Search Suggest

Ikan Air Tawar Paling Berbahaya, Bisa Berakibat Fatal Jika Diburu

Tidak semua ikan aman untuk dikonsumsi, seperti deretan ikan air tawar paling berbahaya berikut ini yang harus dihindari!

Ikan air tawar paling berbahaya

Ikan air tawar paling berbahaya dilarang untuk dikonsumsi karena bisa menyebabkan efek buruk bagi tubuh atau bahkan juga tidak boleh dipelihara karena sangat berbahaya. Lantas, apa saja yang termasuk ikan air tawar yang membahayakan untuk diburu? Berikut jawabannya!

Perbedaan antara Ikan Air Tawar dengan Ikan Air Laut

Meski sama-sama berasal dari habitat air, nyatanya ikan air tawar dengan ikan yang hidup di air laut memiliki ciri khas yang berbeda. Ikan air tawar biasa hidup di perairan atau sungai yang tenang. Jika ada arus, biasanya arusnya tergolong lambat. Ini membuat ikan air tawar memiliki duri yang kecil-kecil.

Sebaliknya, ikan air laut hidup di perairan yang memiliki gelombang atau arus yang deras. Oleh sebab itu, struktur duri-duri dalam ikan air laut lebih keras dan kuat ketimbang ikan yang berasal dari air tawar.

Dari segi rasa, banyak yang berpendapat jika ikan air laut memiliki cita rasa yang alami dan lebih gurih ketimbang ikan yang berasal dari air tawar. Soal gizi, hampir semua ikan memiliki gizi yang baik untuk tubuh manusia.

Namun, tidak semua jenis ikan layak untuk dikonsumsi karena berbahaya bagi kesehatan manusia, seperti beberapa jenis ikan air tawar. Lantas apa saja jenis ikan air tawar yang membahayakan bagi kesehatan manusia dan bahkan tidak boleh untuk ditangkap? Let’s scroll down untuk dapatkan jawabannya!

Jenis Ikan Air Tawar Paling Berbahaya

Perlu diketahui, tidak semua jenis ikan air tawar membahayakan dan tidak layak untuk dikonsumsi atau dijadikan sebagai ikan peliharaan. Supaya tidak salah pilih, ada beberapa jenis ikan air tawar paling berbahaya, berikut rangkumannya:

1. Ikan Piranha

Ikan Piranha

Ikan air tawar paling berbahaya pertama adalah ikan piranha. Jenis ikan satu ini sangat ganas. Ikan piranha berasal dari sungai di Amerika Selatan. Ikan piranha memiliki gigi yang tajam dan bisa melahap mangsanya dengan cepat. Biasanya jenis satwa yang jadi incaran ikan piranha antara lain siput, serangga, dan ikan lainnya.

2. Ikan Muskellunge

Ikan Muskellunge

Berikutnya adalah ikan muskellunge. Mungkin jenis ikan air tawar satu ini terdengar asing bagi sebagian orang. Muskellunge adalah jenis ikan air tawar yang masih termasuk bagian dari ikan Arapaima Gigas dan ikan Aligator.

Alasan kenapa muskellunge termasuk jenis ikan air tawar paling berbahaya karena ikan ini bagian dari jenis predator terbesar di sungai Amazon dan sungai lainnya di Amerika Utara.

3. Ikan Payara

Ikan Payara

Termasuk jenis ikan predator dan memiliki bentuk yang menakutkan, tidak heran jika ikan payara juga termasuk dalam kategori ikan air tawar yang membahayakan. Karena memiliki gigi yang tajam, ikan payara juga memiliki sebutan lain yaitu ikan vampir.

4. Ikan Macan

Ikan Macan

Jenis ikan tawar satu ini juga termasuk bagian dari predator yang sangat ganas dan berukuran besar mencapai 90 cm. Ikan Macan memiliki ciri-ciri antara lain gigi yang berjejer rapi dan sangat tajam. Oleh karena itu, ikan macan juga termasuk ikan air tawar paling berbahaya.

Nah, itulah jenis-jenis ikan air tawar yang membahayakan karena bisa mencelakakan. Namun, tidak semua jenis ikan air tawar berbahaya. Ada beberapa jenis ikan air tawar yang bisa ditangkap dan dikonsumsi karena mengandung protein yang baik untuk kesehatan.

Demikianlah informasi seputar ikan air tawar yang membahayakan dan jarang diketahui. Semoga seluruh informasi di artikel ini menambah pengetahuan dan menjawab pertanyaan yang belum terpecahkan, ya!

Ikan Air Tawar Paling Berbahaya, Bisa Berakibat Fatal Jika Diburu
Table of Contents
Sahputra
Hallo. Saya Sahputra, Saya seorang penulis dan juga seorang Digital Marketing.

Posting Komentar

Komentar teratas
Terbaru dulu
Silahkan tinggalkan komentar dibawah ini

Subscribe Youtube

Youtube Photo
IKANESIA ID
subscribers
videos