Search Suggest

Ikan Buntal Beracun? Berikut 5 Fakta Ikan Menggemaskan Ini!

Ikan Buntal Beracun - Ikan buntal merupakan salah satu ikan yang beracun. Buntal dapat kamu temukan di perairan asin maupun air tawar

Ikan Buntal Beracun

Ikan Buntal Beracun - Ikan buntal merupakan salah satu ikan yang beracun. Buntal dapat kamu temukan di perairan asin maupun air tawar. Adapun ciri-ciri ikan ini yaitu memiliki tubuh yang meruncing dengan kepala bundar, bibir menonjol, perut yang besar dan beberapa memiliki duri di bagian tubuhnya. 

Untuk lebih jelasnya mengenai ikan buntal, berikut 5 fakta Ikan buntal yang wajib kamu ketahui. Simak artikel ini sampai selesai ya!

5 Fakta Ikan Buntal

Adapun fakta ikan buntal beracun antara lain.

1. Berenang Mundur

Pada dasarnya ikan buntal memiliki kemampuan mengubah arah saat berenang. Nah dengan kemampuan ini juga yang membuat ikan buntal dapat berjalan mundur. Menarik bukan?

2. Panjang Bisa Mencapai 4 Kaki

Ikan buntal beracun dapat tumbuh mencapai panjang 4 kaki atau sekitar 47 inch. Bahkan diperkirakan dapat melebihi panjang bayi buaya. Fantastis bukan?

3. Bisa Mengembangkan Diri

Fakta menarik dari ikan buntal beracun yaitu dapat mengembangkan diri. Pergerakannya lambat dengan warna yang cerah membuat ikan ini menjadi pusat perhatian predator. Untuk mengatasi hal ini, ikan ini dibekali dengan kemampuan mengembungkan diri.

Ikan buntal akan mengambil udara dari perut tiga kali lebih besar dari ukuran tubuhnya. Hal inilah yang membuat ikan ini akan tampak mengembung dan menonjolkan duri-durinya sehingga tidak menjadi santapan predator.

4. Memiliki Racun yang Mematikan

Beberapa ikan buntal memiliki racun di tubuhnya yang berupa racun tetrodotoksin. Racun ini sangat mematikan bahkan lebih mematikan 100 kali dari racun sianida dan belum ada penawarnya. 

Tidak hanya itu, racun pada ikan buntal betina akan jauh lebih tinggi dari ikan jantan. Hal ini karena ikan buntal betina memiliki ovarium, tempat paling banyak terdapatnya racun ini. 

Racun pada ikan buntal ini dapat menewaskan hingga 30 orang dewasa. Hal ini karena racun ini dapat mematikan saluran sodium di sistem saraf. Menakutkan bukan?

Adapun gejala yang bisa kamu rasakan jika terkena racun ini yaitu pusing, mati rasa, kelumpuhan otot, hingga gagal jantung yang berujung kematian. Bahayanya lagi racun ini dapat bereaksi pada korban hanya dalam waktu kurang dari setengah jam.

Jadi jika kamu terkena racun ikan buntal ini sebaiknya segera lakukan pertolongan dengan perawatan medis. Tapi alangkah lebih baik jika kamu menghindari ikan ini, karena efek dari ikan buntal beracun ini yang sangat berbahaya untuk tubuh kamu.

5. Dapat Dikonsumsi

Walaupun ikan buntal beracun, namun ternyata ikan ini juga dapat kamu makan. Ada beberapa negara yang mengkonsumsi ikan ini seperti Jepang, Korea, dan Tiongkok. 

Untuk memasaknya pun tidaklah sembarang, perlu juru masak profesional dan bersertifikat khusus untuk memasaknya. Juru masak tersebut harus mengetahui setiap bagian tubuh ikan buntal sehingga dapat menghilangkan racun di tubuhnya. 

Tetapi walaupun begitu ternyata ada sekitar 5-10 kasus keracunan orang akibat memakan ikan buntal per tahunnya di Jepang. Bahkan sebagian korban keracunan ikan buntal itu tidak dapat terselamatkan. 

Untuk itulah jika mengingat potensi keracunan yang ditimbulkan oleh ikan buntal ini, sebaiknya kamu tidak mengkonsumsinya. Jika memang kamu ingin mencobanya, sebaiknya kamu harus benar-benar memperhatikan siapa juru masaknya ya. 

Setelah kamu mengetahui 5 fakta ikan buntal beracun tersebut. Kamu tinggal menentukan pilihan untuk mengonsumsi ikan ini atau tidak ya. Tapi alangkah lebih baiknya kamu menjaganya ya, karena mencegah lebih baik daripada mengobati. Semoga bermanfaat!

Ikan Buntal Beracun? Berikut 5 Fakta Ikan Menggemaskan Ini!
Table of Contents
Sahputra
Hallo. Saya Sahputra, Saya seorang penulis dan juga seorang Digital Marketing.

Posting Komentar

Komentar teratas
Terbaru dulu
Silahkan tinggalkan komentar dibawah ini

Subscribe Youtube

Youtube Photo
IKANESIA ID
subscribers
videos