Search Suggest

Penyebab dan Cara Mengobati Ikan Cupang yang Kuncup

Cara mengobati ikan cupang yang kuncup menjadi sebuah keterampilan yang mutlak harus dimiliki oleh para penggemar ikan Cupang

mengobati ikan cupang yang kuncu

Cara mengobati ikan cupang yang kuncup menjadi sebuah keterampilan yang mutlak harus dimiliki oleh para penggemar ikan Cupang, baik aduan maupun Ikan Cupang yang dipelihara sebagai jenis ikan hias.

Ikan Cupang yang merupakan jenis ikan air tawar memang banyak sekali digandungin oleh masyarakat luas. Selain untuk dinikmati keindahan corak warna yang dimilikinya, Ikan Cupang sering kali dicari untuk dijadikan sebagai jenis ikan aduan.

Akan tetapi perawatan ikan cupang ini tidaklah mudah, terutama ketika musim penghujan tiba, Ikan Cupang biasanya akan mengalami kuncup. Lantas bagaimanakah cara mengobati ikan cupang yang kuncup? Mari simak langkahnya berikut ini.

Penyebab Ikan Cupang Kuncup

Istilah kuncup atau ada juga yang menyebutnya sebagai nguncup adalah sebuah keadaan dimana seekor Ikan Cupang mengalami masalah pada bagian ekornya. Dalam keadaan seperti inilah diperlukan cara mengobati Cupang yang kuncup dengan tepat.

Nguncup atau kuncup yang terjadi pada ekor Ikan Cupang bisa meliputi keadaan dimana ekornya sobek, keriting, rusak atau bahkan tidak mau mekar. 

Jika dalam keadaan seperti ini Ikan Cupang tidak dirawat dengan cara merawat ikan cupang yang kuncup dengan benar maka akan dapat berujung pada kematian.

Tidak dapat mekarnya bagian ekor pada Ikan Cupang tentu akan membuat Ikan Cupang menjadi berkurang keindahannya, jika dia adalah seekor ikan hias. Biasanya keadaan ini akan kerap menimpa Ikan Cupang ketika musim penghujan tiba.

Itu semua terjadi karena pengaruh suhu yang ada dapat berdampak pada suhu air yang ada di dalam wadah mereka. Oleh karena itu sangat penting sekali di saat memasuki musim hujan para pemilik cupang memperhatikan cara mengobati ikan cupang yg kuncup dengan tepat.

Cara membuat sirip ikan Cupang mengembang adalah menggunakan AOG, ganti-ganti air supaya ikan cupang lebih nyaman, garam ikan, ketapang, blitz icht, kemudian jangan lupa untuk dijemur.  

6 Langkah sebagai Cara Mengobati Ikan Cupang yang Kuncup

Di bawah ini beberapa langkah sebagai cara mengobati ikan cupang yang kuncup, antara lain yaitu sebagai berikut:

  • Cara menyembuhkan ikan cupang yang kuncup yang pertama adalah lakukanlah penggantian air di dalam wadahnya (akuarium atau soliter) secara rutin. Penggantian air ini idealnya dilakukan minimal seminggu selama dua kali atau tiga hari sekali. Jenis airnya bebas, asalkan air tawar. Air PDAM boleh, air sumur juga bisa.
  • Khusus untuk penggunaan air PDAM, maka pastikan jika air telah melalui proses pengendapan selama satu hari serta telah diberi garam serta obat biru sesuai ukuran kapasitas wadahnya.
  • Masukkan daun Ketapang di dalam wadah untuk menetralkan PH air.
  • Jaga pola makan Ikan Cupang agar tak terlalu banyak namun juga jangan terlalu sedikit. Ikan Cupang yang terlalu banyak makan akan kembung atau sembelit, yang akhirnya memicu penyakit sisik nanas dan dapat menyebabkan kematian.
  • Bukalah pembatas antara ikan dua kali dalam sehari, masing-masing selama kurang lebih sekitar 20 menit,  untuk mempertahankan gerakannya supaya terus aktif bergerak dan tetap lincah.
  • Langkah terakhir, lakukan penjemuran Ikan Cupang secara rutin beserta wadahnya agar mempertahankan suhu air di dalam wadahnya serta pemenuhan akan kebutuhan sinar matahari. Jangan terlalu lama, lakukan selama kurang lebih 10 menit saja.
Demikianlah uraian tentang cara mengobati ikan cupang yang kuncup, semoga dapat bermanfaat.

Penyebab dan Cara Mengobati Ikan Cupang yang Kuncup
Table of Contents
ikanesia
Salam kenal semuanya. Saya adalah penulis utama sekaligus pemilik dari ikanesia.id

Posting Komentar

Komentar teratas
Terbaru dulu
Silahkan tinggalkan komentar dibawah ini

Subscribe Youtube

Youtube Photo
IKANESIA ID
subscribers
videos