Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal Ikan Channa Striata, Habitat, Fakta dan Harganya

Mengenal Ikan Channa Striata, Habitat, Fakta dan Harganya - Mungkin bagi orang yang awam dalam dunia ikan mungkin tidak akan mengerti dengan jenis ikan yang bernama Channa Striata. Sebenarnya ikan ini termasuk dalam spesies ikan gabus atau snakehead yang memang sudah terkenal di dunia termasuk Indonesia. Ada banyak nama yang dikenal oleh jenis ikan ini seperti misalnya Chevron Snakehead, Striped Snakehead, Snakehead Murrel, dan Banded Snakehead.


Channa Striata


Habitat asal Ikan Channa Striata

Ada beberapa tempat yang memungkinkan Anda untuk bisa melihat ikan gabus jenis ini, dan bisa dibilang cukup banyak tempat. Namun mungkin tidak banyak orang yang tahu di mana saja mereka bisa menemukan ikan tersebut dan habitatnya itu di mana. Berikut ini kami akan jelaskan di mana saja Anda bisa menemukan ikan ini. 

  1. Pakistan Yakni sungai Indus
  2. Drainase India
  3. Nepal Selatan meliputi lembah sungai Koshi, Gandaki, dan Karnali
  4. Sri lanka
  5. Bangladesh
  6. Myanmar
  7. Thailand
  8. Kamboja
  9. China Selatan
  10. Kepulauan Melayu
  11. Sumatra
  12. Kalimantan
  13. Sabah
  14. Jawa Barat
  15. Vietnam
  16. Laos
Area distribusi secara natural dari ikan ini bisa dibilang sangat luas, sehingga ini termasuk spesies yang kompleks.


Beberapa Fakta Ikan Ini

Ada beberapa fakta yang harus diketahui dari ikan ini apabila Anda memang menginginkan untuk memelihara untuk bisa menghasilkan uang. Dari fakta ini kita akan tahu habitatnya bagaimana, makanannya, dan juga pola kehidupannya seperti apa. Berikut ini kami akan bagikan beberapa fakta yang menarik mengenai ikan ini yang mungkin akan bermanfaat bagi Anda semua.

  1. Ikan ini bisa tumbuh mencapai 90 cm, dan biasanya ikan ini bisa mencapai 30 sampai 36 cm hanya dalam waktu satu tahun. 
  2. Channa Striata ini menyukai habitat kolam ataupun air tawar yang biasanya di perairan berlumpur stagnan. Ikan ini menghuni perairan dangkal dengan vegetasi yang lebat. 
  3. Ikan ini bisa beradaptasi dengan baik, mulai dari bisa bertahan hidup di air yang kotor sekalipun dan juga bergerak di daratan. 
  4. Ikan ini memiliki masa Pemijahan pada beberapa bulan dalam satu tahun dan bisa menghasilkan 1000 telur. Puncak pemijahan ikan ini adalah musim penghujan. 
  5. Ikan ini adalah ikan karnivora, sehingga memakan cacing, udang, katak dan juga ikan lainnya di dalam air. 
  6. Ikan ini menghirup udara dari atmosfer dan organ pernapasannya itu akan tumbuh secara maksimal dalam waktu 60 hari. Dan pertumbuhan mulai dari 1 sampai 4,5 cm dalam suhu 26 derajat Celcius. 
  7. Ukuran telur ikan ini adalah 1,25 mm dan non adhesif, telur ini membutuhkan waktu menetas sekitar 1 sampai 3 hari. 
  8. Ikan Channa Striata ini akan matang seksual secara sempurna pada ukuran 30 cm atau kisaran berumur 2 tahun
  9. Ikan ini adalah spesies soliter kecuali pada saat musim kawin, teritorial dan juga pemburu penyergap
  10. Ikan ini pada saat bayi akan memakan alga dan juga protozoa, pada saat remaja akan memakan krustasea kecil. Sementara pada saat dewasa ikan ini menjadi karnivora dan merupakan predator yang mengerikan di perairan. 
  11. Di beberapa daerah ikan ini dijadikan pengontrol populasi ikan tilapia di kolam
  12. Sirip dada ikan ini sekitar setengah dari panjang kepala, sirip punggung terdiri dari 37 sampai 46 duri. Sirip dubur terdiri dari 23 sampai 29 duri dan juga sirip bagian dada memiliki 15 sampai 17 duri. Sirip ekor berbentuk bulat dan sirip perut memiliki 6 duri.
Itulah beberapa fakta mengenai ikan Channa Striata yang harus Anda semua ketahui dengan baik.


Harga Channa Striata

Setelah sudah mengetahui dengan baik soal ikan ini, maka tentunya perlu mencari juga soal informasi mengenai harga dari ikan ini. Sebelum membeli tentunya kita harus mengerti dulu harga ikannya berapa supaya bisa mempersiapkan diri. Dan berikut ini kami akan jelaskan mengenai harganya agar supaya Anda siap untuk bisa membeli ikan tersebut
.
  • Untuk harga bibit dari ikan ini adalah 2500 untuk ukuran 10 sampai 12 cm dengan kualitas grade A
  • Untuk harga normalnya itu adalah sekitar 110 ribu dan untuk yang albino sendiri bisa mencapai 460 ribu.

Kesimpulan

Sekarang ini ada banyak sekali budi daya ikan dengan berbagai macam bentuk salah satunya adalah ikan jenis ini. Akan tetapi sebelum Anda memulai usaha ini, harus dipastikan sudah memahami dulu karakteristiknya, bentuknya dan lain sebagainya. Sehingga bisa benar-benar memeliharanya dengan baik agar supaya bisa menghasilkan keuntungan yang maksimal juga.
Demikianlah beberapa informasi yang mungkin banyak dicari oleh orang dari sebuah ikan bernama Channa Striata.