Search Suggest

Ikan Channa Gachua : Habitat, Makanannya dan Harganya

Di negara luar, ikan channa gachua juga dikenal dengan sebutan lainnya, yaitu Frog Snakehead, Dwarf Snakehead, Brown Snakehead.

Ikan Channa Gachua

Ikan Channa Gachua atau biasa kita kenal dengan Ikan Bogo merupakan salah satu jenis ikan air tawar yang termasuk ke dalam anggota kerabat dari ikan gabus (Channidae).

Di negara luar, ikan channa gachua juga dikenal dengan sebutan lainnya, yaitu Frog Snakehead, Dwarf Snakehead, Brown Snakehead.

Kalau di daerah kita, ikan ini memiliki sebutan yang unik seperti Ikan Kotes (Jawa), Ikan Bogo (Sunda), Ikan Bocek (Sumatera), Hingga Ikan Haruan (Kalimantan).

Ciri-Ciri Ikan Gachua

Walaupun ikan ini terkenal dengan postur tubuhnya yang kecil, akan tetapi ikan gachua tetap memiliki ciri-ciri khas yang wajib kalian ketahui.

Ikan gachua sendiri merupakan salah satu ikan yang memiliki  panjang hingga dengan kisaran 20 cm atau 7,9 in. Bentuk tubuh ikan gachua silindris di bagian depan dan memipih tegak di bagian belakang.

Selain itu, kepala ikan gachua agak gepeng mendatar, agak cembung atau miring rata ke depan. Jika dilihat dari segi tinggi tubuhnya, ikan gachua sebanding 5,5 sampai 6,5 kalinya dengan panjang tubuh standar (tanpa ekor).

jari-jari/duri lunak pada punggung (sirip dorsal) pada ikan gachua berjumlah 21-24. Sedangkan pada sirip dada (pectoral) berjumlah 13-16 dan sirip perut (ventral) berjumlah 6.

Tak hanya itu, gurat sisi (linea lateralis) berjumlah 13 - 16 dan yang membelok ke bawah di bagian belakang sisik yaitu no 11-13. Sedangkan  3-3 1/2 deret sisik di antara gurat sisi dengan pangkal sirip dan 7 deret sisik antara pangkal sirip ventral dengan gurat sisi. 

Karakteristik Lingkungan Air Channa Gachua

Channa Gachua bisa mentolerir tingkat pH 3,10 hingga pH 9,6. Tapi jika kalian memelihara di tempat aquarium, usahakan pH-nya berkisar 6-7. Sedangkan untuk suhunya, ikan channa gachua mampu hidup di suhu tinggi 36,5 derajat celcius hingga suhu rendah 13 derajat celcius . 

Warna Ikan Channa Gachua

Untuk warnanya, ikan channa gachua memiliki warna kecoklatan dan sisi atasnya berwarna lebih gelap sehingga sehingga membuat warna ikan lebih alami. Terdapat juga sederet coretan miring yang kabur di bagian tubuh ikan.

Ketika masih mudah, ikan gachua terdapat bintik-bintik hitam yang tersebar di seluruh badannya. Di bagian sirip pektoral juga terdapat pola-pola lingkaran hitam di pangkal sedangkan di bagian luarnya berwarna putih atau kuning.

Habitat Ikan Channa Gachua

Ikan channa gachua sangat suka menyukai tempat di rawa-rawa, aliran air dangkal, sungai di hutan, hingga kolam bening. Selain itu, ikan channa gachua disebut-sebut mampu bertahan hidup di kolam stagnan yang beracun bagi sebagian besar ikan. 

Perlu kalian ketahui juga, ikan channa gachua merupakan ikan yang aktif di malam hari atau biasa kita sebut dengan ikan nokturnal.

Makanan Ikan Channa Gachua

Ikan gabus gachua sangat menyukai makanan seperti mencit, tikus, kata, berudu, ikan, Ephemeroptera (lalat capung), larva nyamuk, udang/prawn (Macrobrachium sp), kepiting, kutu air, serangga tertentu, hingga krustasea lainnya. 

Bagi kalian ingin memelihara ikan channa gachua, kalian wajib memberikan makan dengan teratur. Biasanya ikan channa gachua yang dipelihara di akuarium diberi makan udang segar, udang besar, bahkan pelet. Akan tetapi, kalian juga tidak boleh memberikan makan ikan channa gachua secara berlebihan. Sebab, hal tersebut membuat ikan kelebihan berat badan. Normalnya, ikan ini diberi makan sebanyak 2 sampai 3 hari sekali.

Harga Ikan Channa Gachua

Harga Channa Gachua Limbatan Menurut berbagai sumber di berbagai marketplace di Indonesia dan situs tertentu, harga ikan channa gachua berada di kisaran harga Rp 10.000 sampai 50.000. Harga tersebut tergantung dari ukuran tubuh dari ikan channa gachua sendiri.

Ikan Channa Gachua : Habitat, Makanannya dan Harganya
Table of Contents
ikanesia
Salam kenal semuanya. Saya adalah penulis utama sekaligus pemilik dari ikanesia.id

Posting Komentar

Komentar teratas
Terbaru dulu
Silahkan tinggalkan komentar dibawah ini

Subscribe Youtube

Youtube Photo
IKANESIA ID
subscribers
videos