Search Suggest

Ini Dia Fakta Unik Lion Fish yang Hidup di Dalam Lautan

Fakta Unik Lion Fish - Lion fish atau lepu ayam adalah salah satu jenis ikan yang memiliki corak unik dan hidup di dalam lautan

Ini Dia Fakta Unik Lion Fish yang Hidup di Dalam Lautan

Fakta Unik Lion Fish - Lion fish atau lepu ayam adalah salah satu jenis ikan yang memiliki corak unik dan hidup di dalam lautan. Ikan ini memang memiliki corak warna loreng serta dilengkapi dengan sirip yang terlihat sangat “garang”. 

Maka tidak heran jika lepu ayam ini menjadi ikan hias dari laut terdalam yang paling diminati oleh kolektor. Perlu kamu ketahui, ikan ini bukan termasuk dalam kategori ikan agresif. Sekilas, ikan lepu ayam ini memiliki kemiripan dengan ikan batu.

Meskipun menarik, namun kamu harus waspada saat berusaha memegang sirip dari ikan lepu ayam. Pasalnya, sirip-siripnya mengandung racun yang berbahaya. Oleh karena itu, ketahui apa saja fakta menarik dari ikan lepu ayam sebelum menjadikannya sebagai koleksi dalam akuarium.

Daftar Fakta Menarik Tentang Lion Fish

Perlu kamu ketahui bahwa ada beberapa fakta menarik tentang ikan lepu ayam ini. Sebab, ikan ini sebetulnya bukan termasuk ikan hias. Pasalnya, ikan ini memiliki habitat di laut cukup dalam. 

Fakta Unik Lion Fish

Selain itu, ikan ini juga tidak terlalu agresif dan terlihat tenang di dalam kolam akuarium. Namun, ada beberapa fakta menarik yang harus kamu ketahui tentang ikan lepu ayam atau lion fish ini. Diantaranya adalah sebagai berikut :

  1. Memiliki Corak Warna yang Menarik

Fakta yang pertama, corak warna dari ikan lepu ayam ini memang sangat menarik. Ikan ini memiliki dasar warna orange yang dibalut dengan warna putih di beberapa sisinya. Ikan ini dapat memantulkan cahaya apabila terkena sorot lampu.

  1. Memiliki Sirip Beracun

Fakta yang kedua, sirip dari lion fish ini mengandung racun yang cukup berbahaya. Sirip beracun adalah salah satu bentuk pertahanan diri dari ikan lepu ayam. Apabila kamu tidak sengaja terkena racun dari lepu ayam, maka akan mengalami mual hingga kesulitan bernafas.

  1. Tidak Memiliki Pemangsa Alami

Fakta yang ketiga, lion fish ini tidak memiliki pemangsa alami. Pasalnya, ikan-ikan di perairan atlantik tidak mengetahui tentang ikan lepu ayam. Sehingga, ikan-ikan endemik dari perairan atlantik tidak memangsa ikan dengan corak warna orange putih tersebut.

  1. Hama Lautan

Fakta yang keempat, ikan ini sebetulnya adalah hama lautan. Sebab, ikan ini memakan semua jenis ikan yang berada di sekitarnya. Sehingga, hal tersebut tentu mengganggu ekosistem laut. Sehingga, ikan ini banyak ditangkap untuk dijual untuk dijadikan hiasan kolam atau dikonsumsi.

Menakar Kandungan Nutrisi dalam Lion Fish

Memang, ikan lepu ayam ini dapat kamu konsumsi. Hanya saja, kamu harus berhati-hati dalam mengolahnya. Pasalnya, ada 18 dorsal fin yang mengandung racun. Jadi, kamu harus paham betul bagaimana cara mengolah ikan lepu ayam agar dapat disajikan dengan benar dan sehat.

lionfish beracun

Lion fish ini ternyata mengandung banyak nutrisi yang baik untuk tubuh. Kandungan pertama yang ada pada ikan lepu ayam adalah omega-3. Kandungan omega-3 dalam ikan lepu ayam ini sangat tinggi.

Omega-3 ini dapat meningkatkan ketahanan tubuh dan juga meningkatkan kecerdasan otak. Sehingga, kamu disarankan untuk mengkonsumsi ikan ini setiap hari jika perlu. Selain omega-3, ikan lepu ayam juga tidak mengandung lemak jenuh.

Jadi, mengkonsumsi daging ikan lepu ayam sangat baik untuk tubuh manusia. Kamu dapat menyajikannya dengan cara dibumbui , digoreng, atau disajikan seperti sashimi atau makanan khas orang Jepang yang berupa daging lion fish mentah dicampur kecap asin.
Ini Dia Fakta Unik Lion Fish yang Hidup di Dalam Lautan
Table of Contents
ikanesia
Salam kenal semuanya. Saya adalah penulis utama sekaligus pemilik dari ikanesia.id

Posting Komentar

Komentar teratas
Terbaru dulu
Silahkan tinggalkan komentar dibawah ini

Subscribe Youtube

Youtube Photo
IKANESIA ID
subscribers
videos