Search Suggest

Kenapa Ikan Arwana Mahal? Simak 4 Alasannya di Bawah Ini!

Memelihara ikan memang asyik, namun beberapa ikan memiliki harga beli yang sangat mahal seperti ikan arwana. Kenapa ikan arwana mahal?

Kenapa Ikan Arwana Mahal

Kenapa Ikan Arwana Mahal - Memiliki hewan peliharaan butuh banyak waktu dan ketelitian lebih dalam merawatnya. Terutama apabila hewan tersebut hidup di air, kamu harus memberi perhatian lebih dalam perawatan seperti mengganti air di akuarium. Selain itu beberapa ikan harganya mahal, seperti ikan arwana. Kenapa ikan arwana mahal?

Apabila kamu memiliki keinginan untuk memelihara hewan satu ini, yuk pelajari dulu asal usulnya dan alasan di balik harga jualnya yang mahal. Simak penjelasannya di bawah ini! 


Asal Usul Ikan Arwana

Ikan arwana atau Scleropages formosus merupakan ikan air tawar yang berasal dari Asia Tenggara. Ada banyak sebutan yang ikan ini bawa, seperti siluk merah yang berarti ikan naga. Ia disebut demikian sebab beberapa kisah menyambungkan ikan arwana dengan mitos di tionghoa yang mengagungkan naga. 

Ia merupakan ikan hias dengan sejarah yang panjang. Awalnya ikan ini dianggap makanan biasa dan menjadi santapan bagi orang-orang kurang berada. Namun setelah ia terkenal, warnanya yang merah dan emas dianggap sebagai ikan yang membawa keberuntungan. 

Ikan arwana menjadi terkenal terutama di kalangan pecinta ikan hias. Banyak orang yang membeli dan merawatnya dengan kesungguhan sebab tak ingin ia mati. Namun di balik ketenarannya, ada alasan khusus kenapa ikan arwana mahal dan sangat dielu-elukan oleh pecinta ikan.  


Alasan Kenapa Ikan Arwana Mahal

Ikan memiliki warna yang bermacam-macam. Beberapa bahkan memiliki warna yang menyilaukan dan menjadi simbol keberuntungan, seperti ikan arwana. Namun jangan kaget kamu harus merogoh kocek cukup dalam untuk memilikinya. Berikut adalah alasan kenapa ikan arwana mahal, simak penjelasannya di bawah ini!


1. Membutuhkan Biaya Lebih dalam Perawatan

Ikan adalah salah satu hewan yang membutuhkan perawatan khusus, terutama ikan arwana. Beberapa perawatan tersebut meliputi kualitas air yang harus selalu pemilik kontrol, pencahayaan yang harus menyala, dan pemberian pakan yang berkualitas.

Kenapa ikan arwana mahal? Sebab perawatannya khusus dan membutuhkan perhatian lebih. Setiap air yang memiliki kualitas buruk dan kotor berdampak pada kesehatan ikan, ia akan mudah stres dan gampang terserang penyakit.  


2. Membutuhkan Biaya Untuk Pengubahan Warna

Ikan arwana yang bagus memiliki warna merah. Namun membuatnya ganti warna akan membutuhkan perawatan selama kurang lebih satu hingga satu setengah tahun. Ikan arwana berwarna putih akan mudah berubah menjadi merah. Namun yang berwarna emas dan gelap akan susah berubah dan biayanya pun tidak murah. 


3. Langka 

Ikan satu ini memiliki sifat yang langka, untuk mendapatkannya kamu butuh usaha ekstra. Selain itu toko ikan pun tidak selalu memiliki ikan ini untuk pelanggan beli. Semakin langka sesuatu, maka semakin pula harga yang harus kamu keluarkan untuk membelinya. 


4. Hobi Para Orang Berkantong Tebal

Selain langka, para pemburu yang mencintai ikan dengan simbol keberuntungan ini kebanyakan adalah orang berada. Mereka rela mengeluarkan sebanyak-banyaknya uang untuk mendapatkan ikan arwana. Oleh karena itu, para penjual pun berani mematok harga lebih tinggi ketika memiliki ikan satu ini. 


Sudah Tahu Alasan Kenapa Ikan Arwana Mahal?

Ada banyak alasan kenapa seekor ikan arwana mahal harganya. Ikan ini memiliki bentuk yang cukup besar dengan warna yang menyenangkan mata. Perawatannya yang khusus dan proses perubahan warna tubuh pun membutuhkan uang yang tidak sedikit.

Setiap pemiliknya akan berusaha untuk menjaga dan memelihara ikan ini dengan baik agar ikan arwana tetap hidup. Kendati harganya yang mahal, ikan ini memiliki banyak peminat. Apabila kamu memilikinya, peliharalah sebaik mungkin, ya! Semoga berhasil!

Kenapa Ikan Arwana Mahal? Simak 4 Alasannya di Bawah Ini!
Table of Contents
Sahputra
Hallo. Saya Sahputra, Saya seorang penulis dan juga seorang Digital Marketing.

Posting Komentar

Komentar teratas
Terbaru dulu
Silahkan tinggalkan komentar dibawah ini

Subscribe Youtube

Youtube Photo
IKANESIA ID
subscribers
videos