Search Suggest

8 Cara Merawat Ikan Cupang yang Benar, Jangan Sampai Salah!

Merawat ikan cupang memang cukup mudah, namun jika tidak dilakukan maka ikan akan rusak. Lalu bagaimana cara merawat ikan cupang yang baik?

Cara Merawat Ikan Cupang

Cara Merawat Ikan Cupang - Salah satu hobi yang banyak orang lakukan adalah memelihara ikan cupang. Ikan ini memang memiliki bentuk yang unik, salah satu daya tarik dari ikan ini adalah warna yang cantik. Itulah mengapa cara merawat ikan cupang menjadi penting. Meskipun terkesan mudah, namun jika tidak dilakukan dengan baik maka keindahan tersebut bisa rusak.

Cara Merawat Ikan Cupang yang Benar

Untuk kamu yang baru mau memelihara ikan cupang, maka cara merawat ini perlu kamu perhatikan. Beberapa ikan cupang yang terawat dengan baik bahkan bisa memiliki nilai jual yang cukup tinggi. Tentu ini juga akan menjadi nilai ekonomi yang menguntungkan. Berikut adalah cara merawat ikan cupang yang perlu kamu perhatikan:

1. Ukuran Wadah yang Pas

Hal pertama yang perlu kamu perhatikan adalah masalah wadah untuk memelihara ikan cupang. Pada dasarnya ikan ini bisa hidup dalam akuarium berukuran berapapun. Namun akan lebih baik jika menggunakan akuarium dengan ukuran yang kecil.

2. Perhatikan Kondisi Air

Masalah air juga merupakan salah satu cara merawat ikan cupang yang perlu kamu perhatikan. Air yang bagus untuk memelihara ikan cupan adalah air tawar. Hal ini berkaitan dengan ikan cupang yang merupakan ikan air tawar. 

Kamu bisa menggunakan air sumur atau PAM untuk menjadi tempat tinggal ikan. Hal yang terpenting adalah hindari penggunaan kloramin dan klorin.

3. Perhatikan Volume Air

Jika kamu memelihara ikan cupang pada tempat yang tidak menggunakan tutup, maka air yang kamu perlukan cukup sekitar 40 sampai 50 persen dari wadah tersebut. Hal ini untuk menghindari ikan cupang yang melompat keluar.

4. Ganti Air Secara Berkala

Salah satu cara merawat ikan cupang yang juga perlu kamu perhatikan adalah ganti airnya dalam waktu yang berkala. Misalnya, kamu bisa mengganti air tersebut dalam waktu 3 hari sekali.

5. Proses Penggantian Air

Selain waktu penggantian air, hal yang juga perlu kamu perhatikan sebagai cara merawat ikan cupang adalah cara mengganti air dan memindahkan ikan. 

Dalam hal ini proses pemijahan ikan cupang yang baik adalah hindari kontak langsung dengan ikan cupang atau menggunakan saringan. Kamu bisa menggunakan wadah lain dengan sedikit air untuk memindahkan ikan cupang ke tempat lain.

Setelah itu, kamu bias membersihkan tempat ikan cupang yang lama. Hindari penggunaan sabun atau deterjen. Setelah bersih, isi dengan air baru lalu tunggu beberapa saat sebelum memindahkan ikan cupang kembali. Lakukan langkah yang sama untuk proses pemindahan ikan cupang.

6. Proses Menjemur

Ada beberapa ikan cupang yang perlu kamu jemur agar tetap segar. Jika perlu kamu jemur, maka lakukan sesekali selama kurang lebih 15 menit. Lakukan pada jam 8 sampai 10 pagi ketika cerah. Namun, jika ikan cupang terlihat panik ketika kamu jemur, maka itu artinya ikan tersebut tidak perlu kamu jemur.

7. Pemberian Makanan

Cara merawat ikan cupang yang juga tidak kalah pentingnya adalah pemberian makanan. Makanan utama ikan ini adalah udang, jentik, ulat, atau cacing. Berikan makan ikan ini sebanyak dua kali dalam satu hari.

8. Pemberian Metil Biru

Untuk mendapatkan warna dan sirip yang indah, maka kamu bisa memberikan metil biru. Dengan menggunakan metil biru, maka pertumbuhan sirip ikan bisa berlangsung lebih cepat.

Itulah beberapa cara merawat ikan cupang yang perlu kamu perhatikan. Karena termasuk ikan hias, maka salah satu tujuan perawatan ini adalah untuk menjaga bentuk ikan tetap indah. Selamat mencoba!

8 Cara Merawat Ikan Cupang yang Benar, Jangan Sampai Salah!
Table of Contents
Sahputra
Hallo. Saya Sahputra, Saya seorang penulis dan juga seorang Digital Marketing.

Posting Komentar

Komentar teratas
Terbaru dulu
Silahkan tinggalkan komentar dibawah ini

Subscribe Youtube

Youtube Photo
IKANESIA ID
subscribers
videos