberapa sumber. Selain dari harga yang beredar di pasaran, kami juga merangkum harga di supermarket.

Lokasi Anda membeli belut juga akan mempengaruhi harga yang harus Anda bayarkan. Yang jelas, akan lebih baik jika Anda bekerja sama dengan petani belut apabila Anda menggeluti bisnis F&B dengan belut sebagai salah satu materialnya.

Kenapa Belut Sangat Populer?

Belut memiliki kandungan gizi yang tinggi. Selain itu, cara mengolahnya yang mudah membuat belut sangat populer di berbagai kalangan.

Hewan air yang satu ini juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, di antaranya adalah:
  • Mengandung fosfor untuk tulang
  • Kaya zat besi untuk mencegah anemia
  • Baik untuk kesehatan mata dan otak
  • Menstabilkan tekanan darah
  • Mencegah jenis kanker tertentu
  • Menurunkan resiko penyakit jantung dan penymbatan pembuluh darah

Penutup

Saat ini, belut yang dijual kepada konsumen dibedakan menjadi tiga, yaitu belut liar, belut budidaya, dan bibit belut. Belut liar yang hasil tangkapan di sawah dihargai lebih tinggi daripada budidaya, tentunya. 

Dan apabila Anda memang tertarik untuk bisnis jual beli belut, terutama untuk kondisi yang sudah dimasak, mengetahui harga belut per kg dari waktu ke waktu tahun 2021 sangat penting untuk dilakukan.