Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal Ikan Chinese Eater ( Ikan CAE ), Ikan Pembersih Kaca

Mengenal Ikan Chinese Eater ( Ikan CAE ), Ikan Pembersih Kaca - Pada kali ini saya akan mengulas tentang ikan pembersih aquascape atau yang lebih dikenal dengan nama Latin Algae Eater. Salah satunya adalah jenis ikan Chinese Eater atau ikan cae. Ikan jenis ini diketahui bisa membantu untuk menjaga kebersihan aquarium dengan memakan alga, lumut sampai tanin.

Ikan Cae

Ikan ini merupakan jenis ikan hias air tawar yang terbilang mudah untuk dipelihara. Memiliki nama latin Gyrinocheilus aymonieri ini memiliki bentuk yang cantik sekaligus unik serta bisa Anda dapatkan dengan mudah di sungai terdekat dari tempat tinggal Anda. Terutama di air sungai yang berasal dari pegunungan yang memiliki aliran air yang cukup deras.


Klasifikasi Ikan Cae

Kerajaan : Animalia Filum : Chordata Kelas : Actinoprerygii Ordo : Cypriniformes Famili : Gyrinocheilidae Genus : Gyrinocheilus Spesies : G.Aymonieri

Morfologi Ikan Cae

Ikan ini memiliki habitat asli yang masuk ke dalam kategori genus tunggal dari keluarga Gyrinocheilidae serta masih termasuk family kecil dari jenis ikan Cypriniform yang berasal dari Asia Tenggara. Ikan Chinese Algae Eater ini memiliki bentuk tubuh yang memanjang dengan bagian sirip yang kecil. Pada bagian kepala terdapat mulut pengisap yang unik yang akan ditempelkan pada permukaan untuk aktivitas makan. Mulut ikan ini memiliki sebutan suckermouth. Yaitu ikan yang pada bagian perutnya memiliki orientasi inferior dengan bagian mulut yang didesain untuk bisa menyedot alga dan organisme kecil yang tumbuh pada bagian objek yang terendam.
Ukuran secara alami dari ikan ini bisa mencapai hingga ukuran panjang 28 cm, namun jika Anda memeliharanya di akuarium maka umumnya hanya mencapai maksimal 12 cm saja.
Ada yang unik dari ikan Chinese Algae Eater ini, yaitu dengan adanya celah insang yang memiliki dua bukaan tersendiri. Dari bukaan tersebut air masuk lewat satu lubang kemudian keluar lewat lubang lainnya. Dengan demikian ikan akan bisa bernafas tanpa harus mengambil air melalui mulut yang sedang digunakan untuk menyedot makanan.

Kebiasaan dan Penyebaran

Ikan Cae ini banyak ditemukan di daerah lembah Chao Phraya, wilayah Mekong di Kamboja, provinsi Yunnan di China, Semenanjung Melayu bagian Utara dan juga di Laos serta Thailand. Ikan ini sering kali terlihat di perairan sungai yang berarus dan anak sungai yang berair dangkal serta Ara terbuka yang terkena sinar matahari. Ikan ini banyak menghabiskan sebagian besar waktunya di permukaan yang datar seperti area berbatu. Mereka juga menempati sungai dengan ukuran yang besar serta sedang seperti sungai dan danau serta kadang masuk ke wilayah banjir.

Pemanfaatan

Ikan Chinese Algae Eater ini adalah jenis ikan yang sangat mudah untuk dipelihara dan tidak mudah mati. Bahkan meski air akuarium tempat ikan ini hidup sudah tercemar oleh berbagai kotoran sekalipun. Adapun ikan ini banyak dimanfaatkan sebagai ikan hias di aquascape. Saat ini ada banyak orang yang memiliki hobi merawat ikan di aquascape.
Selain itu, ikan ini juga bermanfaat untuk membersihkan akuarium dari berbagai jenis kotoran, lumut dan alga yang tumbuh. Ikan ini menjadi jenis ikan hias yang memakan kotoran ikan lain.

Umpan Ikan Cae

Ikan Chinese Algae Eater ini merupakan jenis ikan herbivora yang memiliki umpan utama yaitu memakan lumut atau alga. Sumber utama makanan dari ikan ini adalah alga atau ganggang yang terdapat pada batu, kaca, kayu apung, tanaman dan jenis substrat lainnya.
Saat ikan ini dipelihara di akuarium, ikan juga bisa mengonsumsi makanan buatan seperti jenis makanan akuarium olahan berikut ini:
  • Ikan kecil
  • Pellet
  • Krustasea beku
  • Sayuran mentimun
  • Wafer alga
Agar supaya ikan bisa tumbuh dengan baik maka Anda harus bisa menyediakan habitat dengan banyak tanaman, kayu apung dan batu agar supaya bisa tumbuh alga yang menjadi pakan alami ikan jenis ini. Ikan ini bisa dipelihara bersama dengan jenis ikan lainnya. Namun jika ikan chinese Algae Eater ini sudah besar sebaiknya dipisahkan dari ikan lainnya. Karena jika ikan ini menempel di sisik ikan lain, akibatnya bisa merusak sisik ikan lain yang menyebabkan luka dan kematian.
Banyak pemilik aquascape yang memisahkan ikan Chinese Algae Eater yang sudah besar karena daya pakan alganya sudah sangat berkurang dan sifatnya yang lebih agresif sehingga bisa mengganggu ikan lainnya.

Harga Ikan Hias Cae

Harga dari ikan hias ini di pasaran cukup terjangkau. Ikan ini hanya dijual sebagai ikan hias saja bukan sebagai ikan konsumsi. Harga ikan ini dengan ukuran sekitar 5 hingga 10 cm adalah sekitar 5 ribu hingga 15 ribu rupiah saja.
Sekian ulasan singkat tentang ikan cae yang bisa Kami bagikan untuk Anda. Semoga informasi di atas bisa bermanfaat untuk Anda.